Minggu, 29 April 2012

Tips Dahsyat Mendapatkan Inspirasi Menulis


Sumber: Google

Pernahkah kita Merasa Buntu atau kehilangan ide ketika menulis? Apalagi untuk Penulis Pemula, Kehilangan Ide adalah suatu hal yang membosankan dan membuat kita tidak bergairah lagi untuk menulis. Bagaimana Cara Mendapatkan Inspirasi untuk Menulis?

1.  Rajinlah Membaca
Ada Berjuta Inspirasi yang muncul ketika kita membaca. Setiap Orang yang ingin menjadi penulis harus menjadikan Membaca salah satu Kewajiban dalam mengasah kemampuan berpikir dan mencari ide. Inilah sumber menulis yang paling baik, karena tentu anda tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Coba luangkan waktu minimal 4 jam dalam sehari untuk membaca. Jangan pernah memilih dalam membaca, meskipun itu hanya sebuah majalah. Otak akan terasah dengan membaca. Ilmu Anda pun terus bertambah. Itu berarti sambil menyelam minum air, kan?

2. Berinteraksi Dengan Orang Lain   
 Walaupun kita hobi membaca, tidak berarti kita harus berdiam diri di rumah terus menerus. Sekalipun Anda enjoy dengan internet, jangan lupakan juga keadaan sekitar anda. Anda bukanlah makhluk individu. Tidak ada salahnya Anda memulai percakapan dengan orang lain. Atau saat Anda berada di bus, cobalah sapa orang di sebelah Anda, mulailah obrolan, apa saja. Suer, Inspirasi yang saya dapatkan ketika Menulis Buku "SetiapOrang Berhak Sukses" juga sebagian besar hasil berinteraksi dengan para tokoh dan orang-orang di lapangan kehidupan mereka, bukan hanya di buku. Dari obrolan tersebut mungkin nantinya bisa dijadikan inspirasi menulis. Tetapi ingat, tetap waspada dalam memilih orang yang diajak berkomunikasi. (untuk lebih jelasnya pentingnya kemampuan ini baca tulisan saya di PentingnyaKemampuan Menyimak dalam Kehidupan)

3. Traveling alias Jalan-Jalan
Salah satu Hobi saya adalah jalan-jalan. Siapa yang tak senang jalan-jalan, hampir semua orang menyukai kegiatan ini. Tak perlu jauh-jauh atau dengan rencana yang lama diperhitungkan, ingatlah Anda hanya sekedar mencari inspirasi. Jalan-Jalan Ke Gunung, Jalan2 Ke Seminar-Seminar, Jalan-Jalan Pantai. makanya semenjak Awal Kuliah Saya Punya Cita-Cita untuk Keliling Indonesia. dan Alhamdulillah Hasil Dari perjalanan itu sebagai bahan inspirasi untuk Menulis Buku. Jika Sekarang Ide Kita Mentok, segera Bergerak, Hirup Udara segar, Cari Inspirasi dari Sekitar baik dari alam, manusia, hewan, dll.

4. Membaca Tulisan Orang Lain
Dalam Menulis, Kita sebaiknya mengenal fokus tulis kita menjurus ke Jurnalistik, Sastra, atau Ilmiah. kemudian carilah tulisan-tulisan yang sejuruh dengan bakat dan fokus anda. Luangkanlah waktu untuk membaca tulisan orang lain entah itu melalui internet maupun buku, majalah, atau koran. Hal itu akan mendorong Anda mendapat inspirasi ketika melihat tulisan dari orang lain. Bahkan hanya dengan menengok ke sekeliling Anda, apapun bisa menjadi ide penulisan.

5. Dari Suatu Peristiwa
Setiap hari, dimanapun kita berada, berbagai peristiwa tentu menemani hari kita. Mengapa tidak untuk Anda tuangkan menjadi ide menulis? Mungkin bagi kita itu hal biasa, tetapi tidak bagi orang lain. apalagi yang mempunyai pengalaman berharga. Oleh karena itu, Mari kita Memperbanyak amal kebaikan, melakukan aktifitas yang bermanfaat, semoga kita semua akan mengalami dan mendapatkan pengalaman yang berharga karena kita mengisi waktu ini dengan hal-hal yang bermanfaat.

6. Jadikan Menulis Sebagai Hobi
Seseorang yang bekerja pada bidang yang ia cintai, maka ia akan dapat menciptakan karya yang spektakuler. jadi, jika kita atau ingin belajar menulis, Jangan jadikan tulisan itu musuh atau menganggap menulis itu membosankan. Jadikanlah ia sahabat dalam hobi Anda, dengan begitu pikiran Anda akan cepat mendapatkan ide. Sebab jika Anda melakukan sesuatu dengan senang hati, maka hasilnya pun akan maksimal.

Semoga Dengan Menulis dapat menjadi Ilmu yang bermanfaat yang akan terus mengalir kepada kita balasannya, baik di dunia maupun di akhirat.


Selamat Berkaya

Salam Sukses dan Jabat erat


Rio Saputra

7 komentar:

  1. makasih ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Ide atau inspirasi itu kadang datang tanpa diduga...nice info..

    BalasHapus
  3. Lagi cari inspirasi nih...thanks infonya...

    BalasHapus
  4. beriteraksi dengan orang lain biasanya hal yang bikin saya dapat inspirasi, tapi pas mau nulis eh lupa lagi hehehe.. makasih infonya...

    BalasHapus
  5. sama-sama. terima kasih sahabat sudah berkunjung

    BalasHapus
  6. Poin terakhir saya banget tuh gan.. Yaa, saya hobi menulis sejak duduk dibangku SMP, sampai sekarang sudah kelar kuliah pun kebiasaan tersebut saya kembangkan di dunia blogging. Memang benar, terkadang ketika semangat menurun, inspirasi menulis pun harus kita jemput agar tetap ada. Terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  7. Sukses selalu Mas Anwariz. Terima Kasih kunjungannya.
    Selamat berkarya

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...