MOTIVASI MENULIS*

Foto Pemateri Beserta seluruh Peserta
Bismillahhirrohmannirrohim.

Setiap manusia tentu memunyai keinginan agar memiliki kesuksesan dalam hidupnya, yang akhirnya dapat mengantarkannya mencapai kebahagiaan dalam hidup. Apakah Seseorang yang tidak sukses saat ini, menghalanginya untuk mencapai kebahagiaan?

 Jika SUKSES adalah mencapai segala apa yang kita inginkan, maka KEBAHAGIAAN adalah mensyukuri apa pun yang kita miliki. Apa pun kondisi kita saat ini, kita berhak untuk memutuskan untuk mengeluh atas apa yang belum kita peroleh dalam hidup, atau Memutuskan untuk menjadi Pribadi yang BAHAGIA karena mensyukuri apaun yang kita miliki saat ini. Loh, apa hubungannya dengan menulis?he

Tentu sangat berkaitan antara menulis dengan kebahagiaan seseorang. Tetapi sebelum itu, Apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata menulis? Apakah kita menganggapnya sebagai sebuah aktivitas yang menyasyikkan atau sebagai beban? Tahukah anda rahasia sukses para orang-orang besar di dunia dalam menjalani hidupnya, mereka selalu mencintai apapun yang mereka kerjakan. Apakah benar hanya orang-orang yang berbakat yang bisa menulis? Ada beberapa Rahasia yang perlu kita ketahui dalam hidup, semoga beberapa rahasia ini dapat mempengaruhi hidup anda, khususnya dalam menulis.

Rahasia #1
Banyak orang yang merasa berat untuk menulis, yang akhirnya mereka memilih untuk berhenti menulis. Malahan banyak yang berhenti menulis di detik-detik akhir pertarungan. Saya akan berusaha membantu anda agar berani untuk menulis, karena menulis itu memang mudah dan menyasyikkan. Tulisan singkat ini akan membantu membuka pikiran anda bahwa setiap orang mampu menulis, bahkan menerbitkannya lewat penerbit, dan dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Sebenarnya hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui Tujuan dan Alasan kenapa kita harus menulis? Pernahkah kita bertanya kenapa seseorang bisa kehilangan semangat dan tenaganya dalam hidup? Jawabannya tentu beragam tetapi, kemungkinan besar mereka kehilangan Tujuan dan Alasan yang kuat untuk melakukan perkerjaan yang sedang dijalani. Begitu juga halnya dalam menulis.

Rahasia Pertama itu adalah TUJUAN HIDUP ANDA. Setiap kita memiliki tujuan dalam Hidup, dengan memiliki Tujuan Hiduplah maka anda akan selalu memperoleh semangat. Begitu juga dengan Menulis, seseorang yang memiliki tujuan dan alasan yang kuat dan jelas, tentu akan memiliki energi yang lebih dalam mencapai tujuannya. Apa Tujuan dan Alasan Anda ingin Jadi Penulis? Apa yang Anda harapkan setelah menjadi Pengarang? Kira-Kira apa pendapat Orang Tua Anda, Sahabat, Rekan, dan Lingkungan Sekitar Ketika Anda Berhasil Menerbitkan Sebuah Buku? Sekarang, Coba Anda Tuliskan Tujuan Hidup Anda (Atau Tujuan Anda Menjadi seorang penulis).

salah satu contoh kata-kata seseorang yang memiliki tujuan dan hasrat yang kuat dalam menulis :
“lewat katalah aku hidup. Hidup lewat katalah yang ingin aku tiupkan kepada orang-orang putus asa. Aku hidup dimana-mana, di setiap sudut kota di Indonesia lewat Novel-Novelku. Aku juga ingin gairah hidupku merasuki setiap hati pembaca novel-novelku. Kata memberiku banyak makna. Itulah yang ingin aku berikan kepada orang lain, bahwa kita adalah yang menjadikan hidupku bermakna. Kata bagiku adalah kekuatan yang membuatku terus bangkit saat terjatuh. Kata seperti jantung hidup kita, terus berdetak dan jangan biarkan tak bermakna”

Dari Pernyataan di atas sangat terasa bukan, motivasi yang dimiliki oleh sang penulis. Oleh Karen itu, Semakin Jelas dan Kuat Tujuan Anda maka semakin kuat tertanam di dalam diri anda untuk terus mencapainya hingga itu terwujud.

Dalam Buku Happy Writing karya Andrias Harefa, ia mengutip pendapat Caryn Mirriam Goldberg dalam karya berjudul Writing to make Sense of Your Life, tentang 12 alasan mengapa Anda harus menulis, yaitu:
  1. Menulis membantu menemukan siapa dirimu,
  2. Menulis dapat membantu Anda percaya diri dan meningkatkan kebanggaan,
  3. Saat menulis, Anda mendengarkan pendapat unikmu sendiri,
  4. Menulis menunjukkan apa yang dapat anda berikan pada dunia,
  5. Dengan menulis, Anda mencari jawaban terhadap pertanyaan dan menemukan pertanyaan baru untuk ditanyakan                                                                               
  6. Menulis Meningkatkan Kreatifitas,
  7. Anda dapat berbagi dengan orang lain melalui kegiatan menulis,
  8. Menulis memberikan Anda tempat untuk melepaskan amarah/ketakutan, kesedihan, dan perasaan menyakitkan lainnya,
  9. Anda dapat menyembuhkan diri dengan menulis,
  10. Menulis memberi Anda kesenangan dan cara mengungkapkannya,
  11. Menulis membantu Anda lebih hidup,
  12. Anda dapat menemukan impian Anda dalam menulis

Mengapa setiap Orang yang bermimpi dan Menginginkan sesuatu sering kali tidak berhasil mencapainya? Barangkali banyak orang yang tidak benar-benar menjiwai impiannya. Apakah kita sudah Menjiwai Impian kita untuk segera menulis dan menerbitkan sebuah buku?

