Kekuatan Untuk Tetap Fokus


Saya sering bertanya dengan diri sendiri, apa yang harus dilakukan seseorang agar memiliki fokus untuk menjadi orang besar, berhasil dalam bidang yang ditekuni, dan tentu untuk menjadi pemimpin yang efektif? Pertanyaan ini banyak sekali ditanyakan kepada saya. Saya melihat orang yang bisa mengerjakan banyak hal tapi kehilangan fokus. Hal ini pun pernah terjadi pada saya pribadi sebelum saya mengetahui RAHASIA atau kuncinya yang akan saya bagikan kepada pembaca yang hebat.

Tapi, janji ya, jangan dikasih tahu siapa-siapa? hehe. Rahasia ini hanya untuk mereka yang bersungguh-sungguh selalu melakukan perubahan sedikit-demi sedikit secara constan dalam hidupnya.

Kuncinya adalah PRIORITAS dan KONSENTRASI. Perhatikan dan baca ini baik-baik. Pelajar, Mahasiswa Guru, Pedagang, Pengusaha, Seniman, Tukang apa saja dan Pemimpin yang mengetahui prioritas yang harus dikerjakan tetapi kurang konsentrasi, hanya tahu apa yang harus dikerjakan tetapi tidak pernah bisa menyelesaikannya.

jika ia memiliki daya konsentrasi tetapi tidak ada prioritas, ia memiliki keunggulan tanpa kemajuan, tetapi, jika ia menggunakan keduannya, ia berpotensi mencapai hal-hal besar

Akan tetapi, jika ia menggunakan keduanya (Maksudnya Prioritas dan Konsentrasi) maka ia BERPOTENSI mencapai HAL-HAL BESAR.

Dalam perjalanan kehidupan dan pertemuan dengan berbagai macam profesi manusia (Pengusaha, Pelajar, Guru Besar, Pemimpin, dll) yang tampak berfokus kepada hal-hal kecil. Lalu pertanyaannya pentinya: bagaimana Kita harus memusatkan waktu dan energi? Hal ini sangat penting, karena banyak orang yang menghambat dirinya sendiri untuk menjadi hebat karena salah dalam memusatkan waktu dan energi yang dimilikinya.

Para Pejuang (apapun profesinya) kehususnya pemimpin efektif yang mencapai potensi puncak menghabiskan banyak waktu untuk berfokus pada apa yang dapat mereka kerjakan dengan baik ketimbang pada segala sesuatu yang keliru mereka kerjakan. Oleh karena itu, Sahabat saya yang hebat, supaya berhasil, berfokuslah pada kekuatan kita dan kembangkan kekuatan itu. Ke sanalah kita harus mencurahkan waktu, energi, dan sumber daya.

Inilah yang saya lakukan beberapa tahun yang lalu. Saya memutuskan untuk larut dan antusias dengan ilmu. belajar dan mengajar adalah aktivitas utama dalam kehidupan saya pribadi. dan itu terbukti ampuh dalam mempengaruhi pekerjaan saya, baik dalam memimpin dan bersinergi dengan orang lain.

Jika ada satu kata yang sangat paling jitu dalam meraih keberhasilan. bagi saya kata itu adalah Tumbuh. Pertumbuhan sama dengan perubahan. (silahkan baca tulisan saya yang berjudul perubahan adalah keniscayaan). Jika kita ingin menjadi lebih baik, Anda harus selalu berubah dan meningkat. itu berarti kita harus keluar menuju bidang-bidang baru yang kita takuti karena merasa sudah berada dalam zona nyaman.

Jika kita mendedikasikan waktu pada hal-hal baru yang berkaitan dengan bidang kekuatan Anda, maka Anda akan bertumbuh sebagai orang besar (Apakah dalam kepemimpinan, dan bidang lainnya). Tapi jangan lupa, apapun profesinya, jika Anda berhenti bertumbuh, maka habislah kita. karena dunia terus berubah, oleh karena itu kita harus memiliki kesadaran penuh untuk terus tumbuh.

Dalam kehidupan tidak seorang pun dapat menghindari bekerja di bidang yang menjadi kelemahannya. Apakah Anda merasakan hal yang demikian? lalu bagaimana solusinya? Kuncinya adalah meminimalkan hal itu, dan para pemimpin dapat melakukannya melalui pendelegasian. ini menjadi penting, karena dalam pengalaman berorganisasi, saya melihat seorang pemimpin memaksakan dirinya untuk mengerjakan segala sesuatunya sendirian. alasannya, agar lebih sempurna. Tentu ini menjadi tidak baik dan sehat.

Sebagai contoh sederhana, saya mendelegasikan tugas-tugas yang membutuhkan detail kepada orang lain. misalnya dalam pembuatan buku. Saya hanya fokus ke Kontens (Isi) sedangkan Layout, Cover, Gambar, ISBN dan lain-lain saya serahkan kepada mereka yang ahli, tentunya melalui persetujuan jika naik cetak. Dengan cara itu, saya membatasi diri pada hal-hal terbaik yang dapat saya kerjakan.

Putuskan dan Tetapkan Prioritas Anda dan

Fokuslah pada Kekuatan Anda Pada Hari ini.


di Surga Dunia,

Megamendung, Puncak Bogor,
18 Rabiul Awal 1436 H/ 06.00 WIB

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...