Belajar Dari Kesalahan



Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi pertanyaan pentingnya sudah seberapa jauh kita belajar dari kesalahan. Bagi mereka yang bermental pemenang, kesalahan adalah pelajaran berharga. Mereka bisa mengambil inspirasi dan mencari cara yang lebih kreatif dalam mencapai tujuannya. Tapi bagi mereka yang bermental lemah, kesalahan merupakan siksaan karena tidak pernah mau belajar dari kesalahan dan terus menerus melakukan hal yang salah berulang kali.

Oleh karena itu, kita harus berkomitmen untuk belajar dari kesalahan-kesalahan kita, keluh kesah tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Jika kita selalu berkeluh kesah setiap tantangan hidup datang dalam kehidupan kita, maka ketahuilah kita akan ditakdirkan untuk mengulangi kesalahan-kesalahan kita di masa depan. 

Ketika kita sedang terhempas di tengah ombak, badai, angin yang keras menerjang, ingat bahwa tidak ada kegagalan dalam hidup. Yang ada hanyalah akibat. Ya, bukan situasinya, tapi sikap kita dalam menghadapinya yang super penting.

Ingatlah sebuah pribahasa mengatakan: kesuksesan adalah akibat dari penilaian yang baik, penilaian yang baik adalah akibat dari pengalaman, dan pengalaman seringkali adalah akibat dari penilaian yang buruk.

Untuk mempercepat proses itu, satu kata kuncinya BELAJAR. Dengan belajar kita bisa melipat waktu, tempat dan ruang. Bukankah di dalam AL-Qur’an sudah terdapat banyak pelajaran dari rahasia kegagalan umat-umat terdahulu dan rahasia kesuksesan, keberuntungan, keselamatan, kebahagiaan umat-umat terdahulu?

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.
(Q.S. Ali-Imran: 135)

Apakah yang telah Anda pelajarai dari kesalahan masa lalu yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kehidupan Anda hari ini?

Rabu, 7 Rabiul Akhir 1436 H
06.37 WIB/ di PN MS

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...