Gara-Gara Internet

Krisis multidimensi yang melanda bangsa Indonesia saat ini, membawa dampak yang terdalam bagi pribadi manusia. Pertanyaan siapa saya, dari mana dan akan kemana saya? Kenapa saya berada di bumi ini adalah pertanyaan mendasar yang seharusnya dapat di jawab dengan mudah dengan keyakinan sebagai makhluk. 

Ibarat sebuah computer, manusia harus senantiasa menyadari bahwa perubahan adalah sebuah keniscayaan Dalam mengenal, menggali, dan mengembangkan potensinya sebagai Makhluk. Bagaimana jika seandainya jika kita menggunakan computer bertahun-tahun, tetapi tidak pernah di Update, baik antivirus maupun software ya? Begitu pun dengan manusia yang berhenti belajar dalam menjalani sisa-sisa waktunya di panggung kehidupan ini.
Saya meyakini bahwa manusia bukanlah diciptakan untuk sekedar menghabiskan waktu dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, karena sesungguhnya kita sedang dalam perjalanan menuju keabadian.

Memasuki era teknologi dan informasi yang semakin pesat, internet merupakan peluang sekaligus tantangan bagi manusia untuk memanfaatkannya atau terlena  menggunakannya untuk hal yang tidak berguna bahkan merusak.     

Disamping sebagai makhluk individu dengan akuannya, hendaknya manusia juga harus menyadari bahwa ia sebagai makhluk social yang membutuhkan berinteraksi dengan sesamanya, baik dalam rangka pemenuhan kebutuhannya sebagai individu maupun secara social. Kehadiran Iptek seperti Internet sangat saya rasakan bermanfaat dalam menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Pada awalnya hanya memanfaatkan internet sebagai media untuk mengetahui informasi, tetapi beberapa tahun ini seiring dengan kapasitas ilmu dan kemampuan yang dimiliki, saya meyakini bahwa internet harus dijadikan media transformasi ilmu bagi generasi yang akan datang, menjalin hubungan persahabatan dengan sahabat se Indonesia ketika mengikuti Event-Event Nasioanl, bahkan mencari rezeki..hehe

Internet juga membuat kita mampu mencari dan memilih barang yang beragam dan relative murah. Sebagai Dewan Redaksi Pers Kampus UMB, saya pernah kebingungan mencari Kamera Cannon dengan dana 5 jutaan, setelah berkunjunga ke beberapa toko local, ternyata harganya lumayan mahal, setelah itu browsing ke internet, ternyata menemukan website Bhinneka. Dan akhirnya memesan ke sana. Selain mencari barang, karena hobbi membaca, akhir-akhir ini saya baru tersadarkan ternyatan berbelanja Buku Online ternyata lebih murah dibandingkan dengan belanja langsung di tokonya. Contohnya jika kita berbelanja di salah satu TOko Terkemuka di Indonesia Gramedia. Gara-gara internet, saya Keranjingan Membaca, Gara-Gara Internet saya juga Keranjingan untuk Terus Menulis, Gara-Gara Internet semakin membuka cakrawalaku tentang, Dunia, Mimpi, dan TUhan.

Sebagai makhluk yang diberikan kebebasan untuk memilih dalam hidup, media khususnya internet adalah salah satu sarana yang efektif dalam berekspresi dan beraktualisasi dengan masyarakat global di seluruh belahan dunia. Dan salah satu penyebab mimpi-mimpi yang saya tuliskan itu terwujud adalah melalui internet. Selain bermanfaat untuk konsumsi sekarang saya melebarkan sayab untuk memanfaatkan Internet sebagai sarana yang lebih produktif.  

Pengalaman ketika ngblog, menyadarkan saya bahwa dugaan bahwa internet sebagai media transformasi ilmu adalah benar, 1 bulan lebih saya menuliskan ide, gagasan dan cerita-cerita hasil diskusi dan buku yang saya baca di BLOG,  ternyata Blog dengan JUDUL ALWAYS POSITIF AND BE HAPPY itu sekarang telah dikunjungi dan dibaca 2056 pembaca. Dan ketika saya lihat data statistic pembaca, ternyata pembacanya berasal dari berbagai Negara, seperti, Mesir, AMerika, Malaysia, Rusia, Jerman,Yordania, india, dan tentunya Indonesia. Fakta itu meyakinkan saya bahwa internet adalah bagian dari gaya hidup yang membuat saya lebih produktif. 

di balik sisi Negatif, pasti ada sisi positif, oleh karena itu mari lebih bijak untuk lebih produktif.

Tulisan ini dikutsertakan dalam Bhinneka blog competition yang diselengarakan Oleh Bhinneka.com 
Bengkulu, 17 Februari 2011

Komentar

  1. mantab.. sukses ya Rio, mudah2an menang..

    BalasHapus
  2. Terimakasih Mas,
    Sang Pemenang bukanlah siapa yan cepat atau lambat,
    tetapi orang yang berpikir
    ia bisa..
    Sukses selalu

    BalasHapus
  3. walaupun banyak manfaat, kadang juga kudu ati-ati sama yang namanya cyber crime juga. Belom lagi porno, judi, dll yang mengancam dimana-mana

    Semoga menang kontesnya Yah!

    BalasHapus
  4. thanks mas Gaphe, Benar juga, nanti bisa saya tambahkan di TUlisan..
    Ditungu saran dan Masukannya

    Memang kita harus punya anti body yang kuat agar tidak terjerumus, dan mas gaphe telah mengingatkan itu..

    BalasHapus
  5. semangat2 :D

    internet memang bikin hidup lebih hidup^^

    BalasHapus
  6. oke, terimakasih Neng,, Memang Lebih Bermakna

    BalasHapus
  7. mantaaabb..keep writing...salam blogger

    BalasHapus
  8. Dengan internet banyak hal menguntungkan yg kita dapat, dan postingan ini sungguh memberi inspirasi akan pentingnya menyikapi internet secara tepat :)

    BalasHapus
  9. Benar sekali, Lewat Internet kita mengapai mimpi, dan Lewat Internet juga Aku Menemukan Kembali semangat hidup melalui support teman2..
    Semoga Menang y RIo, TUlisannya sangat inspiratif

    BalasHapus
  10. termakasih Mb Meti, Mb Anny dan Mas Kurniawan.. Semoga kita sama2 memajukan kehidupan bangsa ini melalui tulisan..
    salam blogger

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...