Bagaimana Menemukan Keahlian dan Potensi Diri yang Harus Anda Kembangkan?


Salah satu penyebab kebanyakan orang tidak bahagia hari ini karena pekerjaan yang mereka lakukan tidak sesuai dengan visi dan misi hidupnya atau tidak tahu jelas misi dan visi hidupnya untuk apa. Apakah Anda pernah merasakannya? Atau Anda sedang mengalaminya saat ini? 

Saya pernah bertemu dengan seorang Ibu dalam sebuah Sesi Pelatihan, dia berkata “Mas Rio, sebenarnya selama 20 tahun saya sangat tersiksa, karena saya mengerjakan pekerjaan yang tidak saya cintai, tapi mau gimana lagi karena demi uang saya harus memendam perasaan ini”

Pertanyaan saya, apakah orang seperti ini akan berprestasi dalam karirnya? Tentu tidak, banyak orang yang hanya bekerja sekedarnya saja, hanya untuk mendapatkan uang, tanpa prestasi. Kenapa? Karena kehilangan gairah atau kehilangan visi dan misi hidupnya.

Di luar sana, banyak orang telah menyadari berbagai macam pekerjaan selama berpuluh tahun baru mulai menyadari jenis pekerjaan yang sesuai dengan visi dan misi hidupnya. Mereka memerlukan experience (pengalaman) yang panjang untuk menyadari pekerjaan yang cocok, tidak jarang juga setelah tahu mereka membutuhkan bertahun-tahun lagi untuk mengumpulkan keberanian terjun ke dalam profesi barunya.

Ini bukan hanya soal pekerjaan, lima hari yang lalu ketika di undang ngisi di radio di Kota Bengkulu. Saya mendengar hal yang sama, seorang mahasiswa dipaksa masuk jurusan oleh orang tuanya dan tentu itu sangat menyiksa baginya. 

Kabar gembiranya,Anda tidak perlu pengalaman berpuluh-puluh tahun untuk mengetahui Potensi dan keahlian yang harus Anda kembangkan. Satu-satunya jalan pintasnya adalah dengan belajar dan memiliki mentor atau coach yang dahsyat.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menemukan passion (gairah) dalam bekerja atau belajar? Menemukan bidang yang akan Anda tekuni? Tenang saja, belum ada kata terlambat. Untuk Anda yang masih muda Anda bisa mengikuti dan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.
 
Apabila anda masih bingung menentukan expert (keahlian) apa yang ingin Anda kembangkan, ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama, Mulailah dengan mendaftar semua kegiatan yang telah Anda jalani dan banyak menghabiskan waktu.

Kedua, Kemudian kelompokkan kegiatan tersebut menjadi tiga bagian; kegiatan yang Anda kuasai, kegiatan yang Anda Cintai, Kegiatan yang menghasilkan. Boleh jadi satu kegiatan bisa termasuk ke dalam tiga bagian tersebut.

Ketiga, Berikutnya, pilih dari daftar itu satu, dua, atau tiga hal yang paling Anda kuasai, Anda Cintai, dan Menghasilkan. Fokuslah kepada kegiatan itu, karena itu adalah diri Anda. Mulai hari ini, waktu Anda seharusnya paling banyak dialokasikan kepada hal yang Anda Kuasai, Cintai, dan Menghasilkan. Menghasilkan Apa? Menghasilkan Pahala dan Menghasilkan Uang.

Keempat, Lihatlah daftar kembali, ciptakan rencana untuk mendelegasikan semua kegiatan lain kepada orang lain. Kegiatan yang tidak Anda Kuasai, Cintai, dan Menghasilkan serahkanlah kepada orang lain. Biarkanlah hal itu dikuasai, dicintai dan memberi manfaat bagi orang lain. Dengan cara seperti ini Anda akan semakin fokus kepada hal-hal yang benar-benar anda kuasai, cintai dan menghasilkan. Ini berarti anda telah bersiap untuk menjadi seorang Expert. 

Semoga Bermanfaat, Semoga Lentera Jiwa Anda segera bersinar terang.

Prestasi yang indah adalah ketika apa yang kita cita-citakan dapat beriringan dengan keridhoan dari Allah SWT. Jika Anda mendapatkan keduanya menyatu, itulah kebahagian terbesar dalam hidup yang tiada duanya. 

Bengkulu, 2 Rabiul Akhir 1437 H


Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...