Rabu, 09 Maret 2011

Memaksimalkan Potensi Diri


Sebuah anugrah yang sangat luar biasa dapat bangun dari tidur yang terasa sangat cepat. Dapat melihat wajah orang-orang yang kita sayangi, tanaman hijau, dan burung-burung yang berkicau dengan merdunya di atas ranting-ranting dedaunan yang hijau. Untuk itu, marilah kita bersyukur atas segala yang telah di berikan Allah SWT atas segala sesuatu yang telah dikaruniakannya kepada kita.

Walaupun terlihat hari-hari yang kita jalani adalah biasa-biasa saja atau aktivitas yang sederhana yang berulang-ulang kita lakukan, akan tetapi, hendaknya kita membiasakan untuk bersyukur atas hari yang masih diberikan-Nya kepada kita.


Kita tidak pernah tahu kapan hari itu akan berakhir, akan tetapi yang perlu kita ketahui adalah hari-hari itu akan kita jalani dengan sebaik-baiknya tanpa kesia-siaan. Orang-orang besar telah membuktikan bahwa mereka menjalani kehidupan yang luar biasa. Mereka memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri mereka dengan sebaik-baiknya dalam berbagai situtasi. Oleh karena itu, hidup harus mempunyai tujuan/ Impian yang jelas. Allah SWT telah memberikan petunjuk mengenai tujuan manusia yang ideal yaitu sebagai hamba Allah dan sebagai khalifah dalam arti hamba yang mampu mengolah seluruh yang terkandung di bumi dan alam semesta, seperti, air, gunung, emas, mutiara, dll.

Berbicara tentang tujuan Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan, orang orang yang telah meraih kesuksesan, jauh sebelum itu mereka telah memiliki impian yang jelas terhadap apa yang ingin mereka raih. Milikilah impian yang jelas dan visualisasikan hal tersebut dengan media yang nyata seperti menuliskannya dalam sebuah buku yang disertai dengan gambar – gambar detail beserta target waktu yang diperlukan dalamusaha meraihnya hal tersebut.

Menjadi hamba Allah bukan berarti kita harus senantiasa berdoa di dalam masjid akan tetapi, menjadi hamba dalam artian bahwa apapun pekerjaan kita maka kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk ciptaan-Nya. Penting untuk disadari bahwa hidup adalah sebuah pilihan. Kita akan memilih jalan yang mudah atau jalan yang sulit. Terkadang sesorang merasa jalan yang mudah lebih nyaman untuk di jalani akan tetapi, akhirnya malah membuat ia menjadi tidak produktif. Sedangkan, jalan yang sulit ternyata lebih kondusif untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki.

Memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita sama artinnya dengan kita mensyukuri segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan untuk kita. Untuk itu, segera dan bertindaklah untuk memaksimalkan seluruh potensi yang kita miliki. Lalu jika ada pertanyaan bagaimana caranya untuk memaksimalkan potensi diri ? jawabannya, tidak lepas dari kebiasaan kita untuk berani menghadapi tantangan dalam hidup. Kita takut menghadapi tantangan, atau tantangan terasa besar karena kita belum terbiasa menghadapinya. Oleh karena itu, kita perlu membiasakan diri untuk menghadapinya. Dalam menghadapi tantangan itulah kita akan semakin mengenali diri kita.

Ingat bahwa hakekat keberhasilan merupakan suatu proses yang indah jadi nikmatilah semua proses yang terjadi. Bukankah setiap hal yang anda lakukan di dunia ini adalah untuk meraih kebahagian  ataupun membahagiakan orang orang yang kita cintai?? jadi merupakan suatu hal yang tidak tepat jika kita malah bersedih, berkeluh kesah dan menderita dalam proses kesuksesan yang sedang kita perjuangkan. Hadapilah semuanya dengan senyum dan bersemangatlah. Karena Hari ini adalah Anugrah. dan jangan Lupa, Lillahhita'alah



Bukanlah kegagalan yang menjadi akhir dunia bagi kita, melainkan keputusasaanlah yang menghancurkan kita.

sesuatu akan terus terjadi di dalam hidup ini
sesuatu itu adalah kejutan-kejutan yg di berikan untuk kita dengan penuh kasih sayang
karana apapun sesuatu itu haruslah kita terima dgn ikhlas
karena kita harus yakin sesuatu itu adalh yg terbaik dariNYA..
love our life

7 komentar:

  1. ASS...WR_WB....!!
    trim"s membuat aq mencerminkan diri qu,,,!!
    mengoreksi diri qu..semoga menjadi lebih baik dari yg telah lalu..!!

    BalasHapus
  2. pastinya, harus ikhlas dalam menjalani hidup

    BalasHapus
  3. harus kalo urusan bersyukur itu mah... orang yang sombong adalah yang nggak mau mensyukuri nikmat yang dikasih sama Alloh.

    jelas, manusia tuh kudu punya tujuan.. kalo nggak, cuman seperti seonggok daging berjalan aja.

    ayoo apa harapan dan tujuanmu?

    #jawab : nikaaaahhhh :D

    BalasHapus
  4. @ Nday: Wa'alikumsalam, Barokaullohfik. semoga ALlah memberikan kita kemampuan untuk mengenalai dri sehingga dapat memaksimalkan potensi diri.


    @ Wits : Terimkasih, bener sekali. tanpa keikhlasan maka semuanya hanya sia-sia. karena kita hanya mendapatkan kesenangan DUnia.

    BalasHapus
  5. Mas Gaphe : Bersyukur adalah keharusan bagi yang ingin bahagia. karena kalo tidak, sesuatu tersa selalu kurang, tidak adil, dsb.

    tambahan untuk arti sombong adalah orang yang menolak kebenaran. diajak ke jalan kebenaran, eh malah marah-marah..

    Terimakasih atas komentarnya mas.
    Kalo ditanya Harapan dan TUjuannya untuk saat ini, saya ingin merampungkan Buku yang ingin diterbitkan. Mhon doanya.

    BalasHapus
  6. amiienn amieenn semoga bukunya segera kelar yaah!

    BalasHapus
  7. Ok, terimakasih. SEmoga Cepat Nikah ya..he

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...