Ramadhan Memanusiakan Manusia


Dengan nama Alloh yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Alhamdulillah, ini hari pertama kita memasuki bulan suci ramadhan 1436 H. Dengan rahmat-Nya kita bisa berjumpa dengan bulan yang penuh kemuliaan. Semoga di bulan ini kita memiliki tekad yang kuat, semangat yang berobar-kobar untuk menjadi Hamba Alloh yang meraih peredikat Takwa.

Sahabat, salah satu Fungsi Ramadhan adalah bulan latihan. Latihan apa? Latihan menjadi manusia yang seutuhnya. Karena kita lihat hari ini di berbagai media sosial, televisi, koran, berbagai keburukan, korupsi, pembunuhan, perkelahian, kemaksiatan terjadi di mana-mana. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena manusia ada yang berubah menjadi setengah manusia atau setengah hewan. Prilakunya tidak mencerminkan kemuliaan yang telah Alloh berikan kepada mereka.

Pertanyaannya, lalu seperti apa dan bagaimana menjadi manusia yang seutuhnya? Manusia yang seutuhnya adalah manusia yang mampu menundukkan hawa nafsunya sesuai dengan petunjuk Alloh swt.

Ketika manusia tidak hidup berdasarkan petunjuk Alloh swt ketika itulah kita (perilaku) seperti binatang, bahkan lebih sesat dari binatang. Betapa banyak manusia yang dipandu oleh hawa nafsunya dalam hidup, sehingga nafsunya menjadi Tuhan bagi dirinya dan ia menjadi Hambanya.

Lalu indikasi keberhasilan ramadhan (Menjadi manusia seutuhnya) ?

kenal kepada Alloh

Adakah manusia yang tidak membutuhkan Alloh? Apapun jawaban Anda, pada akhirnya manusia pasti membutuhkan Alloh, bahkan di detik-detik terakhir seperti yang pernah dialami firaun.

Apa tanda manusia kenal kepada Alloh?

Manusia merasa diawasi oleh Alloh swt. Setiap gerak geriknya, perkataan, tingkah lakunya selalu diawasi Alloh swt baik dikala sepi maupun ramai. Sehingga perasaan itu menjaganya dari melakukan sesuatu yang dibenci dan dimurkai Alloh swt.

Saya ingin bertanya kepada Anda, kenapa di negara kita banyak kasus korupsi? Karena banyak pejabat yang tidak kenal Alloh swt. Belum lagi, penggunaan narkoba, perzinahan, dan kasus kasus lainnya.

Orang yang kenal kepada Alloh tentu ketika Adzan, ia bersegera memenuhi pangilan Alloh swt. Karena orang yang mengenal Alloh tahu sekali maunya Alloh dan ia akan berusaha semampunya untuk menyeyangkan Sang Penciptanya.

Mari kita jadikan ramadhan sebagai bulan latihan menjadi manusia yang benar. Karena ramadhan memanusiakan manusia. Apapun dosa dan kesalahan yang telah Anda perbuat, mari kita bertekat untuk melakukan revolusi besar-besaran dalam diri kita. in Shaa Alloh ramadhan adalah sarana yang sangat efektif sebagai momentum perubahan diri dan bangsa ini agar menjadi lebih baik.

Mari kita buat program selama bulan ramadhan. Puasa, Baik sholat 5 waktu berjamaah di masjid, membaca Al-Qur’an, menerungi isinya, menghafalnya, mengamalkannya, sedekah, belajar ilmu agama, Qiyam Ramadhan, doa dan dzikir pagi dan petang yang diajarkan Rosululloh, dan ibadah-ibadah lainnya.

Semoga Alloh memberikan kita kekuatan untuk melaksanakan ibadah di bulan suci ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

Menjelang Dhuha, 1 Ramadhan 1436 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...