Rahasia Agar Karir Anda Semakin Berkembang


Sahabat yang Budiman, Setiap kita memiliki panggilan nurani untuk mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan, apakah dalam kesehatan Fisik, Emosi dan Makna Hidup, Hubungan dengan Keluarga atau orang lain, Waktu, karir dan misi hidup, Keuangan, Kontribusi dan Spritual kita. inilah beberapa hal yang harus kita kuasi jika kita ingin mendapatkan kebahagian, kesuksesan, dan kemuliaan dalam hidup.

Kali ini sambil Anda bersantai, renungilah perjalanan hidup Anda. Ingatkah Anda bahwa kita semua dilahirkan sebagai pemenang? Tentu dalam proses menjadi yang terbaik dan pemenang dalam hidup kita harus berusaha dan bersabar dalam meraih tujuan yang kita harapkan.

Dengan ketulusan hati, saya ingin berbagi kepada sahabat yang baik hatinya. Dua hari yang lalu, setelah kami berbagi inspirasi di Jakarta, saya bertemu dengan Pak Darmadi. Salah satu pengusaha yang berhasil dalam dunia industri perbotolan untuk dunia farmasi.

Sejak di Bekasi Trade Centre (BTC)  dan selama perjalanan sampai ke rumahnya, beliau  menceritakan perjalanan hidupnya yang menggetirkan. Selama perjalanan kami tertawa bersama mendengar cerita perjalanan hidupnya yang  lucu sekaligus penuh kesabaran. Itulah hidup, jika kita terus bersabar, suatu saat kita akan mentertawakan apa yang dahulu pernah kita lakukan.

Intinya: Setiap Kesuksesan membutuhkan kesabaran. Jika kita tidak bersabar menjalani prosesnya maka kita tidak akan pernah sampai ke tujuan. 

Yang lebih menarik dari cerita Pak Darmadi, beliau membangun usahanya yang memiliki titik terang melalui hubungan yang selama ini ia jalani Selama ia bekerja untuk perusahaan. Apa yang ia bangun? Relasi dengan orang lain.

Menurut riset yang dilakukan Brian Tracy dari Brian Tracy International, ternyata 85 persen dari pekerjaan-pekerjaan penting di berbagai perusahaan terisi melalui relasi dan kenalan bukan melalui iklan lowongan kerja. Faktanya, iklan lowongan kerja hanya digunakan untuk posisi atau jabatan yang tidak terlalu penting dan strategis.

Jadi bahasa halusnya, apabila ada perusahaan membuka iklan lowongan kerja untuk jabatan penting boleh jadi itu hanya untuk pencitraan atau perusahaan itu belum terlalu besar atau perusahaan amburadul. Sekali lagi, lowongan kerja untuk jabatan penting di perusahaan tidak dicari melalui iklan tetapi pertemanan dan relasi yang sudah terbangun.

Di sela-sela kegiatan training di beberapa tempat di Jakarta, Bandung, Bogor dan Sukabumi. Kami menyempatkan diri untuk selalu membangun jaringan dengan berbagai pihak. 

Untuk itu, bangun pertemanan dengan banyak pihak. Bergabunglah dengan organisasi profesi yang sejalan dengan keahlian Anda atau bergabunglah dengan komunitas yang terus bertumbuh. Tidak hanya bergabung tetapi aktiflah di dalam organisasi tersebut. Akan sangat beda manfaat yang Anda peroleh oleh orang yang hanya seledar menjadi anggota organisasi dengan orang yang terlibat aktif di berbagai kegiatan organisasi.

Sejak di Bangku Kuliah, saat saya memutuskan untuk masuk ke dunia organisasi saya berusaha untuk totalitas, di tengah aktivitas belajar, keluarga, dan masyarakat. Saya pesankan jika Anda tidak bisa totalitas berada di dalam organisasi atau komunitas, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Kita baru belajar jika kita memiliki kemauan untuk  memberikan energi, saran, pikiran, waktu, bahkan uang jika ada dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan umat manusia atau generasi selanjutnya. Baca : Fokus Kepada Kontribusi

Donasikan waktu Anda untuk organisasi atau komunitas dimana Anda bergabung di dalamnya. Jangan hanya menjadi pelengkap penderita yang adanya seperti tiada. Alias kita hanya Cuma numpang nama doang.

Setiap Anda melakukan pekerjaan dengan baik di organisasi atau komunitas Anda maka anggota lain akan mencatatnya di dalam hati. Mereka akan mengingat Anda dan saya yakin suatu saat pasti berguna. Semakin banyak Anda “to give” (memberi) dalam hidup maka bersiap-siaplah Anda akan mendapatkan banyak sekali keajaiban dalam hidup. Sebaliknya, semakin banyak Anda bermental “to get” (Mengambil atau mendapatkan sesuatu)  maka Anda tidak akan bertahan lama atau bahkan dalam kondisi yang lebih tragis ditinggalkan dan dicampakkan oleh para anggota di organisasi atau komunitas tersebut.

Kesimpulannya jika Anda tertarik untuk memangun dan mengembangkan karir Anda maka berikanlah yang terbaik, bangunlah relasi dan jaringan sebanyak-banyaknya, ambillah bagian dalam sebuah kegiatan karena semuanya ini akan melatih Anda agar lebih siap ketika kemenangan hadir dalam hidup Anda.

Semua pristiwa yang terjadi memangun otot menta Anda agar lebih tangguh, cekatan, sabar, melakukan inovasi, kreatifitas, mampu berhubungan dengan orang lain, dan tentunya Dekat dengan Alloh Subhanahu Wata’ala.

Satu hal pesan terakhir, jagalah kejujuran. Karena relasi dan jaringan sebanyak apapun jika kita tidak jujur maka akan menjadi malapetaka di dunia dan di akhirat.

Apakah organisasi atau komintas Anda berisi orang-orang yang positif dan sejalan dengan profesi Anda?

Perum. Mekar Sari, Cicurug, Sukabumi, 18 Rabiul Akhir 1437 H


Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...