Mengakses Kondisi Mental

Saya ingin memulainya dengan bertanya kepada Anda, Pernahkah Anda melakukan sesuatu dan berpikir setelah itu, “Kenapa aku melakukan hal yang sangat buruk dan memalukan itu? Bodoh sekali. Atau sebaliknya, pernahkah Anda melakukan sesuatu kemudian mengatakan pada diri Anda sendiri, “ternyata saya bisa, Luar Biasa, Mengagumkan! Bahkan Anda sampai heran bagaimana mungkin aku melakukan itu?

Sebagai orang yang biasa berkecimpung dalam dunia pendidikan, pelatihan, dan sering berinteraksi dengan pejabat, karyawan, pedagang, pengusaha, mahasiswa, pelajar, dan  anak-anak di rumah serta masyarakat. Saya selalu bertanya Apa yang menentukan perbedaan antara seseorang yang bertindak buruk atau brilian? Apakah ini karena tingkat kecerdasaannya? Saya yakin amat jarang ia hanya merupakan hasil dari kemampuan Anda. Lalu apa?

Pernahkah Anda melihat, mendengar, atau merasakan pada diri Anda sendiri bahwa Tidak sedikit orang yang memiliki cacat fisik tetapi memiliki prestasi yang luar biasa di bidang menghafal Al-Qur'an, olahraga, sendi, menulis dll. Tapi ada juga orang yang sempurna, tubuhnya, tetapi tidak memiliki daya untuk mengubah kehidupannya sendiri. 

Salah satu jawaban yang saya dapatkan hingga hari ini adalah semua tindakan buruk dan brilian adalah kondisi pikiran dan hati Anda. Sehingga jika kondisi Pikiran dan hati itu baik maka dia akan bersinergi dengan tubuh Anda dalam waktu yang bersamaan akan membentuk cara Anda berpikir, merasa, berprilaku dan melakukan pekerjaan.

Bagaimana dengan kondisi pendidikan kita di keluarga, sekolah, kampus, dan lembaga pendidikan yang ada sekarang? inilah hal yang cukup merisaukan, semakin orang belajar bukannya tambah bahagia, tentang dan baik, tetapi semakin menjadi cemas, takut dan gelisah.

Oleh karena itu, Inilah rahasianya, jika Anda mengetahui rahasia mengakses kondisi mental atau emosional Anda yang paling kuat, maka Anda dengan izin-Nya dapat melakukan sesuatu dengan cara yang mengagumkan.

Hal ini selalu saya terapkan ketika saya ingin mulai belajar sesuatu yang baru, salah satunya menulis ketika itu. Saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia tulis menulis, hingga hari ini pun saya selalu memperbaiki metode, cara, dan jam terbangnya. Tetapi yang terpenting bagaimana, saya meyakini bahwa saya bisa membuat perbedaan, bersinergi dengan-Nya dalam memberikan pencerahan kepada umat manusia.

Niat adalah kata kunci bagi saya, pastilah kita mengerti tentang esensi niat. Innamal a'malu binnyyat... sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya.

Luruskan niat, ikhlaskan hanya mengharap Ridha-Nya. Dengan itu, hati akan tenang dan bersih. Insya Allah, engkau akan tertuntun untuk menulis, belajar, bekerja dalam perkara yang baik dan bermanfaat. Untuk kehidupan akhiratmu dan orang lain.Oleh karena itu, ketika membaca sejarah peradaban manusia, ketika iman dan islam sudah mengalir dalam darah seseorang, bersatu dan melebur bersama denyut nadi dan nyawa mereka. Maka muncullah sosok-sosok yang sangat Luar Biasa dalam menorehkan tinta emas peradaban.

Betapa banyak karya sederhana menjadi besar karena niat pelakunya, dan betapa banyak karya besar menjadi kecil karena niat pelakunya.

Luruskan niat, dan bertakwalah kepada Allah maka Allah akan mengajarimu, insya Allah.
Ingin Mengobrol dengan saya silahkan follow di twitter:@riosaputra0 atau Facebook

Bengkulu, 25 Jumadil Awal 1436 H
Rio Saputra

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...