Laporan Pertanggungjawaban BEM REMA UMB Periode 2010-2011

Pengurus BEM REMA UMB 2010-2011


PANDANGAN UMUM

PRESIDEN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
REPUBLIK MAHASISWA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
PERIODE 2010-2011

I. PENDAHULUAN

Yang terhormat, Majlis Tetap Sidang Paripurna Republik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Yang terhormat, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu beserta anggotanya…
Yang Terhormat Perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa Republik MahasiswaUniversitas Muhammadiyah Bengkulu…
Yang Saya cintai jajaran Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu...
Izinkanlah saya menyampaikan salam keselamatan dari penguasa alam semesta, yang menggenggam setiap jiwa dan tak satupun yang luput dari pengawasan-Nya :

Assalamu’alaikum Wr. Wb….!!!
Ungkapan rasa syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Dzat yang kasih-Nya ibarat samudera tak bertepi dan cinta-Nya ibarat sungai tak berujung. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan pada sang pemimpin legendaris dunia Nabi Muhammad SAW, pengukir peradaban terbaik sepanjang sejarah hidup manusia.



Di bawah genggam kuasa-Nya dan limpahan nikmat-Nya yang tak terhingga, mari kita panjatkan puji dan syukur dari lubuk jiwa ke hadirat Allah SWT yang telah memberi anugerah terindah kepada kita semua yang tak terhingga. Shalawat dan salam senantias dicurahkan kepada Panglima Keadilan, Pemimpin Revolusi Peradaban Keagungan, Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarganya (ahlul bait), para sahabatnya dan orang-orang yang menapaktilasi langkah-langkah perjuangannya sampai akhir zaman.

Perjalanan Sang waktu menyadarkan semua insan bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini akan berakhir. Maka terbentuklah kenangan yang memenuhi ruang memori kita, tentang apa yang sudah kita pikirkan, katakan, dan kerjakan dalam mengisi sang waktu. Tentu saja dengan segala nilai, makna dan penghayatan yang menyertai semua itu. Namun, tidak hanya kenangan, di sana ada suatu masa ketika kita harus mempertanggungjawabkan seluruh pilihan hidup atas anugerah waktu tersebut.

Sang waktu mengabarkan bahwa kepengurusan BEM REMA UMB periode 2010-2011 telah berakhir. Kini, izinkanlah kami menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu periode 2010-2011. Hal ini merupakan keniscayaan bagi kami untuk mempertanggungjawabkan semua yang kami lakukan di BEM REMA UMB kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan kepada Sang Pencipta di akhirat kelak.

Semoga Laporan Pertanggungjawaban ini memberikan gambaran tentang seluruh dinamika yang terjadi di BEM REMA UMB selama periode 2010-2011.

II. GAMBARAN UMUM BEM UMB 2010-2011, POTRET UMB dan BANGSA KONTEMPORER

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah lembaga organisasi kemahasiswaan intra kampus yang berdiri dalam kesatuan organisasi pemerintahan mahasiswa. Sebagai ORMAWA maka BEM UMB adalah lembaga eksekutif tertinggi di UMB.

Sebagai lembaga eksekutif tertinggi di UMB, maka sudah selayaknya lembaga yang dipimpin oleh seorang Presiden Mahasiswa yang dipilih oleh mahasiswa menjalankan fungsinya dalam melayani, memfasilitasi serta menjadi wadah aspirasi mahasiswa. Sesunguhnya hal ini akan dapat meningkatkan eksistensi dan peran strategis BEM UMB. Disamping itu peningkatan hubungan kekeluargaan diantara elemen mahasiswa pun harus dibangun melalui komunikasi yang baik kepada pihak birokrasi yang nantinya akan menjadi mitra dalam bekerja.

Dalam perjalanannya, kita pahami bahwa BEM UMB tidak hanya bergerak dalam tataran kampus saja, akan tetapi juga bergerak dalam bentuk kepedulian dan kepekaan sosial politik, dan kemasyarakatan. Maka peran pengawasan kebijakan pemerintah yang mempunyai akses langsung kepada rakyat Indonesia adalah menjadi tanggung jawabnya juga.

Pengawasan kebijakan pemerintah serta pembelaan terhadap masyarakat kiranya dapat menjadi salah satu indikator bentuk sinergisitas mahasiswa dan rakyat. Disamping itu, pendidikan, pembinaan, dan perhatian yang diberikan mahasiswa pun harus dilakukan sebagai aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini menjadi cukup penting. Secara tidak langsung BEM UMB dapat menjadi pelopor atau leading opinion terhadap aplikasi dari gerakan-gerakan pembelaan terhadap masyarakat.
Pembukaan jaringan baru dan pembinaan hubungan baik terhadap jaringan yang sudah ada haruslah intens dilakukan sehingga hal ini dapat menjadi modal bagi BEM UMB untuk bergerak.

Kedua hal di atas sekiranya dapat menggambarkan arah gerak BEM UMB ke depan, di satu sisi akan meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa UMB dan disatu sisi lainnya akan mencoba berpartisipasi dalam pembelaan terhadap masyarakat serta BEM UMB mampu menjadi sentral gerakan mahasiswa di Bengkulu.

Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Bengkulu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Posisi, peran dan kontribusinya sudah diakui berbagai pihak dalam skala lokal Bengkulu, Sumatera maupun dalam tataran nasional. Bahkan kini Universitas Muhammadiyah Bengkulu melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi internasional. Hal ini menunjukkan Universitas Muhammadiyah Bengkulu diakui kredibilitasnya di tingkat Nasional dan InsyaAllah hingga Internasional.

Sebagai sebuah kampus Swasta ternama, Universitas Muhammadiyah Bengkulu menjadi tempat menimba ilmu puluhan ribu mahasiswa tiap tahunnya yang tersebar di berbagai fakultas dan jurusan yang mengajarkan berbagai disiplin ilmu. Lokasi belajar pun tersebar di jalan Bali Kampus 1 dan Lingkar Timur Kampus 2 di Kota Bengkulu.

Jumlah mahasiswa yang mencapai angka 11.000 menjadikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Indonesia. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu terdiri dari berbagai latar belakang, sikap, karakter, kepentingan, keyakinan dan lain sebagainya.

Dalam tataran nasional, permasalahan yang menuntut penyikapan dari mahasiswa pun beraneka ragam dan kompleks. Terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat, kasus korupsi yang belum tuntas, masalah pendidikan, masalah masyarakat sekitar Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan lain sebagainya.

Hampir sewindu gerakan reformasi ternyata Indonesia tidak berubah ke arah yang lebih baik. Reformasi mati suri: KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) merajalela, penindasan dan kesewenang-wenangan terhadap rakyat masih terjadi di mana-mana. Teramat banyak masalah kebangsaan yang membutuhkan partisipasi dan kontribusi mahasiswa untuk menyelamatkan bangsa ini untuk segera keluar dari masa transisi demokrasi.

Dalam konteks itulah Badan Eksekutif Mahasiswa dituntut memainkan peran dan fungsinya secara optimal untuk memberikan kontribusi kepada mahasiswa dan bangsa Indonesia dengan cara-cara yang PROGRESIF (Profesional, elegan, Responsif dan Inklusif).




III. KONDISI OBJEKTIF ORGANISASI
Kepengurusan BEM REMA UMB Secara Yuridis telah sah terhitung tanggal 25 Januari 2010 Pada saat itu alhamdulillah telah terbentuk struktur Kepengurusan sebagai berikut

maaf tidak bisa ditampilkan di sini....


Adapun susunan Pengurus BEM REMA UMB 2010-2011 Pasca terjadinya 2 tahapan Reshuffle Kabinet pada pertengahan kepengurusan adalah sebagai berikut :



KABINET PERLAWANAN

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
PERIODE 2010-2011

Presiden : Organdi (FISIP/2006)
Wakil Presiden : Eka Sahputra (TI/2006)
Sekretaris Kabinet : Rio Saputra (Pend. BSI/2007)
Bendahara : Yesi Pergianti (FAI/2007)

Departemen Advokasi dan Kebijakan Publik
Menteri : Sony Taurus (SI/ 2006)
Staf :
Afrianto (Pend. BSI/2008)
Dadangsah (KPI/ 2008)
Febi Saputra (PKN/ 2007)
Hengky (PKN/2009)
Labaikkallah (FISIP/2008)
Efri Yulizar (Pend.Bahasa Inggris/2006)
Supriyadi
M. Yani (Pend.Matematika/2008)
Bensa

Departemen Penalaran dan Keilmuan
Menteri : Herizal (Pend. Biologi/2007)
Staf :
Asep Suryadi (TI/2006)
Imam Suhodo (Pend. BSI/ 2008)
Herawati Z (Pend.Biologi/2009)
Damayanti (Pend. Biologi/2009)
Yogi Pranata (Pend. Biologi/ 2008)
Syahlan Adenaitone (Pend. BSI/ 2007)

Departemen Kerohanian dan kemuhammadiyaan
Menteri : Ronny Dewanyara Putra (Keperawatan/2007)
Staf :
Harun Jaya (Tarbiyah/2009)
Meki Nodela Sari (Pend.Biologi/2009)
Selvi Fevry Andriana (Tarbiyah/2007)
Weni Yuliandari (Tarbiyah/2007)
Chicha Kuswoyo (Pend.Biologi/2009)
Yosi (Tarbiyah/2007)

Departemen Minat dan bakat
Menteri : Reko Hariyanto (Pend.Biologi/2009)
Staf :
Alpin Irawan (Pend.BSI/2008)
Wawan
Nurusan Ali (PKN/2008)
Deki Irawan (Pend.BSI/2009)
Novran
Oktari Sonata (Pend.Biologi/2009)
Winda Yanti
Siska Handayani
Yorike Rosma Prastika


