Great People, Great Mind


Dalam keseharian, kita selalu bertemu dengan lingkungan sosial yang dihuni oleh beragam jenis orang, dengan beragam sifat dan kehendaknya. Ada yang saling peduli satu sama lain, ada pula yang bahkan sama sekali tak tahu perkembangan di sekitarnya. 

Maka tak heran, jika di satu sisi kita melihat banyak orang yang bisa menginspirasi orang lain-seperti yang sering kita dalam berbagai seminar-namun disisi lain kita juga tak jarang melihat kelakuan orang yang bahkan lebih rendah dari prilaku hewan.

Padahal, sejatinya kita tercipta sebagai manusia sudah tentu punya budi pekerti, punya pikiran, punya perasaan. Semua itu adalah karunia yang diberikan Sang Pencipta dengan tujuan. Itulah mengapa, setiap orang pasti hidup dengan tujuan dan manfaat masing-masing. Namun, sebagaimana hukum keseimbangan, semua tercipta berpasang-pasangan. Sehingga, tak heran juga, meski dikarunia dengan segala kebaikan, selalu saja ada yang negatif di antara yang positif, selalu pula kita dapati berita sedih di tengah banyak warta gembira, pun demikian halnya, selalu ada pula penjahat di tengah banyaknya pahlawan yang berjuang demi kebaikan.

Lantar, dimana posisi kita di tengah masyarakat? Kita sendirilah yang bisa mengukur, menghitung, dan mengendalikannya. Di sini, kekuatan pikiran dan perasaan menjadi penentu dari berbagai tindakan yang muncul. Namun, yang juga harus kita pahami bersama adalah bahwa pikiran pun pasti punya tujuan berbeda-beda. Sehingga, meski sebuah pikiran negatif yang muncul pun, sebenarnya pasti ada alasannya.

Sebenarnya sudah banyak teori-teori yang menjelaskan kekuatan pikiran. Banyak pula kajian dan seminar yang membuka ranah kesadaran tentang kekuatan yang konon bisa mengubah nasib manusia itu. Tetapi, toh ternyata, yang berani (baca: berubah) menjadikan itu sebagai dasar tindakan, tetap saja hanya bisa dihitung dengan jari. 

Pikiran adalah anugerah Tuhan yang paling besar dan paling terindah. Dengan memahami cara bekerja dan mengetahui bagaimana cara mendayagunakan kekuatan pikiran, kita dapat menciptakan hal-hal terbaik bagi kehidupan kita. Dengan melatih dan mengembangkan kekuatan pikiran, selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan kreatif kita meningkat, juga secara bertahap kecerdasan emosional dan bahkan kecerdasan spiritual kita akan bertumbuh dan berkembang ke tataran yang lebih tinggi.

Semua dari kita berhak dan memiliki kekuatan untuk mencapai kehidupan yang berkelimpahan dan memperoleh hal-hal terbaik dalam kehidupannya. Semuanya ini adalah produk dari pilihan sadar kita, berdasarkan keyakinan kita, dan bukan dari produk kondisi keberadaan kita di masa lalu dan saat ini. Sebagaimana dikatakan oleh Jack Canfield dalam bukunya The Power of Focus, bahwa kehidupan tidak terjadi begitu saja kepada kita. Kehidupan adalah serangkaian pilihan dan bagaimana kita merespons setiap situasi yang terjadi pada kita.
Jadi, apa pun yang kita lakukan saat ini, apapun yang kita impikan untuk masa mendatang, semua kembali pada diri sendiri. Siapkah kita untuk menjadi great people dengan great mind dan great heart? Jawaban itu kita sendiri yang bisa mengatakannya.

Keep Always Positive and Be Happy

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...