Cinta yang membawa berkah


Dengan Nama Alloh Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Kali ini kita akan membahas tema yang sangat krusial dan diketahui betul oleh para pemuda dan pemudi di seluruh belahan dunia, yaitu cinta. Ada yang mengatakan cinta itu buta, sehingga orang yang jatuh cinta sulit sekali mendapatkan nasehat dari orang lain. Oleh karena itu, saya berusaha sangat hati-hati dalam membahas tema ini.

Bagaimanakah agar cinta yang kita miliki membawa keberkahan dalam kehidupan di dunia dan terlebih di akhirat? mungkin kita sering mendengar pendapat dari berjuta-juta manusia tentang cinta, khususnya ketika memilih pasangan hidup.

Kali ini mari kita mencoba menggali di telaga yang jernih, yang tidak terkontaminasi dengan syahwat apalagi nafsu semata. yang tidak melihat hanya dari satu sisi,  Mari kita renungkan sebuah hadis dari manusia terbaik di dunia Nabi Muhammad SAW.


“Wanita dinikahi karena empat hal : karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka beruntunglah kamu dengan wanita yang kuat agamanya. Kalau tidak (baik agamanya), maka celakalah kamu." (HR. Bukhori dan Muslim)

Pelajaran yang bisa diambil :

Pertama, Jadikan agama sebagai dasar pilihan, baru hal yang lain.

saya memahami Pemuda dan pemudi sekarang lebih suka dengan orang yang tampan dan cantik. tidak melihat agamanya, apakah ia rajin sholat, tidakkah kita merenungkan bahwa sang suami bertanggung jawab membawa rumah tangga yang akan dibangun hingga di surga nanti.

Kedua,  Pentingnya pembekalan agama. Baik orang tua (calon orang tua) dan anak.

Khususnya untukmu wahai saudariku, pilihlah calon pendamping yang memiliki bekal agama yang baik. karena ia akan menjadi imam. sedangkan untukmu saudaraku, jika pun tidak mendapatkan perempuan yang baik agamanya, masih bisa dididik agar selalu tumbuh dan berkemban keimanannya dan ilmu terkait agama. karena pada dasarnya, tidak ada yang sempurna. oleh karena itu, teruslah berproses dan bertumbuh tiada akhir.

Kepada para pemuda dan pemudi alangkah baiknya sejak sekarang lebih giat belajar, khususnya mempelajari agama. karena ketika Anda sudah berkeluarga, waktu anda akan tersita dengan pekerjaan dan berbagai kesibukan yang lain, sehingga semakin sedikit waktu untuk belajar.

Ketiga, Pelihara, jaga dan usahakan Anda memiliki harta, kedudukan dan jasmani yang prima.

Keempat, Landasi cinta, persahabatan dan hubungan dalam agama.

Betapa banyak rumah tangga yang kandas bukan karena kekurangan materi, tetapi karena kurangnya pengamalan agama sehingga sering terjadi pertikaian sehingga pada akhirnya terjadi keretakan dan akhirnya pecah. oleh karena itu, Persahabatan dan hubungan Rumah Tangga harus dibangun dalam landasan agama, bukan kecantikan atau ketampanan, atau kekayaan dan kemiskinan, apalagi kedudukannya, karena semuanya itu sementara.

Kelima, wanita atau laki-laki yang misikin beragama dengan baik, adalah lebih utama dibanding dengan laki-laki atau wanita cantik yang tidak baik agamanya.

Keenam, Kekayaan, ketampanan, kedudukan dan kecantikan bisa justru membinasakan bila tidak didasari agama.

Kegelisahan pasangan suami istri hari ini, pasti bermuara dari kurangnya pemahaman dan pengamalan agama dalam rumah tangga. Jika Anda memiliki pasangan yang beriman kepada Alloh swt tentu dia tidak akan berani bermaksiat di luar rumah, karena yang ia takuti bukan Anda, tapi kecintaannya kepada Robb-Nya sehingga ia malu atas cinta dan rahmat Alloh yang mengalir begitu banyak, termasuk memiliki Anda sebagai pasangannya. sehingga ia selalu takut menghianati Alloh sebagai Robbnya.

Ketujuh, tidak terlarang menikahi wanita yang cantik, kaya, dan terpandang asal memiliki agama yang baik.

Kedelapan, jangan mengikuti sesuatu atas dasar kebanyakan manusia melakukannya, karena itu belum tentu benar.

Kesembilan, hendaklah seseorang lebih mengutamakan kepentingan ataupun keuntungan yang bersifat jauh ke depan dan abadi, daripada kepentingan yang bersifat cepat, pragmatis tapi cepat sirna.

Kesepuluh, banyak orang yang menjadkan agama ukuran terakhir, padahal Agama seharusnya menjadi ukuran utama dan pertama.

Semoga Keselematan, rahamat dan barokah Alloh selalu menyertaimu.
Semoga Cintamu, Cinta yang membawa berkah hingga ke Surga.

Gambar: Google

Sahabatmu,
Rio Saputra


Rumah Pencerahan, 1 Dzulhijjah 1436 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...