Lillah Vs Lelah


Setiap orang pasti merasakan lelah, apalagi dalam beberapa hari ini saya harus melalakukan Regional Meeting se-sumatra di Bandar Lampung. Kembali bertemu dengan orang-orang hebat, tidak sedikit yang Profesor, Guru Besar, Dosen, Guru, dan Pengusaha. Mungkin saya adalah peserta termuda yang ikut pertemuan itu. Ini merupakan Anugrah dan amanah yang harus saya lakukan dengan sebaik-baiknya.

Dalam setiap perjalanan kehidupan saya, saya selalu berusaha memantau niat kenapa saya melakukan sesuatu. Setiap nama baik, perjalanan ke sana kemari, berusaha untuk terus konsisten melakukan hal yang bermanfaat untuk orang banyak, bertemu dengan orang-orang hebat, saya khawatir terjadi penyimpangan niat atas apa yang saya lakukan.

Bukankah semua manusia dalam bahaya kecuali yang beramal. Semua yang beramal dalam bahaya kecuali yang amalnya  soleh (Bermanfaat). Semua yang beramal sholeh pun dalam bahaya kecuali yang tulus, tanpa pamrih, yang merasa tulus pun masih dalam bahaya karena riya dan pamrih mengalir dalam diri manusia bagaikan darah di dalam tubuh.

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan (Ikhlas) kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus,...(Q.S. Al-Bayyinah: 5)

Oleh karena itu, tidak ada obat yang lebih ambuh dalam kelelahan kecuali ikhlas. Setiap aktifitas yang lillah (Karena Alloh), In Shaa Alloh mengurangi rasa letih dan lelah yang kita rasakan. Orang yang berbuat karena Alloh in shaa Alloh selalu ada alasan untuk bertahan, bersabar, bersyukur, hingga kakinya menginjak surga. dan semoga, semua kelelahan kita yang digunakan untuk Alloh, bernilai pahala dan menghapuskan dosa-dosa kita.Tetapi, jika kita berbuat selain untuk Alloh, maka hasilnya lelah di dunia dan merugi di akhirat.

Semoga Hari ini kita tetap semangat berkarya dan menebar manfaat untuk orang banyak. Dan jangan lupa olahraga. Karena seorang muslim yang baik harus mengolah dengan baik seluruh potensi yang telah Alloh anugrahkan, Olah Akal, Olah Jiwa, Olah Raga, Olah Nafas, dan Mengolah yang lainnya termasuk fisik kita. 



Ahad, 10 Jumadil Awal 1436 H/ 1 Maret 2015 M
Bandar Lampung, Pkl. 07.15

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...