Departeman Informasi dan Komunikasi
Menteri : Gusman Fahrizal (SISTEM INFORMASI/ 2009)
Staf :
Alfen Susanto (MIPA/2006)
Alpian (Pend.BSI/2008)
Destri Wulandari (Pend. Biologi/ 2009)
Pischa Suci Ramandha (Pend. Biologi/ 2009)
Melda Tika (Pend. Biologi/ 2009)
Elfida Rahma Yuni (Pend. BSI/2009)

Biro Kesekretariatan
Kepala Biro : Sutemi Surlitah (Kesmas/2007)
Staf :
Iis Agustina (Keperawatan/2008)
Reka Susanti (Pend. Biologi/2009)

Pembentukan struktur di atas didasarkan pada prinsip perampingan struktur namun kaya fungsi yang diharapkan dapat mengoptimalkan laju koordinasi dan pembentukan iklim organisasi yang well-informed.; praktis, hanya ada lima departemen dan satu biro yang diharapkan mampu mengakomodir pemenuhan visi dan misi BEM REMA UMB 2010-2011 serta manajemen operasional internal dan eksternal organisasi yang dibutuhkan. Total Pengurus BEM REMA UMB 2010-2011 di awal Kepengurusan berjumlah 72 orang.

Cita-cita perubahan bangsa ini jelaslah merupakan tugas besar yang hanya mampu diusung oleh orang-orang besar, besar jumlahnya, besar kompetensinya, besar pula komitmennya. Itulah yang mendasari pentingnya penguatan tim kepengurusan ini sebelum atau bahkan pada saat menjalani hari-hari penuh karya, terutama penguatan loyalitas, rasa kepemilikan, dan soliditas tim. Prinsip organisasi untuk selalu menjunjung tinggi terbentuknya iklim organiasis yang berbasis persaudaraan dan kekeluargaan terasa begitu berat diterapkan.

Dalam perjalanannya, terjadi dinamika dalam kepengurusan. Beberapa orang pengurus menyelesaikan kuliahnya sehingga otomatis tidak menjadi pengurus BEM REMA UMB hingga akhir kepengurusan. Selain itu ada yang mengundurkan diri karena karena ingin fokus di studi dan ada juga yang dianggap mengundurkan diri dikarenakan organizational commitment yang kurang terhadap BEM REMA UMB. Setelah melakukan kajian dan pendalaman, Departemen Penalaran dan Keilmuan dan DKKM mengajukan rasionalisasi pengurus. BEM REMA UMB pun melakukan restrukturisasi dengan melakukan rasionalisasi, penambahan, serta perpindahan pengurus.

Setidaknya ada beberapa catatan dinamika internal kepengurusan BEM REMA UMB 2010-2011 yang akan dicatat dalam tinta emas sejarah peradaban di UMB :

1.Cakupan BEM REMA UMB yang meliputi 2 kampus yang berbeda lokasi dan jarak tempuh menjadi tantangan geografis tersendiri begi beberapa staf terutama dalam hal pengoptimalan fungsi sekretariat sebagai alat pemersatu pengurus.

2.Beberapa staf (Termasuk Sekretaris Kabinet, Menteri DPK, dan DKM) di tengah kepengurusan belum berjalan optimal. Hal ini menyebabkan adanya reshuffle personel dan rekomposisi tim untuk menjaga stabilitas organisasi. Sementara unit-unit dalam struktur tidak banyak mengalami perubahan kecuali kepala Biro Kesekretariatan Saudara Nelly Kurniasari yang harus digantikan karena telah menamatkan pendidikannya.

3.Adanya keberagaman tingkat komitmen dan kompetensi pengurus juga mempengaruhi laju BEM REMA UMB sebagai Lembaga Eksekutif Tertinggi di UMB.

Adapun Hubungan Eksternal BEM REMA UMB dengan stakeholder yang ada sebagai berikut :
1.Mahasiswa UMB
BEM REMA UMB 2010-2011 senantiasa berupaya agar keberadaannya selalu dapat dirasakan oleh mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan optimalisasi fungsi pelayanan mahasiswa, serta optimalisasi kegiatan kemahasiswaan baik secara internal maupun eksternal, bidang akademik maupun non akademik. Poin bidang akademik sangat disadari belum mampu dilaksanakan dengan baik dan intensif karena keterbatasan SDM yang ada.

2.Birokrat Kampus
BEM REMA UMB 2010-2011 telah memposisikan diri sebagai MITRA bagi Birokrat Kampus dalam membangun kampus ini. Di sinilah tampak intensitas hubungan baik dan kerjasama dalam banyak program tapi juga tampak peran oposisi dan check and balances dalam bentuk membangun mahasiswa yang kritis, peduli, dan menjaga sosial control pada saat kami melihat penyimpangan kinerja dan kebijakan Universitas.

3.BEM-Se-Indonesia
Gerakan mahasiswa harus mampu menemukan musuh utamanya untuk menyatukan seluruh elemen mahasiswa yang ada. BEM REMA UMB senantiasa aktif dan turut berusaha menciptakan kesatuan gerakan ini. Hal ini terbukti, BEM REMA UMB yang masuk di dalam BEM Seluruh Indonesia atau yang sering disebut dengan (BEM SI). Dalam forum ataupun kegiatan yang diadakan oleh BEM SI, BEM REMA UMB selalu aktif dalam menyampaikan ide dan solusi atas permasalahan bangsa ini, tidak hanya itu tetapi, BEM UMB juga menjalin kerjasama dengan Beberapa Universitas seperti UNAN Padang dalam kegiatan Training Qur’an di Kampus 2 UMB.

