Cara Jitu Mencari Solusi Lewat Istiqoroh


Sumber Gambar : Muslim

Jika Anda sekarang  mendapat cobaan yang sulit, tidak ada yang pantas Anda lakukan kecuali berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Alloh setelah bertaubat dengan serius. kekeliruan memang akan beroleh balasan berupa siksa. Seperti yang saya sampaikan pada Tulisan : Apa Dampak Pahala dan Dosa dalam Kehidupan. 

Saat kekhilafan terhapus dengan taubat, terangkatlah penyebab siksa itu. Andaikata Anda bertaubat dan berdoa namun tidak ada tanda akan dikabulkan, periksalah diri Anda. Mungkin taubat Anda belum benar. 

Jika demikian, perbaikilah, lalu berdoalah dan jangan sekali-kali merasa bosan. Baca Juga : Bersegeralah Memohon Ampunan Atas Segala Dosa. Mungkin kebaikan akan Anda terima jika doa Anda tidak segera dikabulkan, atau mungkin jika dikabulkan, doa Anda tidak membawa maslahat untuk saat ini. 

Meskipun demikian, Anda tetap mendapat pahala dan akan terus memperoleh manfaatnya. Di antara manfaat itu adalah Alloh tidak memberi yang Anda minta, namun Dia menggantinya dengan yang lain.

Jika setan mendatangi Anda dan berkata, “Betapa seringnya engkau berdoa, namun doamu tidak dijawab sama sekali,” 

jawablah dengan jawaban yang membuatnya tidak bisa berbuat apa-apa. Katakan kepadanya, “Saya berdoa untuk beribadah. Saya yakin bahwa jawaban dari doa itu pasti ada.”

Kemungkinan, penundaan jawaban doa itu karena Alloh melihat kepantingan yang berdoa. Jawaban akan datang pada saat yang tepat. Kalaupun tidak terjawab, yang pasti orang itu telah melakukan ibadah dan merendahkan diri di depan Sang Penciptanya. Untuk lebih jelas Silahkan Baca : Bersabarlah Menunggu Terkabulnya Doa dan Baca Juga  Kebaikan Dibalik Tertundanya Pengabulan Doa.

Yuk sahabat, mulai sekarang kita harus berhati-hati dalam meminta, pastikan permintaan itu adalah kebaikan, terutama kebaikan akhiratmu. Permintaan duniawi dapat menyebabkan pemintanya terjerumus ke dalam jurang kehancuran. Jangan korbankan akhiratmu hanya untuk duniamu yang hanya sementara.

Inilah bedanya kita dengan para sahabat Rosululloh saw, mereka jarang sekali datang meminta doa agar kaya, cepat dapat jodoh, dan doa-doa lainnya yang sudah menggurita di kepala kita karena dililit oleh kesulitan hidup. 

Apakah tidak boleh? Boleh saja, ada beberapa doa yang diajarkan Nabi tentang hal itu. Tetapi, fokus mereka yang utama adalah akhirat. Ya Rosululloh, adakah doa agar saya dapat masuk surga? Apa amalan yang bisa memudahkan saya masuk surga? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sangat menginspirasi kita bahwa mereka benar-benar cinta akhirat.

Apakah kehidupan dunianya terlantar? Tidak juga, tidak sedikit para Sahabat Nabi yang kaya raya. Salah satu hal yang harus kita lakukan agar dilapangkan kehidupan kita adalah perbanyaklah ingat akhirat. In Syaa Alloh, Alloh Subhanahu Wata’ala akan berikan jalan keluarnya.

Berbicara mengenai jalan keluar tentang urusan dunia terkadang kita bermusyawarah kepada teman atau orang yang ahli untuk memberikan pendapatnya mengenai sesuatu yang terkadang tidak mampu Anda pikirkan.

Jika Anda melihat keburukan bakal terjadi pada kehidupan Anda, kenapa Anda tidak memohon kepada Alloh, padahal Dia adalah Zat Yang Maha Mengetahui? Apa Doanya? Silahkan baca di sini : Doa Istiqoroh

Bukankah Istiqoroh adalah cara terbaik untuk bermusyawarah?

Bengkulu, 15 Rabiul Akhir 1437 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...