Apakah Saya Benar-Benar Dapat Diajar?

Semangat Mencari Kebenaran
Banyak orang yang sibuk bertanya dan mencari cara bagaimana cara belajar yang baik, bagaimana meningkatkan motivasi belajar anak, siswa, pelajar, mahasiswa, karyawan, dan manusia, tapi pernahkah kita mencoba bertanya apakah saya benar-benar dapat diajar?

Hari ini saya belajar hal yang berharga bahwa semua nasihat baik yang ada di dunia ini tidak akan dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki semangat untuk dapat diajar.

Tidak sedikit orang yang semangat dalam belajar, tapi sulit diberikan pengajaran orang lain. Menutupi diri dari nasehat, petunjuk, arahan, walaupun mereka yang mengajar terkadang lebih muda umurnya.

Untuk mengetahui apakah Anda benar-benar bersikap terbuka terhadap ide-ide baru dan cara-cara baru dalam mengerjakan sesuatu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini:


1. Apakah saya bersikap terbuka terhadap ide-ide orang lain?
2. Apakah saya lebih banyak mendengarkan daripada berbicara?
3. Apakah saya bersifat terbuka untuk mengubah pendapat saya berdasarkan informasi baru?
4. Apakah saya siap mengaku ketika saya salah?
5. Apakah saya mengamati terlebih dahulu sebelum bertindak pada situasi tertentu?
6. Apakah saya suka bertanya?
7. Apakah saya bersedia mengajukan pertanyaan yang akan mengungkapkan ketidaktahuan saya?
8. Apakah saya terbuka untuk melakukan hal-hal dengan cara yang tidak pernah saya lakukan sebelumya?
9. Apakah saya bersedia meminta pengarahan?
10. Apakah saya bersifat defensif ketika dikritik, atau mendengarkan kebenaran itu dengan hati terbuka?

Jika anda menjawab tidak pada satu atau lebih pertanyaan-pertanyaan ini, Anda masih memiliki peluang untuk bertumbuh dalam bidang dapat diajar. Saya jadi ingat kata JW: “Segala sesuatu yang kita ketahui, kita pelajari dari orang lain’

Buka hati, Buka Pikiran, Belajarlah rendah hati, dan Tetaplah bersikap selalu ingin menerima kebenaran dan pelajaran hari ini. Dari siapa pun orangnya dan apapun status sosialnya.

"..Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku Ilmu pengetahuan" (Q.S. Thaha: 114)

Bengkulu, 17 Jumadil Awal 1436 H

Komentar

  1. tidak semua orang dapat belajar dengan mudah tapi ada sebagian orang yang terus berusaha belajar walau itu rumit, kata-katanya bagus

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Kunjungan dan Komentarnya Mbak Martinah. Tanggapannya saya sudah saya jawab melalui tulisan tentang Menerima Nasehat.

    Secara Umum ada dua jenis tipe manusia dalam menerima nasehat. tapi, hanya orang yang bersungguh-sungguh dan memiliki kesadaran tinggilah yang dapat memetik pelajaran dalam hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...