IKATAN ALUMNI PENTAS (IKANAS)


                                                                                         
 SELAYANG PANDANG IKATAN ALUMNI PENTAS NASIONAL (IKANAS)


I. LATAR BELAKANG
Sejarah telah membuktikan bahwa peranan pemuda sangat besar di dalam memberikan kontribusi dalam kemajuan suatu bangsa. Melihat kondisi bangsa saat ini dan semangat untuk melakukan perbaikan di berbagai sektor oleh aparat pemerintahan. Maka sejumlah pemuda dari pelosok negeri ini ingin ikut memberikan peran dalam setiap perbaikan bangsa dan negara indonesia untuk maju menyonsong masa depan yang lebih baik.

Bangsa ini seperti kehilangan jati dirinya di tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Oleh karena itu, mempelajari sejarah bangsa adalah salah satu alternatif dalam menumbuhkan kembali karakter bangsa yang telah dicanangkan oleh founding father bangsa ini.

Kegiatan Pekan Nasional Cinta Sejarah adalah yang diselenggarakan oleh Direktorat Nilai Sejarah dan Purbakala merupakan event rutin yang digelar dalam rangka untuk menumbuhkan kecintaan sejumlah mahasiswa khususnya pemuda tentang arti penting sebuah sejarah bangsa dengan harapan dapat menimbulkan dan menumbuhkan kesadaran nasionalisme yang merupakan semangat dalam membangun bangsa dan negara.

Pada tanggal 18-21 juli 2010, Pekan Nasioanl Cinta Sejarah dilaksanakan Sumatera Utara, Medan. Sejumlah pemuda di seluruh pelosok negeri dari perwakilan daerahnya masing-masing berkumpul untuk mengikuti rentetan kegiatan yang telah diatur oleh panitia, mulai dari Dialog Interaktif Kesejarahan, mengunjungi situs-situs bersejarah, dan diskusi lintas pulau.
Melihat intensnya komunikasi yang terjalin dalam setiap pertemuan di Medan, sehingga muncullah kesadaran bersama untuk berkomitmen menjalain komunikasi dan transformasi ilmu, informasi dan perkembangan dari setiap kondisi bangsa yang terjadi. Akhirnya timbullah ide untuk membentuk sebuah wadah atau organisasi yang kemudian dinamakan IKANAS, merupakan kepanjangan dari Ikatan Alumni Pentas (Pekan Nasional Cinta Sejarah) . Dengan harapan, Pertemuan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka tanpa komitmen untuk terus bersinergi dalam berkontribusi melakuan perbaikan, baik melalui ide-ide dan gagasan yang diharapkan berguna nantinya dan merangsang persatuan dan kesatuan pemuda di indonesia.

II. Tujuan
Ikatan Alumni Pentas Nasional didirikan untuk :
1.    Menciptakan sebuah wadah atau perkumpulan bagi pemuda di seluruh Indonesia khususnya alumni Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS) dengan menciptakan sebuah Ikatan Alumni PENTAS.
2.    Membuka Ruang Diskusi tentang Sejarah dan kondisi bangsa saat ini.
3.    Wahana dalam pembentukan kepribadian pemuda yang peduli dan responsif terhadap permasalahan bangsa.

III. Dasar Pemikiran
Ikatan Alumni Pentas Nasional merupakan organisasi di tingkat nasional yang merencanakan, menyelenggarakan dan melakukan pengumpulan ide dan gagasan, serta transformasi ilmu kepada masyarakat indonesia. Khususnya untuk forum antar generasi peserta Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS).

IKANAS lebih menekankan pada wadah silaturahim, transformasi ilmu dan informasi, pembentukan karakter bangsa melalui sejarah, pengembangan penalaran dan keilmuan dalam rangka memberi kontibusi dalam perbaikan bangsa.

Jadi, IKANAS adalah sebuah wadah yang diharapkan intens melakukan dialog budaya dan peradaban indonesia baik dalam perspektif sejarah maupun saat ini. Dengan harapan, munculnya karakter bangsa yang ikut turut andil membangun bangsa di masa yang akan datang.

  
IV. Susunan Kepengurusan dan Anggota IKANAS

Pembina        : Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala Nasional
Ketua             : Rio Saputra (Bengkulu)
Wakil Ketua  : Fatma Saudo (Palu)
Sekretaris      : Liana Andiastiara (Banten)
Bendahara    : Ika Sulistyowati (Semarang)

Bidang Informasi dan Komunikasi
Koordinator : Subandi Rianto (Surabaya)
Anggota : Suradin (Makasar)
I Wayan GM (Bali)
Ridwan Arifin (Semarang)

Bidang Alumni
Koordinator : Fathia Lestari (Bandung)
Anggota :  Tulus Hariadi (Palembang)
                   Rafli Ubit P. (Medan)
                   Aryanto (Medan)

Bidang Dana dan Usaha
Koordinator : Zulfa Hendri (RIAU)
Anggota : L. Rahmi Putri (Jambi)
                   Leonid Ribiauw (Ambon)
                   Sholihin Wekasan (Pontianak)

Bidang Penalaran dan Keilmuan
Koordinator : Nono (Makasar)
Anggota : M. Muchlis (Yogjakarta)
                   Mujiburrahhman (Aceh)
                   Mutiani (Banjarmasin)
                   Noor Naeli Masruroh (Semarang)
                   Amin Nurrohmah (Yogjakarta)

Ditunggu Masukannya,
Ini Baru Tahap Konsep, jadi jika ada masukan untuk Nama Bidang, Posisi yang kurang berkenan, dllnya silahkan tuliskan masukannya. 

Selamat Berjuang Wahai Pejuang,
Salam Hangat Dari Putra Indonesia

Komentar

  1. kapan bisa aktif ????

    BalasHapus
  2. Semoga segera menunjukkan kiprahnya...

    BalasHapus
  3. Anonim : Untuk sementara kita sedang mengurus izin resmi dari DIrektorat Jendral Sejarah dan Purbakala di Jakarta. InsyaAllah akan dibahas di PENTAS 2011 di Palu Bulan September ini..

    BalasHapus
  4. oke akh rio, kami tunggu komunikasi slanjutnya... (subandi)

    BalasHapus
  5. gimana kbarnya surabaya, akh bandi? InsyaAllah,dalam jangka pendek ini, kita lagi ngarap blog untuk IKANAS, jika Akh bandi bisa bantu, nanti hub, saya di 0852 67173732. kemarena saya sudah minta sekretaris (liana) untuk buat blognya.

    TUjuannya, untuk menampung aspirasi, ide, pemikiran, dan imajinasi teman2 yang akan kita publikasikan lewat media maya..he..
    ini email kita : ikanas2010@yahoo.com

    BalasHapus
  6. ass, bagaimana perkembangan ikanas ini saudaraku ... adakah kejelasan waktu aktifnya ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...