4.Ormas/OKP/LSM/Instansi Lainnya :
Dalam rangka mengupayakan penetrasi gerakan mahasiswa dengan gerakan masyarakat. BEM REMA UMB cukup Masif membangun hubungan dengan Ormas/OKP dan LSM yang ada di Bengkulu.

5.Media :
Hubungan baik dengan media intens dilakukan baik media cetak maupun elektronik. Di awal Kepengurusan BEM REMA UMB commit untuk menjadi corong pergerakan di Provinsi Bengkulu. Inilah yang memudahkan publisitas gerakan kami sehingga bisa dibaca/ disaksikan di seantero negeri ini. Disamping itu, BEM REMA UMB 2010 juga beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya langsung lewat media, diantaranya :, RBTV, TVRI Bengkulu sebagai media Lokal, dan RRI.

6.Pemerintah :
Sebagai gerakan perbaikan Bangsa, BEM REMA UMB 2010 juga membangun hubungan baik dengan beberapa instansi pemerintah, diantaranya : Komisi Pemilihan Umum Daerah Bengkulu, Kepolisian Daerah (Polda) dan Polres Bengkulu
Itulah struktur terakhir yang terus bertahan hingga kini mengarungi suka duka di kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu periode 2010-2011.



IV. PENCAPAIAN VISI DAN MISI
4.1 Visi dan Misi BEM REMA UMB 2010-2011
Adapun Visi dan Misi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu periode 2010-2011 yang ditawarkan kepada mahasiswa dalam PEMIRA UMB (Pemilihan Raya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu), yakni:



Visi

Mewujudkan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang peduli, kreatif dan Profesional



Misi

1.Bersikap proforsional dalam mengelola organisasi di berbagai aspek.
2.Mengupayakan harmonisasi dan sinergitas kemahasiswaan
3.Meningkatkan kultur dan tradisi diskusi dalam aktifitas kemahasiswaan
4.Menyalurkan, membina dan mengembangkan potensi mahasiswa UMB
5.Melakukan advokasi terhadap permasalahan-permasalahan kemahasiswaan secara proaktif
6.Mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai “Agent of Change, Social Control dan Iron of Stock”.

Langkah-Langkah Awal
Ada waktu sengang yang cukup panjang setelah pemilahan Raya bulan Januari, sekitar satu bulan. Sehingga Pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa UMB baru dapat dilakukan tanggal 8 Maret 2010. Permasalahan kasus Korupsi di provinsi bengkulu merupakan permasalahan yang krusial, maka sembari melakukan penyusunan kabinet BEM REMA UMB, Saya juga terlibat aktif bersama-sama elemen BEM Se Bengkulu melakukan aksi-aksi terkait kasus Korupsi Dispendagate awal Februari 2010. Tidak hanya aksi jalanan, tetapi jalur intelektualpun kami tempuh dengan BEM dan OKP Se Bengkulu melakukan aksi delegasi ke DPRD Provinsi bertemu Wakil Ketua DPR, komisi VII dan Komisi XI dalam rangka menekan mereka supaya melakukan semua langkah yang mungkin dilakukan untuk menuntaskan kasus korupsi di bengkulu. Surat Audensi dengan kejaksaan TInggi Pun sering dilayangkan dalam rangka mencari titik terang mengenai kasus yang belum tuntas.

Muker Kabinet dan Launching BEM REMA UMB 2010-2011
Musyawarah Kerja dilaksanakan awal 25 Maret 2010 di Auditorium Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Di sana disusun program kerja selama setahun berdasarkan Visi dan Misi Presiden BEM ketika kampanye. Selain Musyawarah Kerja, kami pun menggelar Stadium General sebagai langkah awal menjalin kerjasama dengan beberapa Media Di Provinsi Bengkulu, seperti RBTV dan RB. Dengan Dirumuskannya Program kerja selama satu tahun, diharapkan Fokus Kerja semakin Terarah dan Roda Organisasi dapat berjalan seoptimal mungkin.

Hari-Hari Penuh Karya
Setelah itu, Perjalanan waktu mengisahkan kabar tentang pengurus BEM UMB yang berjibaku untuk melaksanakan berbagai program yang telah dirancang. Hampir tiap pekan ada kegiatan. Mereka mengorbankan waktu-waktu istirahatnya, tenaga dan finansial untuk kegiatan BEM REMA UMB. Saya yakin tidaklah mereka semua melakukan itu, kecuali karena rasa cinta yang mengharu biru terhadap mahasiswa UMB dan bangsa Indonesia ini. Namun, Sang waktu pun menceritakan tentang pengurus BEM yang memiliki commitment organizational yang berbeda-beda sehingga sampai suatu masa diambil keputusan untuk rasionalisasi pengurus BEM REMA UMB.

