Rabu, 30 September 2015

Kekuatan Afirmasi Vs Pertanyaan

Pernahkah Anda mendengar kata afirmasi? Bagi Anda yang sering ikut training alias pelatihan kata afirmasi pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Sebagai seorang yang konsen di bidang pengembagan sumber daya manusia saya melihat terdapat perbedaan besar antara sebuah afirmasi dan sebuah pertanyaan. Apa kekuatan pertanyaan? Mungkin ini yang jarang dibahas, karena biasanya kualitas pertanyaan Anda adalah kualitas hidup Anda.

Mari kita mengambil contoh apa perbedaan Kuatatan afirmasi dibandingkan dengan kekuatan pertanyaan. Anda dapat saja mengulangi afirmasi seperti “ saya sukses, saya pasti bisa, saya bahagia, dll” terus menerus mengucapkan kata-kata itu sepanjang hari. Akan tetapi, dalam pengamatan saya di lapangan hal itu cenderung belum menghasilkan kondisi kepastian yang sama sebagaimana pertanyaan menguatkan seperti “Apa yang saya syukuri hari ini? apa yang membuat saya bahagia? jika saya ingin merasakan kebahagiaan saat ini juga apa kira-kira yang membuat saya bahagia? bagaimana hal itu akan mempengaruhi perasaan saya?”

sekarang coba pertanyaan-pertanyaan di atas Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri? Apa yang Anda rasakan? Coba bandingkan kekuatannya dibandingkan dengan hanya mengucapkan afirmasi tanpa mengajukan pertanyaan kepada diri Anda. 

Jika Anda merasakan hal yang luar biasa dan hal itu membangkitkan semangat Anda, itu karena pertanyaan mengarahkan Anda dan membuat Anda bangkit dengan alasan yang sesungguhnya dan mengikat untuk merasakan emosi tersebut. oleh karenanya, daripada kita hanya mengucapkan afirmasi, bukannya tidak boleh, tetapi akan lebih baik Anda memperbaiki kualitas pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan kepada diri Anda sendiri, Anda akan merasakan dan mengalami perubahan kondisi emosional yang sesungguhnya sesuatu yang nyata dan tentunya yang akan bertahan lebih lama.

Saya biasakan melakukan hal ini, ketika ada situasi-situasi yang sulit dan terjepit. Alhamdulillah setelah saya sholat dan berdoa, lalu dilanjutkan merenung sejenak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang positif dan berkualitas saya semakin yakin sekenario Alloh swt jauh lebih baik dari perencanaan kita.

Semoga Hari ini kualitas hidup kita semakin membaik. Semoga Keselamatan, Rahmat, dan Barokah dari Alloh SWT selalu menyertai kita semua.

Bengkulu, 16 Dzulhijjah 1436 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...