Rahasia #2
Ketika kita sudah memiliki Alasan yang Kuat Untuk menulis yang menjadi penghalang selanjutnya adalah kita bertanya pada diri kita. Salah seorang Guru SMA di Profinsi Bengkulu pernah bertanya kepada saya? Apakah saya Bisa? Nanti Jika di tolak penerbit bagaimana? Apakah tulisan saya layak terbit? Jika ditertawakan? Hal inilah yang menyebabkan kita sering kali memendam bakat dan potensi menulis yang mulai tumbuh, tetapi terkubur akibat keyakinan yang salah.

Anda Harus memiliki Keyakinan bahwa mengaraang itu gampang, asal tahu caranya, mengarang itu gampang asal kita rajin untuk berlatih. Satu Resep Rahasia saya dalam melaksanakan sesuatu adalah saya harus merasakan yakin terlebih dahulu, baru saya mampu dan tahu caranya. Bagaimana dengan Anda?

Rahaisa #3

Dalam buku Outliers karya Malcom Gladwell ada sebuah fakta menarik tentang kesuksesan.
“Gambaran yang muncul dari berbagai penelitian ini adalah perlunya latihan selama sepuluh ribu jam untuk memperoleh keahlian yang dibutuhkan demi menjadi seseorang ahli kelas dunia – dalam hal apa pun, “ tulis ahli saraf Daniel Levitin. “Dalam berbagai penelitian, terhadap komponis, pemain bola basket, penulis novel fiksi, pemain Ski Es, pianis konser, pemain catur, penjahat kelas kakap, dan  apa pun pekerjaan Anda, angka Ini selalu muncul berulang kali. Belum ada orang yang pernah menemukan seseorang menjadi ahli kelas dunia dengan waktu latihan yang sedikit….” 

Membaca pernyataan di atas tentu menambah keyakinan kita bahwa yang diperlukan untuk menjadi penulis itu adalah latihan yang banyak. Jika diperlukan 10.000 jam latihan untuk menjadi seorang yang ahli di dunia, kira-kira berapa jam yang diperlukan untuk menjadi seorang yang ahli di indonesia?

Menulis itu mudah? Itulah keyakinan saya. Saya sendiri berani mengatakan mudah, bukan karena saya sudah bisa, tapi karena saya melihat banyak orang bisa menulis, berarti keterampilan ini bisa dipelajari. Menulis adalah keterampilan? Betul. Sama seperti naik sepeda atau mengendarai mobil. Makin sering dilatih, makin lihailah kita.

Kembali kita bahas tentang menulis. Menulis itu tidak sepenuhnya tentang bakat akan tetapi, Menulis adalah keterampilan. Seperti penjelasan dalam kamus bakat alias talenta adalah kepandaian, sifat, dan pembawaan seseorang yang sudah dibawanya sejak lahir.   akan tetapi, jika bakat itu tidak pernah diasah dengan baik dan benar, maka orang yang  berbakat itu bisa dikalahkan dengan orang yang rajin dan tekun.

Tak ada bukti-bukti khusus bahwa seseorang bisa menulis dilihat dari wajah, jari-jari tangan, atau keturunannya. Tidak sama sekali. Menulis itu dipelajari. Sementara cara belajar setiap orang pasti berbeda-beda. Sebab, di sekolah sepakbola misalnya, orang belajar dengan pelatih yang sama, waktu belajarnya juga sama, di kelas yang sama. Buku panduan (jika ada) juga sama. Bayar biaya sekolah sepakbolanya pun sama. Tapi, kenapa ada yang menjadi bintang lapangan dengan keahlian yang di atas rata-rata pemain lain? Ini bukan bicara bakat, tapi latihan. Ronaldinho atau Cristiano Ronaldo, memiliki waktu khusus untuk menempa kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Berlatih lebih banyak dibanding pemain lainnya. Ini menjadi bukti bahwa keterampilan itu semakin diasah akan semakin bagus.

Rahasia ke tiga ini adalah Latihan. Sudah Siapkah anda Latihan?

Ketakutan Terdalam Kita adalah bukan karena kita tidak cakap. Ketakukan terdalam kita adalah kekuatan kita dalam mengukur. Kita bertaya pada diri sendiri siapa aku sehingga aku cerdas, hebat, berbakat, dan menakjubkan. Sebenarnya, siapa sebenarnya dirimu? Kita dilahirkan untuk membuat manifestasi kemuliaan Tuhan dalam diri kita dan begitu kita biarkan cahaya kita menyala, kita tanpa sadar berikan orang lain kesempatan untuk lakukan yang sama.

“Sesunggunya Allah Tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Q.S. Ar-Ra’du: 11)

Disampaikan dalam kegiatan Workshop Menulis Nasional "Menulis Itu Mudah" Bersama Donatus A. Nugroho (Raja Cerpen Indonesia), Agnes Majestika, Rio Saputra (Motivator dan Penulis) di Gedung LPMP Bengkulu.

Komentar

  1. orang bengkulu toh, salam kenal.. saya juga dari Bengkulu..

    BalasHapus
  2. Salam Kenal Juga. Terimakasih Sudah Berkunjung.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...