Jumat, 22 Agustus 2014

Mengatasi Motivasi yang Fluktuasi

Setiap manusia tentu akan mengalami masa turun dan naiknya semangat dalam mengarungi kehidupan, baik dalam pekerjaan dan belajar. Ketika mengalami masa jenuh itu seringkali kita bertanya,ada apa dengan diriku, bukankah dahulu aku seorang bintang kelas, tetapi kenapa ketika masuk kuliah semangatku menurun? Hingga akhirnya nilai kita selalu jatuh dan bekerja tanpa semangat karena telah sibuk dengan rutinitas.

Itulah sekelumit permasalahan yang banyak dirasakan oleh saudara-saudaraku Pembaca Buku “Setiap Orang Berhak Sukses” yang ada di seluruh Idonesia. Terimakasih atas partisipasinya, dan pertanyaan ini menjadi inspirasi bagi kita untuk mencari solusinya.  

Pertama, Kehilangan semangat adalah hal yang biasa terjadi, akan tetapi menjadi tidak biasa ketika kita berlama-lama kehilangan semangat untuk meraih tujuan yang kita impikan. Kata kuncinya bukan seberapa banyak  kita jatuh, tetapi seberapa sering kita untuk bangkit.  Kemampuan untuk segera bangkit adalah kunci para pemenang. Untuk membangkitkan semangat, salah satu resepnya anda bisa belajar dari masa lalu atau sejarah.

Kedua, Jadikan masa lalu sebagai pelajaran dan pemicu semangat untuk menyongsong masa depan yang cerah. Kenapa?? Karena tidak sedikit saudara-saudara kita yang terjebak untuk mengingat kejayaan masa lalu yang gembilang, baik berupa prestasi di sekolah, Prestasi di Tempat Kerja, ataupun Prestasi dalam kehidupan. Akhirnya kita lupa untuk belajar mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kita, apapun profesi kita saat ini. Jadi, sebenarnya jika kita memiliki masa lalu yang baik, jadikan itu sebagai pemicu bahwa Anda adalah orang yang SPECIAL dan terbukti mampu untuk BERPRESTASI. Yang perlu kembali diingat adalah apa sebab-sebab semangat dan motivasi itu muncul, apakah karena ketekunan anda, kegigihan anda meraih impian untuk melanjutkan sekolah atau perkerjaan, karena dekat dengan Orang tua, ataukah Karena Anda dekat dengan ALLAH.

Sekarang tugas kita, termasuk diri saya sendiri, mencari penyebab-penyebab itu baik dari pengalaman pribadi maupun orang lain,  lalu segera melakukan sebab-sebab itu. Karena dalam hidup ini Kejayaan dan kegagalan adalah sejarah yang terus berulang, di sinilah pentingnya kita belajar dari pengalaman. Begitu juga dengan negara kita yang seharusnya banyak belajar dari sejarah bangsanya sendiri. Saya yakin Anda Pasti Bisa. Loh, saya kan dari kecil belum menorehkan prestasi yang cukup membanggakan??? Untuk menjawab ini, ingatlah apa yang sebenarnya yang disebut dengan sukses yang sebenarnya.

Ketiga, Tetapkanlah Tujuan anda, jika sudah jagalah terus tujuan anda setiap saat. Ketika memulai aktifitas mulailah dengan tujuan yang jelas. Orang-orang yang kehilangan semangat dalam hidupnya biasanya faktor utamanya adalah kehilangan tujuan utama kenapa mereka hidup di dunia ini. Oleh karena itu, dalam Islam Sholat Wajib 5 waktu sehari semalam dilaksanakan agar kita dapat mempertahankan dan memperbaharui terus iman agar mudah dalam menjalani hidup di dunia ini karena kita tahu tujuan kita yang utama. Begitu juga kita sebagai seorang mahasiswa, pengusaha, pejabat, dan pekerja. Sebenarnya kita semua apapun profesinya bukti konkrit bahwa kita adalah orang-orang SUKSES. Apa contoh dan buktinya?? Diri anda sendiri adalah bukti bahwa Allah percaya kepada anda bahwa anda bisa mengemban amanah. Oleh karena itu, saudaraku, mari kita mengingat kembali tujuan atau motiv (niat) kita dalam melakukan perkerjaan.

Keempat, Carilah Lingkungan atau komunitas yang baik.  Tidak sedikit orang-orang yang dahulunya dikenal rajin, cerdas, dan memiliki semangat yang tinggi. Ketika memasuki lingkungan baru menjadi tidak bersemangat atau bahkan lebih buruk dari hari ke hari.

Satu Hal yang penting, Masalah Bisa Menghancurkan kita atau membuat kita semakin KUAT.

Terakhir, Mendekatlah ke Yang Maha Kuat. Karena Alloh SWT adalah Sumber Energi, Maha segala-galanya. ketika manusia menjauh dari Alloh di sanalah sumber kerusakan dan kehancuran manusia.



Terkhusus Untuk saudaraku kevin yang berada di salah satu PTN di Bandung yang bertanya melalui sms. maaf tidak bisa dijawab langsung via sms karena terlalu singkat. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...