Hari demi hari pun menjadi saksi aktifitas. Di awal pelantikan BEM UMB langsung mendapat tawaran kerja sama dengan Bengkulu Indosinergi dalam menyelenggarakan Seminar Dahsyat ”Mengoptimlkan Potensi yang terpendam”. Seteleh itu, BEM UMB juga menjalin kerja sama dengan HIMPERAF (Himpunan Mahasiswa Raflesia) UNAND Padang, dengan mendatangkan Pemateri dari 3 Kota Besar di Indonesia, Padang, Yogjakarta, dan Surabaya.

Departemen Penalaran dan Keilmuan yang menjalin kerjasama dengan Bank Inondeisa dan Bank Syariah dalam menyelenggarakan Talk Show dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa dan dosen UMB mengenai ”Prospek Perbankan Syariah dalam mendunkung perekonomian Daerah”

Departemen Advokasi dan Kebijakan Publik juga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mendatangkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Jakarta dalam rangka menyoroti kasus-kasus Korupsi di Bengkulu yang di nilai lamban proses hukumnya.

Departemen Kerohanian dan Kemuhammadiyaan tidak pernah lelah dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan ”Ujian Datang, Stress Menghilang” Bekerjasama dengan salah satu lembaga Training di Bengkulu yaitu Trustco.

Departemen Informasi dan Komunikasi bersama timnya telah sukses dalam menggelar Training Jurnalistik menjalin Kerjasama dengan Harian Rakyat Bengkulu (RB), Radar, dan Radio Republik Indonesia (RRI). Dan Alhamdulillah berjalan dengan sukses dan diminati oleh ratusan Peserta.

Departemen Minat dan Bakat dalam mengelola minat mahasiswa dalam dunia musik dengan menggelar Festival Band Religi di Kampus 2 dalam rangka mensolidkan dan meningkatkan Kreativitas mahasiswa di bidang seni Musik.

Sekretaris Kabinet BEM mengelola masalah-masalah administratif, menyelenggarakan Raker, REAT (Rapat Evaluasi Akhir Tahun), Pembenahan Kesekretariatan, menyambut kunjungan lembaga lain, dan sebagainya. Tidak lupa pula Bendahara Umum mengelola masalah-masalah terkait finansial di BEM UMB.

Itulah di antara program-program yang dilaksanakan di kepengurusan BEM REMA UMB 2010-2011. (Rincian program kerja tercantum dalam Realisasi Program Kerja)

Visi BEM REMA UMB2010-2011 adalah ”Mewujudkan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang Peduli, Kreatif dan Profesional”. Visi ini diusahakan dicapai dengan melaksanakan misi berikut ini:

o Bersikap Profesional dalam Mengelola Organisasi di Berbagai Aspek.
Misi ini diusahakan dicapai dengan:
 Stadium General dan Musyawarah Kerja BEM
 Mengoptimalkan Rapat sebagai Fungsi Controling Organisasi (Muker Awal, Rapim,Rakor Departemen, Rapat Departemen, Rapat Biro, Rapat evaluasi tengah tahun, Rapat Evaluasi akhir tahun)
 Mempertegas konsepsi REMA dalam berbagai kegiatan yang diadakan DPM dan dalam pertemuan-pertemuan dengan badan kelengkapan REMA UMB sehingga terciptalah ADART REPUBLIK MAHASISWA bulan Oktober
 Pembuatan Tata Tertib BEM (Standar Baku Piket, Administrasi, dll)
Dibuatnya Tatip BEM diharpkan data-data setiap kegiatan dapat di arsipkan. Karena Kepengurusan BEM Tahun kemarin belum sempat mengarsipkan arsip-arsip penting selama kepengurusan. Di kepengurusan BEM Tahun ini, kami mengoptimalkan Administrasi dalam rangka bersikap seprofesional mungkin dalam mengelola organisasi.


o Mengupayakan harmonisasi dan sinergitas kemahasiswaan
Misi ini diusahakan dicapai dengan:

 Road to Faculty
Mensinergiskan gerakan adalah sebuah keniscayaan, BEM REMA UMB senantiasa aktif dalam menjadi inisiator untuk menggerakkan fakultas maupun menghadiri undangan dan siap mengupgrading BEM fakultas yang terbentuk. Walaupun di lapangan ternyata ditemukan ada beberpa fakultas yang masih fakum. Hanya BEM Fakultas Teknik yang Intens dalam membangun hubungan dengan BEM REMA UMB.

 Road to BEM kampus lain
BEM REMA UMB telah menjalin hubungan baik dengan beberapa BEM di Kampus Lain, seperti BEM KBM UNIB, BEM UNIHAZ, BEM STAIN BENGKULU, BEM STAIN CURUP, BEM UNRAS, BEM STIKES TMS, POLTEKES, POLITEKNIK.

