Sabtu, 18 Juni 2011

CARA MENSIKAPI ISU

Hidup di era tekhnologi seperti saat ini memungkinkan satu berita dapat tersebar dengan cepat dan luas. Isu yang belum tentu kebenarannya hendaknya dapat disikapi dengan bijak, karena tidak sedikit hanya karena isu atau berita yang tidak jelas menyebabkan terjadi perselisihan antar kelompok, keresahan bagi individu, dan malapetaka bagi sebuah bangsa. Bagaimana seorang muslim sebaiknya mensikapi sebuah isu dengan baik?

Saudaraku, dalam hidup kita memang tidak bisa lepas dari informasi. Buktinya hampir setiap orang memiliki HP, Televisi, Radio, dsb. Berinteraksi dengan banyak orang memungkinkan kita menambah pengetahuan akan informasi dan berita yang kita dapat. 


 “wahai orang-orang yang beriman, jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa sebuah berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatan itu” 
(Q.S. AL-Hujarat: 6)

Permasalahannya adalah begitu banyak informasi yang kita dapat tetapi kita telan mentah-mentah tanpa memikirkan benar atau salah informasi yang di dapat. Terutama media, yang terkadang lebih marak mencari isu atau berita-berita yang belum tentu kebenarannya hanya untuk menaikkan raiting sebuah program acara. Oleh karena itu, program-program acara seperti ini hendaknya harus diteliti lebih jauh kebenarannya. 

Inilah indahnya islam yang senantiasa hanya menerima yang jelas (Kebenaran) yang akan berdampak mendatangkan kebaikan bagi banyak orang. Oleh karena itu, jika ada suatu berita yang datang hendaknya kita melihat siapa yang memberikan informasi tersebut? Dan apakah berita yang disampaikan itu benar atau hanya dibuat-buat?


semoga bermanfaat.
wallahhua'lam.

5 komentar:

  1. memnag harus dipilah-pilih dalam mencerna informasi. mana yang bagus dipakai, mana yang nggak ya jangan dipake..

    setiap pilihan pasti ada resiko dan konsekuensinya koq

    BalasHapus
  2. Isu memang kadang buat terpengaruh, tapi kita harus selalu membudayakan cek and ricek.

    Sebelum semuanya jelas maka harus tetap berbaik sangka ;)

    Bermanfaat sekali, thanks Broo...

    BalasHapus
  3. terkadang isu bisa membahayakan pemikiran juga, terimakasih infonnya mas rio.

    BalasHapus
  4. Ya kehidupan memiliki duri-duri yang jika kita melangkah harus selalu menunjukan kehati-hatian dan perlu selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt. yang Maha Kuasa Pencipta Alam jagat raya. thanks artikelnya Mas Rio Saputra.Suksess

    BalasHapus
  5. Setuju Mas Gaphe, Semoga Kita dicondongkan untuk dapat memilih perkara yang terbaik menurut pandangan ALlah.

    Kelihatannya Mb Yunda, Penggemar Cek dan RIcek RCTI ne..hehe
    sama-sama mb.

    Termikasih Mas ANgga.
    sukse selalu.

    Kapan-kapan boleh mesan tiket ne?heh

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...