Bagaimana Mengukur Mental Sukses Kita



Kebanyakan orang hari ini hanya mampu mengukur berapa IQ seseorang, diagnosis otak kiri dan otak kanan. Padahal, penelitian ilmiah membuktikan IQ hanya berperan 6-20 % terhadap kesuksesan seseorang. Sedangkan 80% sisanya adalah Kecerdasan Emosional dan Spritual. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana kita mengukur sikap/mental sukses kita?

Untuk menjadi orang sukses, harus mempunyai mental orang sukses. Pertama-tama adalah mengenai impian atau cita-citanya. Orang sukses akan mempunyai impian/cita-cita yang besar, berbeda dengan orang biasa yang hanya mempunyai impian yang sederhana dan mudah diraih.

Hal ini penting karena impian/cita-cita tersebut yang menggerakan hidup kita, menyemangati kita untuk maju, memotivasi kita untuk berusaha mengejar impian/cita-cita tersebut.
Akan tetapi bila impian/cita-cita tersebut tidak bisa menyemangati kita untuk lebih maju, berarti itu bukan impian/cita-cita melainkan hanya lamunan.

Buka seluas-luasnya pandangan kita ke dunia ini, apa yang kita inginkan atau kebaikan apa yang ingin kita perbuat. Jadikan hal tersebut impian/ cita-cita Anda dalam hidup ini. jangan sampai karena kitahanya berkubang di lingkungan kita saja sehingga tidak bisa melihat dunia ini sebenarnya. Seperti halnya ikan yang ada di dalam akuarium tidak akan mempunyai pandangan yang sama luasnya dengan ikan yang ada di dalam samudera.

Mental sukses kedua adalah Tidak takut gagal. Selama ini di sekolah, di lingkungan kerja, atau keluarga; kita diajarkan supaya tidak pernah gagal tetapi tidak pernah diajarkan cara untuk mengatasi kegagalan. Hal ini yang menyebabkan kita menjadi takut gagal, takut rugi, takut salah, dll. Yang pada akhirnya menyebabkan kita memilih diam tetapi tidak pernah gagal daripada berusaha maju dengan resiko gagal.

Intinya kita mungkin saja pernah gagal atau mungkin juga mengalami kegagalan tetapi kita harus bisa bangkit berusaha lagi. Sekarang, semua orang sukses yang namanya terukir dalam sejarah, hidupnya dahulu juga diwarnai oleh kegagalan-kegagalan sementara, tetapi karena sikap pantang menyerah mereka, akhirnya mereka bisa sukses.

Semoga bisa membangkitkan semangat kita pagi ini untuk memberikan yang terbaik dalam hidup hingga kita bertemu  Sang Pencipta.


Bengkulu,  5 Safar 1437 H
Jabat Erat dan Salam Sukses

Rio Saputra

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...