Tips Menerbitkan Puisi dan Cerpen Menjadi Buku

Minggu, 11 November 2012. Alhamdulillah saya bertemu dengan salah satu Penulis (Cerpenis) yang produktif di Indonesia. Mas Donatus A. Nugroho.

Kami sama-sama menjadi pembicara dalam acara "Workshop Menulis Nasional" yang diadakan oleh Cendoleres Bengkulu yang kemudian menamakan dirinya CRAFT.

Dalam sesi diskusi, banyak sekali peserta yang bertanya tentang tips menulis dan strategi menawarkannya ke Penerbit. akan tetapi, tentu itu memerlukan waktu yang cukup lama. Bagi Mas Don yang menjadikan Profesinya sebagai Penulis, maka ia memberikan tips agar penulis berani untuk memasukkan tulisannya ke koran, majalah, jurnal dan tabloid yang ada di indonesia. 

Salah satu tips yang beliau sarankan bagi penulis puisi dan cerpen agar dapat dibukukan adalah dengan memasukkan tulisannya terlebih dahulu ke media massa. karena, khusus untuk puisi, rata-rata penerbit enggan untuk menerbitkannya, apalagi penulisnya belum terkenal. Oleh karena itu, Cara untuk mengakalinya adalah dengan mengirimkan tulisan kita sebanyak-banyaknya ke media massa. 

Silahkan baca  alamat redaksi di indonesia. selain alamat email, di sana juga tertera honor yang bakal kamu terima, jika tulisanu lolos. 

Komentar

  1. apa itu harus pakai rekening ya cara mengirim honornya. bagaimana kalau seperti saya pelajar SMA yang ingin menerbitkan puisinya di majalah atau koran sedangkan saya belum memiliki rekening. terimakasih

    BalasHapus
  2. Mbak Diaz bisa minta bantuan orang tua untuk meminjamkan nomor rekeningnya. Sehingga Honor Mbak Diaz menulis bisa tetap dikirimkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...