Fokus Kepada Kontribusi


Beberapa minggu yang lalu, saya diwawancara beberapa pertanyaan yang sangat menginspirasi. Pertanyaan-pertanyaan itu mengingatkan saya kembali tentang hidup saya ketika kecil, saat ini, dan di masa yang akan datang. Pagi ini sayang ingin berbagi sedikit tentang Tips untuk Generasi Muda dalam Menggapai Cita-citanya.

Ridho Allah menjadi sebuah kunci utama kesuksesan, sehingga di samping kita berusaha, kita juga harus senantiasa memenuhi hak-hak Allah. Pastikan apa yang kita lakukan mendatangkan Ridho-Nya, bukan malah mendatangkan Murka dari Alloh. Setelah itu, Ridho Orang tua adalah kunci kedua. Saya yakin, setiap anak-anak yang berhasil dan sukses pasti mereka dekat dengan Tuhan dan orang tuanya. Jika Anda sedang gelisah, galau, usaha mampet, pikiran buntu, teman menjauh, dan aneka kesulitan datang, coba cek lagi hubungan Anda dengan Alloh dan orang tua (manusia secara umum).

Mari kita menata ulang cara berpikir kita kita bahwa bekerja bukan hanya untuk mendapatkan uang. Karena saya yakin setiap orang-orang besar dalam sejarah mereka melakukan sesuatu berdasarkan lentera jiwanya masing-masing untuk menerangi umat manusia dan alam semesta. Namun yang lebih penting adalah kontribusi apa yang  ingin kita berikan kepada masyarakat, yang kita perjuangkan. Manfaat apa yang ingin kita wariskan bagi dunia. 

Sahabat, suatu saat peringkat, kekayaan, saham, dan network tidak akan dapat memotivasi kita. Namun yang akan mendrive kita adalah impact, legacy, dan kontribusi yang akan kita tinggalkan bagi dunia dan untuk Sang Pencipta kita. Jika kita fokus kepada kontribusi apa yang dapat kita berikan, maka uang akan datang dengan sendirinya.

Mulai sekarang milikilah prioritas dan konsentrasi dalam belajar, bekerja, atau berkarya. Jika kita hanya memiliki prioritas tanpa konsentrasi maka kita hanya tahu apa yang dikerjakan tetapi tidak bisa menyelesaikannya. Jika kita memiliki daya konsentrasi tetapi tidak ada prioritas, maka kita memiliki keunggulan tanpa kemajuan. Tetapi, jika kita menggunakan keduanya, kita bisa mencapai hal-hal besar dalam hidup.

Prestasi yang indah adalah ketika apa yang kita cita-citakan dapat beriringan dengan keridhoan dari Allah SWT. Jika Anda mendapatkan keduanya menyatu, itulah kebahagian terbesar dalam hidup yang tiada duanya.  

Apakah Anda sudah menemukan Prestasi Terbaik dan Kontribusi yang akan Anda berikan Hari ini?
Segera Temukan dan Teruslah asah potensimu hari ini.

Bengkulu,  23 Rabiul Awal 1437 H/ 4 januari 2016

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...