 Road to Media
Dalam rangka mengawal kebijakan pemerintah, menjalin hubungan dengan media adalah sesuatu hal yang Sang Penting agar isu yang disampaikan dapat di dengar, dilihat, dan Di baca sehingga timbullah kesadaran masyarakat untuk melakukan perbaikan sesuai dengan kedudukannya masin-masing. Ada bebrapa Media yang pernah dikunjungi yaitu Rakyat Bengkulu, TVRI, Radar Bengkulu, RRI, Dll)

 Pengiriman delegasi kegiatan kampus lain
Beberapa Universitas yang pernah kami kunjungi dalam rangka Pengiriman Delegasi yaitu Intstitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bengkulu, UNIHAZ, STIKES TMS,

Ikut dalam Tournament Footsal
Sebagai Gerakan Mahasiswa yang inklusif senantiasa berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus.

 Mentoring politik dengan alumni

Sinergitas Penyikapan Isu
Sebagai Lokomotif Gerakan di REMA UMB, BEM UMB sudah seharusnya membentuk sinergitas kemahasiswaan baik dalam tataran internal maupun eksternal Kampus, ada beberapa catatan yang pernah dilakukan oleh BEM REMA UMB 2010, yaitu Terkait dengan Aksi Korupsi yang belum tuntas di Provinsi Bengkulu, AKsi Koin Ke Kejati (28 April 2010), Aksi KKN (Kuliah Kerja Nyata) (17 Mei 2010), Aksi Reformasi (21 Mei 2010), Aksi Pungutan Liar di Fakultas Teknik, Aksi Pelantikan Gubernur Bengkulu periode 2010-2014, dan beberapa AKsi lainnya hingga akhir kepengurusan.

 Menjalin hubungan yang baik dengan pers dan media elektronik
o Sering dimuat press release BEM REMA UMB di berbgai media cetak seperti contoh menyangkut masaklah Jalan, Mental Korupsi, Pasar, Sampah, dll

 Dan lain-lain




o Meningkatkan Kultur dan tradisi diskusi dalam aktifitas kemahasiswaan
Misi ini diusahakan dicapai dengan:
 Kajian-kajian
Kajian-Kajian terkait Pendidkan mengenai Home Schooling, Pendidikan karakter, Isu Pemerataan pendidkan, Bengkulu Kota Pelajar : Konsep dan realisasi, Kebijakan Kampus dan kebijakan Pemerintah Daerah.
 Diskusi terbuka
Dalam pelaksanaannya baru sempat dilakukan 5 kali karena belum ada tempat yang cukup representatif untuk dijadikan tempat diskusi selain Masjid, Sekretariat BEM, dan ruangan Belajar.
 Seminar
 Mengadakan ta’lim pengurus
 Tilawah sebelum rapat
 Dan lain-lain.
o Menyalurkan, membina, dan mengembangkan potensi mahasiswa UMB
Pada dasarnya semua kegiatan merupakan sarana eksplorasi dan aktualisasi diri mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Termasuk di dalamnya adalah mahasiswa yang menjadi pengurus BEM REMA UMB.
 Seminar
 Kuliah Kader Bangsa
Fenomena saat ini menunjukkan bahwa, minat mahasiswa untuk berorganisasi makin lama makin menurun. Kalupun ada, sebagian besar hanya melihat organisasi dari segi enak ga enaknya saja. Memilih organisasi sebagai hiburan bukan sebagai alat perjuangan. Disinyalir ada beberapa faktor yang menjadi penyebab. Antara lain, tuntutan biaya kuliah yang semakin mahal, sehingga mahasiswa ingin cepat tamat. Ternyata fakta di lapangan membuktikan, bahwa contoh: mahasiswa FKIP yang berorganisasi ternyata lebih mudah dalam bersosialisasi dan mengimplementasikan ilmu pedagogiknya di kelas. Hal ini berarti Organisasi penting untuk dijadikan sebagai kegiatan pengembangan diri.
Untuk menumbuhkan minat berorganisasi dari mahasiswa baru, maka kita dari BEM UMB menyelengarakan sebuah program Kuliah Kader Bangsa yang bertujuan untuk mencetak para organisatoris dan pemimpin masa depan yang handal di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Alhamdulillah program ini mendapatkan respon yang baik oleh mahasiswa baru. Sekitar 200 orang bergabung dan siap untuk menjadi pemimpin masa depan. Kuliah diselenggarakan dalam waktu 3 bulan. Bentuk kegiatannya berupa kuliah Umum, Focus Group Discusion (FGD), Praktek, Kuliah Lapangan (praktek), dan Evaluasinya.

