Bersabar dan Sholat

Sahabat adakah dari kita yang tidak pernah memiliki masalah? Alloh swt sungguh Maha Mengetahui segala isi gejolak hatimu, apapun yang terlintas dalam pikiran dan jiwamu. Dengan Kasih dan sayangnya Dia memanggil orang-orang yang beriman dengan panggilan mesra. 

Tapi sayang, banyak orang yang tidak menyadari kecintaan dan perhatian Robbnya kepada dirinya yang penuh hina ini. tidak kita merasakan kebahagiaan, bahwa kita hamba dengan segala keterbatasan diajak dialog dengan Robb yang menciptakan seluruh alam semesta.

Jika kita merasa punya masalah dan problem tidak perlu khawati jika kita tidak memiliki uang yang banyak untuk pelesir ke berbagai belahan dunia. Karena kebahagiaan dan jalan keluar itu sangat dekat.


"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Alloh) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S. Al-Baqoroh: 153)

Mari kita menarik pelajaran sejenak dari ayat di atas :

Alloh swt memanggil kita orang-orang yang beriman. Pertama, Agar kita tidak pernah putus asa (harapan) dalam menghadapi kehidupan ini. kehidupan kadang memang terasa berat, kadang ringan. Ada susah ada gembira. Ada nikmat, ada musibah. Ada sakit dan ada sehat. Ada yang lahir dan ada yang mati. Maka jika kita mendapatkan kegembiraan jangan sampai lalai, dan yang bersedih jangan sampai putus asa. Jika kita kehilangan sesuatu yakinlah, bahwa Zat yang pernah memberi kita nikmat masih hidup dan akan terus hidup dan bisa memberi kita jauh lebih banyak dan baik.

Kedua, kita hendaknya selalu minta pertolongan kepada Alloh dan hanya kepada-Nya saja. Jika kita terlalu berharap dengan manusia ketahuilah, bahwa mereka sama-sama makhluk yang membutuhkan pertolongan dan bantuan Alloh. Kenapa kita tidak langsung minta pertolongan ke sumbernya. Sebagaimana ikrar kita dalam suroh Al-fatihah : “Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami  mohon pertolongan.” Kegembiraan atau kesusahan jangan sampai membuat kita menyekutukan  Alloh dengan yang lain. Yang masih saya ingat dari prinsip keluarga kami apapun yang terjadi “Alloh dulu, Alloh lagi, Alloh terus”.

Ketiga, Alloh memberintahkan kita agar kita selalu bersabar. Bersabar dalam menjalankan kebaikan dan semua perintah-perintah-Nya. Bersabar dalam meninggalkan keburukan dan semua larangan-Nya. Dan,  bersabar dalam menghadapi musibah yang menimpa kita. termasuk, kita harus bersabar dalam menghadapi tantangan, rintangan, berbagai ujian dan cobaan dalam hidup yang selalu saja datang silih berganti. Dengan cara bersabar inilah kita mohon pertolongan kepada Alloh.

Keempat, dirikan Sholat. Sholat adalah cara yang paling efektif bagi kita untuk berhubungan dengan Alloh. Dengan sholat inilah apapun bisa kita minta kepada Alloh. Yang memiliki hajat, silahkan siang atau malam, pagi atau sore, kapan saja, untuk memohon kepada Alloh dengan sholat. Ada sholat wajib dan ada sholat sunnah yang disyariatkan kepada kita. Sholat wajib, memang terbatas rakaat dan waktunya, tapi sholat sunnah sungguh sangat luas sekali.

Kelima, kembali Alloh menegaskan bahwa Dia beserta orang-orang yang sabar. Siapa yang selalu bersabar di jalan Alloh, niscaya Alloh selalu memberikan pertolongan kepadanya. Dan Alloh pasti tidak akan menyianyiakan orang yang bersabar. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (Az-Zumar:10)

Untukmu yang merindukan pertolongan dan Cinta-Nya
Semoga Alloh selalu melapangkan dada kita dengan Cahaya-Nya

Bengkulu, 17 Jumadil Akhir 1436.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...