Minggu, 06 Maret 2011

Dua Tipa Manusia

Para ahli telah banyak membagi jenis ata tipe manusia dari berbagai sudut pandang. Kali ini, saya ingin mengemukakan Dua Tipe Manusia Menurut AL-Qur’an. Semoga kita dapat meniti jalan menuju Jannah-Nya bersama Para sahabat dimanapun kita berada. Salam Persaudaraan



TIpe I : Visinya hanya sebatas DUNIA

Mereka belajar, Bekerja, beramal, Umroh hanya untuk meminta kemakmuran, keselamatan, Kebahagiaan di Dunia. Seluruh angan-angan dan Cita-citanya Bisa saja dikabulkan oleh Allah, tetapi Mereka tidak mendapatkan bagian di AKhirat. Pikirannya Penuh untuk memikirkan keuntungan/Materi yang akan ia dapatkan dari kerja kerasnya. 
Salah satu karakter mereka, adalah suka mengolok-ngolok. Merupakan satu kecenderungan bagi mereka yang berkelebihan dalam Harta, tahta, dan anak keturunan untuk mengolok-ngolok orang-orang yang tidak mapan seperti mereka.


Tipe II : Visinya DUnia dan AKhirat (Al-Baqoroh : 202)

Mereka bukanlah kaum yang lemah, akan tetapi orang yang mempunyai visi, orang yang luas cakrawalanya dalam memandang rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang, besar jiwanya dalam menjalani hidup, berkarya, belajar, bekerja, menulis, membaca, menolong orang lain, Umroh Karena Semata-mata Mengharap Ridho ALLah. Dan di dalam doanya mereka senantiasa meminta kebaikan di dunia dan di AKhirat, serta agar terhindar dari Azab Neraka.

Kesimpulannya Islam tidak menghalangi manusia untuk mengejar materi keduniaan, karena manusia diciptakan memang memiliki kecenderungan untuk suka terhadap wanita, emas, hewan, dsb. Akan tetapi, Manusia Hendaknya Hanya berorientasi kepada ALLah dalam beraktivitas di Muka Bumi ini hingga Akhir hayatnya.

10 komentar:

  1. Assalamualiakum....

    saya pernah dengar, kejarlah dunia seolah kita hidup selamanya, dan kejarlah akhirat seolah kita akan mati besok.
    salam kenal......^__^

    BalasHapus
  2. smoga Allah memberikan kebaikan dunia n akhirat bagi kita, karena dunia n akhirat itu nyata

    BalasHapus
  3. Wa'alikumsalam. Terimakasih Mb Yhantee dan Mas Daima. Hendaknya AKtivitas kita selama hidup ditujukan semata-mata beribadah kepada ALlah.

    Barokaullohfik.. sukses selalu

    BalasHapus
  4. semoga kita termasuk tipe 2 yah.. soalnya kalo yang tipe dua, semua udah satu paket.. gak sendiri-sendiri

    BalasHapus
  5. semoga kita semua masuk dalam tipe II di atas, amin.

    BalasHapus
  6. saran-sarannya boleh jg juragan,
    siiipppp dah!!

    BalasHapus
  7. Mas gaphe : AMien.. Diberikan Hidayah dan TUntunan untuk menuju kesana adalah CIta-cita dan harapan Kita Bersama

    BalasHapus
  8. Mb Ajeng, terimakasih ya sudah berkunjung, saya pun turut mendoakan semoga kita (Blogger) bisa berjumpa di sana


    @ Sewa Komp : Terimakasih, sob, atas kunjugannya

    BalasHapus
  9. yups, Terimkasih mas Angga. hanya Allah tujuan kita

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...