 Festival Band Religi

o Melakukan Advokasi terhadap permasalahan-permasalahan kemahasiswaan secara proaktif.
Misi diusahakan dicapai dengan:
• Kajian-kajian
 Diskusi terbuka
Setiap Permasalahan yang terjadi di Kampus, Departemen Advokasi dan Kebijakan Publik atau BEM REMA UMB senantiasa Membuka pintu untuk menampung aspirasi mahasiswa. Bukan hanya itu saja, Advokasi juga Tidak jarang terjun langsung untuk memantau kegiatan mahasiswa secara langsung.
 Pelayanan kampus

 Membuka Call Center sebagai wadah penampung aspirasi mahasiswa
Dalam perjalanannya Aspirasi yang banyak masuk pada awalnya mengenai anggaran KKN (Kuliah Kerja Nyata yang dirasa memberatkan dan Alhamdulllah Berkat Rahmat Allah dan sinergitas Ormawa UMB berhasil menurunkan anggaran dari 800 Ribu menjadi 400 Ribu.
 Melakukan Pendampingan terhadap mahasiswa yang terkena insiden

o Mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai “Agent of change, social control, dan iron of stock”

Berbagai kegiatan senantiasa digelar sebagai pelaksanaan program kerja yang telah disusun dalam rapat kerja kabinet BEM REMA UMB. Alhamdulillah, berkat rahmat-Nya, kerja keras pengurus dan dukungan semua pihak, akhirnya sebagian besar program bisa terlaksana. Ada yang digabung, ada yang dimodifikasi, dan ada juga yang dengan sangat berat hari kami batalkan setelah kami berusaha melaksanakannya.

Advokasi : Ruh Aktifitas BEM REMA UMB 2010-2011
Ruh dari kegiatan-kegiatan di BEM REMA UMB 2010-2011 adalah advokasi. Pergerakan mahasiswa yang dibangun pun dengan ruh advokasi, maka setahun kepengurusan BEM REMA UMB dipenuhi dengan aura perjuangan untuk perbaikan di dalam kampus maupun di negeri ini.

Memang, fakta berbicara bahwa apa yang terjadi di BEM REMA UMB selama satu tahun tidak semuanya sesuai ekspektasi. Keinginan dan harapan kita jauh lebih besar dibandingkan kemampuan kita yang terbatas. Namun, sekecil apapun kontribusi yang kita lakukan, maka ia menjadi bagian dari perbaikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan bangsa yang kita cintai.



V. Program Kerja yang Terealisasi
Maat tidak bisa ditampilan, karena eror



VI. LAPORAN KEUANGAN

(Terlampir)


VII. REKOMENDASI
Secara umum targetan program kerja bisa terlaksana dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan perjalanan BEM REMA UMB 2010-2011 ada beberapa rekomendasi yang kami sampaikan kepada pengurus BEM yang akan datang, yaitu:

7.1 Keberlanjutan Visi dan Tata Organisasi
 Mensinergiskan Gerakan Ormawa Kampus adalah sebuah Keniscayaan untuk kepengurusan BEM REMA UMB ke depan. Karena BEM Harus menyadari keberadaannya bukan hanya sebagai gerakan tunggal perubahan, tetapi ia harus menjadikan dirinya sebagai lokomotif gerakan yang mampu mensinergikan ke skala-skala terkecil di kampus sehingga akan terjadi akselerasi gerakan pemercepat perubahan baik dalam tataran Internal maupun eksternal.

 Bangun komunikasi internal dan komunikasi eksternal yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kepeduliaan mahasiswa terhadap permasalahan internal maupun bangsa.

 Membangun kedekatan kultural yang kuat antar aktivis lembaga di REMA UMB dalam upaya membangun kedekatan formal yang kuat

 Perbaikan system recruitmen dan up grading pengurus dilaksanakan di awal kepengurusan

7.2 Keberlanjutan Misi
 Mengupayakan Harmonisasi dan Sinergitas
 Pelayanan mahasiswa
1.Kuliah Kader Bangsa (KKB) harapannya dapat dilanjutkan di tahun berikutnya. Tentunya dengan sosialisasi dan publikasi yang tinggi pada publik serta adanya sistem controling konsistensi peserta. Alat ukur keberhasilan, dan Evaluasi kegiatan.

2.Memperbesar dan memperluas ”Pengaduhan akan kebutuhan Advokasi” di fakultas-fakultas. Hal ini bisa dilakukan dengan kerjasama intensif dengan BEM Fakultas sebagai perpanjangan tangan dari BEM REMA UMB dalam rangka ”Mendengar dan melayani”.
 Ikut serta dalam perbaikan sosial politik bangsa
1.BEM REMA UMB, dalam kaitannya dengan kebijakan publik, harus mempertahankan pola kerja sebagai garda terdepan dalam penyikapan isu-isu strategis lokal maupun nasional.

2.Perlunya dibuat master plan community Development terpadu yang berorientasikan jangka panjang dengan capaian tahunan yang jelas. Karenam Belum sempat terlaksana, Ke depan Program ini sangat baik dalam memainkan peran penting di tengah-tengah masyarakat.

VIII. PENUTUP
Sebuah cita-cita besar yang sampai saat ini tertanam kuat dalam hati kami adalah terciptanya Indonesia baru yang bermartabat, bahagia, dan sejahtera. Boleh jadi perjuangan panjang penuh onak dan duri ini belum juga menampakkan hasil konkretnya. Namun, kami yakin selama mentari masih kan terbit dari ufuk timur, bunga harapan itu suatu saat nanti pasti akan mekar merekah.

