Mengatasi Krisis Percaya Diri


Begitu banyak peluang dalam hidup yang terlewatkan, hanya karena kita tidak yakin dan tidak PD. Begitu banyak potensi yang Terpendam karena kita tidak  merasa layak, tidak pantas, dan tidak bisa. Menjadi pribadi yang memiliki krisis percaya diri memang tidak enak. Pertama kita sering korban perasaan sendiri. Omongan orang lain sering kali dirasakan merendahkan diri kita. Saat kita berbicara tetapi tidak ditanggapi merasa dilecehkan. Mudah tersinggung. Bahkan ada yang sibuk untuk terus menerus menjelekkan orang lain yang dianggap saingan.

Yang kedua, masalah krisis percaya diri bisa menjadikan kita memiliki ketakutan yang luar biasa. Ketakutan ini akan menyebabkan kita tidak mau mengambil tindakan yang beresiko. Bahkan sekecil apa pun resiko itu. Akibatnya, akan kehilangan banyak peluang. apakah karena pendidikan selalu menghukum orang-orang yang keliru dalam menyelesaikan sebuah tugas?

 Ada beberapa hal yang  menyebabkan kiris percaya diri :


Lingkungan

Sejak Kecil sebenarnya kita memiliki kepercayaan diri yang baik,, Buktinya Keinginan kita untuk mencoba banyak hal, menanyakan ini dan itu, mengapa seperti ini dan itu? pertanyaan-pertanyaan itu biasanya berujung dengan jawaban yang menyenangkan atau malah mematikan.


Setelah Beranjak Remaja dan Dewasa Tidak dipungkiri, sikap orang-orang yang ada di lingkungan kita bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita. Sering kali, orang-orang di sekitar kita menyikapi kegagalan atau kekurangan kita dengan cara yang tidak baik. Misalnya mengejek kegagalan kita, membicarakan kekurangan kita di depan orang lain, atau membesar-besarkan kekurangan atau kegagalan kita. Hal seperti ini mungkin terjadi karena sikap masyarakat terhadap kegagalan dan kekurangan masih perlu diperbaiki.

Diri Sendiri

Meski pun lingkungan bisa menyebabkan kita mengalami krisis percaya diri, namun sesungguhnya penyebab utamanya itu adalah diri sendiri. Kuncinya ialah bagaimana Anda menyikapi lingkungan Anda. Jika Anda “termakan” oleh omongan lingkungan, maka Anda akan rendah diri. Namun jika Anda “merdeka” maka apa pun yang dikatakan oleh lingkungan Anda tidak akan pernah mempengaruhi diri Anda.

Anda mungkin salah, tetapi bukan berarti Anda orang yang selalu salah. Kesalahan bisa diperbaiki. Begitu juga dengan kegagalan. Anda mungkin pernah gagal, tetapi bukan berarti Anda adalah orang gagal. Anda hanya pernah gagal. Dan kita tahu, semua orang pernah salah dan semua orang pernah gagal. Termasuk manusia terbaik sepanjang masa, Nabi Muhammad saw. Beliau pernah salah dan pernah gagal. Itu adalah manusiawi. Kenapa harus merasa rendah diri? Bukankah Tomas ALfa Edison mengalami kegagalan hampir 1000 kali sebelum ia menamukan lampu pijar? Setiap Orang Besar Pernah Gagal. akan tetapi, yang membedakan adalah Mereka belajar dan tetap semangat atau malah pesimis dan berhenti?


Solusi :

Jadilah Pribadi Yang Merdeka

Merdeka dari Penjajahan Pikiran orang lain yang tidak mempercayai Anda, Bahwa Anda Bisa, Anda Mampu. Merdeka dari Tontonan yang melenakan, Buku yang tidak bermanfaat, ilmu yang tidak bermanfaat. Artinya merdeka dari opini negatif baik dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Anda Adalah Sang Juara

Kelahiran Anda di dunia membuktikan bahwa Anda adalah sang pemenang yang telah mengalahkan jutaan sel ketika menuju ovum. sejak lahir, kita telah diajarkan untuk berjuang, Pikirkanlah sejenak.

Cobalah Anda renungkan. Apa keberhasilan yang pernah Anda raih? sekecil apapun , hal itu adalah karya anda.  Apa kemampuan yang Anda miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain. Saya yakin, Anda memilikinya.

Bisa saja, Anda tidak hebat di satu bidang, tetapi Anda hebat di bidang lain. Begitu juga dengan orang lain. Sebab pada dasarnya semua manusia memiliki tingkat yang sama. Segera temukan bakat Anda dan Anda akan melaju pesat menuju produktivitas dalam hidup.  Atau Anda pun bisa menciptakan pengalaman hebat yang baru. Pilihlah sebuah tantangan, dan taklukan tantangan tersebut. Percaya diri bisa bangkit setelah Anda mampu menaklukan tantangan. Jangan Pernah menghindar dari tantangan atau hal-hal baru yang belum pernah Anda coba dalam hidup. orang yang menutup diri dari hal-hal yang baru maka ia akan tertinggal oleh waktu (Kecuali Aqidah) karena perubahan adalah keniscayaan.

Kedekatan Dengan Yang Maha Kuat

Jika Ingin Kuat maka Dekatlah dengan yang Maha Kuat. ini adalah Point yang sangat penting di atas semua usaha yang telah kita tempuh untuk menemukan bakat dan potensi yang kita miliki.  Maka Bertawakallah. Jadikan Setiap Proses pencarian merupakan upaya untuk Mencari Ridho-Nya. karena kita tidak pernah tahu kapan jatah kita habis. oleh karena itu, Proses menjadi sangat penting.

Selamat Berproses Sobat. dengan Berproses dan latihan saat ini, Maka kita akan lebih cepat mencapai tujuan.  Dengan Percaya diri, kita dapat melakukan banyak hal dalam hidup. Oleh karena itu, Jangan Menunda dalam melakukan kebaikan, karena jika kita menunda, maka sebenarnya kita menunda kebaikan datang dalam hidup kita.


Wallahhu'alam.

Komentar

  1. TIdak ada yang tidak mungkin dalam hidup. Keyakinan pada Dunia yang tak terlihat Hendaknya Menambah keyakinan kita untuk senantiasa Berkarya Dalam Hidup.

    Semoga Allah memberikan Hidayah dan Ampunannya untuk kita semua. sehingga mampu menggali potensi diri, memiliki kepercayaan diri, pengendalian diri, hingga bertemu dengan ilahi

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Kunjungannya Mas Erwin Karizky

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfat sekali, apalagi saya sekarang sedang berada di posisi tersebut dan rasanya sungguh tidak meng enakan, setiap hari dihantui rasa tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Mas Widi. Semoga dengan banyak belajar, berlatih dan berdoa rasa tersebut akan berganti.

      Hapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...