KELILING DUNIA, DENGAN SELEMBAR KERTAS

Workshop Meulis "Be Travel Writter"
Lagit Masih Gelap, terdengar suara jangkrik, angin, dan murotal Al-Qur'an yang bergema di angkasa. saya sudah tidak sabar lagi untuk segera mengikuti Workhsop Menulis yang diselenggarakan oleh FLP Bengkulu. Temanya sangat sesuai denga hobiku yaitu berkeliling dunia sambil menulis. dahsyat,  tentu sahabat juga ingin berjalan-jalan keliling dunia, tetapi kita dibayar atas perjalanan yang kita lakukan.siapakah backpacker sekaligus Writter itu? Yup, Benar sekali ia adalah Gol A Gong.

Acara ini diselenggarakan di Gedung Batik Univ. Bengkulu, Tanggal 8 Juli 2012, Pkl. 09.00 - 12.00 wib. Pesertanya mulai dari anak SD sampai Ibu hamil. sebagai generasi muda yang berada di pertengahan, maka hal itu semakin membakar semangatku untuk segera mengorek rahasia Gol A Gong dalam menulis. 

Suasana selama Workshop semakin ramai dan tidak membosankan karena selalu diselingi dengan pembagian doreprice oleh panitia dan Mas Gong tentunya. 

Diawal pembahasannya, karena buku yang menjadi rujukannya adalah TE-WE alias Traveler - Writer. maka Mas Gong membahas terlebih dahulu pengalamannya selama keliling dunia kecuali Eropa. karena baginya, dalam melakukan perjalanan sebaiknya kita mulai dari yang terdekat. misalnya, karena Mas Gong Berasal dari Banten, maka yang perlu dia taklukkan adalah menjelajahi Pulau Jawa, kemudia baru keluar pulau jawa, merapat ke Asia.



Be Traveler
Pengalaman yang paling berkesan setelah berkunjung ke beberapa negara adalah India. Kenapa India? ternyata, karena jika orang indonesia ke india maka ia akan bersyukur bahwa ternyata di indonesia jauh lebih bersih dibandingkan negara lain. pasti orang indonesia akan segera rindu kampung halamannya. emangnya ada apa si? Mas Gong, Menceritakan pengalamannya jalan-jalan di pagi hari ke KZ Abidin di Bengkulu. salah satu kawasan pasar tradisional yang digunakan pedangang untuk menjual aneka barang dagagangannya, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, baju, dan aneka barang pecah belah untuk kebutuhan rumah tangga. jika dipasar indonesia kita menemukan jalannya becek, di india seseorang bahkan menemukan jalannya tidak hanya becek tetapi, bercampur degan kotoran sapi + Kotoran manusia.

"jika anda menjadi seorang traveler, maka harus biasakan menikmati suasana pagi di kota itu"begitulah nasehatnya.

Seluruh peserta terdiam dan tersadarkan, bahwa seorang penulis harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan peka terhadap lingkungnaya. bahkan, ketika keliling eropa dengan istrinya, mas gong meyarankan agar istrinya lebih banyak mewawancarai mayarakat sekitar,daripada membaca buku. karena momentum perjalanan adalah untuk mencari ide untuk dijadikan tulisan.

Seorang Penulis tidak hanya melihat, tetapi Sekaligus Menemukan

Setiap orang bisa saja mengalami dan melihat peristiwa yang sama, tetapi seorang penulis mampu menemukan seseatu yang berbeda dan dapat dibagi dengan orang lain melalui tulisan. oleh karena itu, seorang penulis tidak cukup hanya melihat, tetapi harus rajin berinteraksi dengan lingkungannya untuk menemukan ide.


Be Writter

Sekarang kita mulai masuk ke sisi kepenulisan, selama melakukan perjalanan Mas Gong, hanya bermodalkan Selebar kertas yang akan dijadikan cikal bakal sebuah buku. gimana caranya?


Sekarang Coba Sobat, ambil selembar kertas HVS/ Kuarto. Sudah belum?? Oke, jika sudah, Ikuti Petunjuk di bawah ini :

Kertasnya dilipat Menjadi 2, sehingga menjadi 4 lembar.
lembar pertama, tulis Judul Buku.
Lembar ke dua, tulis Sinopsisnya,
Lembar Ketiga : Tulis Daftar isi,
Lembar Keempat : Tulis satu paragraf pembukanya.



Dengan begitu, perjalanan kita tidak sekedar membuang-buang uang dan waktu, tetapi dapat berbagi inspirasi dan informasi ke orang banyak tetantang kota dan negara yang kita kunjungi. 

Cari Ide
Ada banyak calon penulis yang kehabisan ide, solusinya banyak-banyakllah melakukan perjalanan, mewanwancarai orang, dan baca buku. ketika cacat, ternyata, Orang Tuanya memberikan resep ajaib dengan memberikannya sebuah Buku. ya dengan Buku ia, membuka jendela dunia, dan lupa akan kecacatannya.

Terakhir, Tahukah kita siapa nama sebenarnya Gol A Gong dan apa Makna Nama Penanya?

Ternyata nama asli mas Gong adalah Heris Indrayana, terus, kenapa menjadi Gol A Gong? Gol karena tulisannya diterima penerbit dan siap diterbitkan. A artinya Allah, karena ibunya memberikan nasehat bahwa semua itu bisa sukses karena Allah. dan Gong : Agar setiap tulisan yang dipublikasikan mampu bergema dan mempunya dampak bagi orang banyak.

Jadi rahasia sukses seorang Gol A Gong, selain karena beliau mencintai bidangnya, ia juga sosok anak yang sangat berbakti kepada kedua orang tuanya, dan Allah. 

Jika ditulis disini, pengalaman Belajar Menulis tidak pernah cukup, jadi jika ingin share. bisa

Semoga Bermanfaat, Sukses selalu untuk para Pebelajar dan Orang-Orang gigih berbagi Ilmunya untuk orang baik.


Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...