Apa yang kami tulis dalam laporan pertanggungjawaban ini hanya bagian kecil dari proses perbaikan peradaban itu. Pondasi perjuangan ini tak lebih dari keyakinan kami bahwa almamater Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dengan student body lebih dari 11 ribu mahasiswa, akan tampil menjadi salah satu kebanggaan bangsa ini: pencetak pemimpin-pemimpin besar yang senatiasa tulus dalam pengabdiannya, penghasil karya dan penelitian besar sebagai wujud kemandirian bangsa ini, serta Perguruan Tinggi terbaik dengan kualitas yang juga terbaik namun mampu mengembangkan sayapnya dalam pemerataan pendidikan dengan biaya yang dapat dijangkau semua kelas masyarakat.

Satu tahun terlalu singkat untuk menciptakan maha karya terbaik bagi negeri ini hingga mungkin sang waktu lebih cepat berjalan mendahului banyaknya karya yang sanggup kami ukir. Tuntutan besar ini hanya sanggup kami tunaikan dengan support, bantuan, dan dukungan orang-orang yang senantiasa kami cintai dan kami sertakan dalam doa-doa kami, semoga Allah memberikan balasan yang terbaik bagi mereka. Ucapan Terimakasih Kami sampaikan kepada actor pelaku dan pendukung Peradaban :

1.Para Sahabat, Saudara, Guru, Rekan, dan Keluarga terbaik yang selalu siap menjadi garda terdepan dalam perjuangan ini serta jajaran Kabinet Perlawanan BEM REMA UMB Periode 2010-2011 tentu telah banyak berkorban baik pemikiran, waktu, tenaga, keringat, materi bahkan darah pun diteteskan, terkusus kepada pejuang (Sony Taurus, Gusman Fahrizal, Dadangsah, Afrianto, Asep Suryadi dan Reko Hariyanto) ketika aksi pelantikan Gubernur pada tanggal 29 November 2010 yang lalu.

2.Segenap Jajaran Pimpinan Universitas dan Fakultas (terutama ayahanda yang kami banggakan Dr. H. Khairil, M.Pd Rektor UMB serta Hernadianto, SE, M.Si, Akt, Pembantu Rektor III UMB) atas semua bimbingan, arahan, support, dan dukungannya terhadap penunaian amanah kami.

3.Segenap Pegawai kemahasiswaaan, Pendidikan, BPM, LPPM, HUMAS, BAKU, BAAK, BAU, Petugas Kebersihan, Keamanan, para dosen beserta seluruh civitas akademika lainnya atas seluruh kontribusi dan bantuannya.

4.Tentu juga kepada Ketua DPM UMB, Toto Suprapto walupun tidak sempat menunaikan amanah hingga akhir kepengurusan dikarenakan telah menamatkan studinya. Seluruh Ketua UKM dilingkungan UMB (terkhusus tetangga kami Madyapala UMB yang luar biasa memberikan saran dan masukan kepada kami demi perbaikan), Ketua BEM Fakultas, Ketua HMJ 2010-2011 beserta Crew kepengurusannya serta seluruh aktivis kampus UMB yang tentu telah bersama-sama berjuang membangun almamater dan negeri ini, kecuali mahasiswa yang oportunis atau yang lebih dikenal mahasiswa “masuk angin”.

5.Rekan-Rekan organisasi Mahasiswa Ekstra kampus, BEM SB, BEM Seluruh Indonesia (BEM SI), LSM, Ormas/OKP, Sponsor, Donatur, dan seluruh pihak yang turut bersama-sama mengambil peran dalam perbaikan peradaban ini.

6.Seluruh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu serta seluruh Rakyat Indonesia atas kepercayaan dan cita-cita kebangkitannya. Saatnya rakyat dan mahasiswa bersatu menyongsong perubahan yang lebih baik.

Pada akhirnya, kami mohon maaf atas segala keterbatasan, kelalaian, kekurangpekaan, dan kekurang-pedulian kami selama menjalankan amanah ini. Semoga Allah senantiasa meridloi usaha kita dalam membangun Indonesia baru yang bahagia dan sejahtera.

Hidup Rakyat Indonesia!!!
Perjuangan belum selesai……………..!
Mari Bersatu Tuntaskan Perubahan ……….!
Hidup Mahasiswa……!
Hidup rakyat Indonesia…….!
Kepada Para Mahasiswa
Yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
Di persimpangan jalan
Kepada pewaris peradaban
Yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggaan
Di lembar sejarah manusia
Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta


Bengkulu, 25 Januari 2011
Atas Nama Cinta dari Republik Mahasiswa UMB Untuk Indonesia Sejahtera

Komentar

  1. Terlalu panjang, mungkin sebaiknya:
    1. Menjadikannya beberapa artikel pendek berbentuk sequel.
    2. Dibikinkan bentuk pdf dan berikan link untuk download.
    3. Tabel-tabel yang eror di ubah menjadi image (gambar) sehingga bisa dilampirkan.

    BalasHapus
  2. Terimkasih atas masukanya mas,
    Semoga dapat diperbaiki segera

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...