Kapan Waktu Terbaik Untuk Berlari dan Berjalan?




Bagaimana caranya agar kita lebih mudah merasakan kebahagian? Apa yang harus saya lakukan untuk mencapai kebahagian dalam hidup? Apakah yang saya lakukan sudah benar? Sahabat, salah satu pesan terbaik untuk merasakan lebih banyak keajaiban dan kebahagian dalam hidup adalah dengan mengetahu kapan waktu terbaik untuk berlari dan kapan waktu terbaik untuk berjalan?

Sahabat yang Budiman, dalam kitab sucimu Al Qur’an sudah mengajarkan kepada kita, kapan saatnya kita berlari dan kapan saatnya kita untuk berjalan. Untuk urusan kebaikan, kita harus banyak BERLOMBA sebagaimana ada dalam surat Al Baqarah ayat 148 yang artinya, “Maka BERLOMBA-LOMBALAH dalam berbuat kebaikan.”

Adapun untuk memohon ampunan, perintah-Nya adalah BERSEGERALAH. Lihatlah surat Al Imron ayat 133 yang artinya, “Dan BERSEGERALAH kamu menuju ampunan dari Tuhanmu dan menuju Surga. Maka bersegeralah bertaubat wahai hamba Alloh karena dalam ribuan langkahmu pasti ada satu atau dua langkah yang salah.”

Untuk urusan taat kepada Allah perintahnya adalah BERLARILAH DENGAN CEPAT. Coba segera simak perintah Allah swt di dalam Al Qur’an surat Adz-Dzaariyat ayat 50. Pesan disitu berbumyi, “Maka BERLARILAH kembali ta’at kepada Allah.”

Sedangkan urusan menjemput rezeki perintahnya adalah BERJALANLAH. Cobalah hayati makna surat Al Mulk ayat 15 lalu pahami. Bunyinya, “Dialah yang menjadikan bumi mudah bagimu, maka BERJALANLAH di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizkinya.”

Saya sering menasehati dan mengevaluasi diri saya sendiri, kesibukanmu  rio memberikan training atau berbagi motivasi dan inspirasi itu termasuk mencari rezeki, urusan kebaikan atau urusan taat kepada Allah? Apabila hanya urusan mencari rezeki maka kamu sangat rugi karena seharusnya kamu berjalan tetapi kamu justru berlari dan berlomba. Hidupmu akan sangat lelah sahabat. Tetapi, jika itu untuk urusan akhiratmu dalam memberikan pencerahan kepada umat manusia kamu harus selalu bersegera.

Berusahalah dan pastikanlah dengan mata batin dan nuranimu bahwa kesibukanmu setiap hari berbagi inspirasi dalam rangka kebaikan dan mendekat kepada Sang Maha agar kamu menjalani kehidupan dengan penuh kenikmatan.

Sejak rabu pagi aktivitas kami beralih dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain. Dari satu kota ke kota yang lain. Mulai dari Jakarta, langsung ke Bekasi, paginya berangkat ke Bandung, Pukul 02.30 berangkat lagi ke Puncak Bogor, Siang sudah harus sampai di Sukabumi. Jika semua ini saya lakukan hanya untuk cari rezeki berupa uang tentu ini sangat menyita waktu dan membuat lelah.

Setelah saya ingat visi dan misi hidup saya, saya tahu kapan harus berlari dan kapan saatnya harus berjalan Ya, pesan itu telah menghilangkan lelah dalam diri saya dan memaksa diri ini segera introspeksi atas semua jejak kaki yang saya telah jalani di atas muka bumi ini.

Yang sangat menakjubkan, saya masih ingat pesan guru saya, “ Jika kamu memfokuskan dirimu untuk menjadikan Alloh sebagai tujuan hidup, maka Alloh akan memerintahkan dunia untuk melayanimu. tetapi jika kamu menjadikan dunia sebagai tujuan utama hidupmu, maka Alloh akan memerintahkan kepada bumi, wahai bumi, perbudaklah , buatlah ia sibuk terus, urusan dan kesulitan yang tidak pernah berkesudahan”

Sahabat, jika Anda hari ini merasa lelah, coba evaluasi kembai kapan dan untuk apa Anda berlari? Apakah Anda berlari untuk duniamu yang tidak pernah usai? Atau Anda sedang berlari menuju menuju akhiratmu yang kekal abadi?

Yakinlah Kebahagian akan lebih mudah kita rasakan jika kita tahu kapan kita harus berlari dan  kapan kita harus berjalan.

Gegerkalong, Bandung, 18 Rabiul Akhir 1437 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...