Rahasia, Keajaiban dan Keberkahan Pagi


Megamendung, Bogor

Sahabat, setiap kita pasti mendambakan kehidupan yang bahagia, sukses, berkualitas. semoga pagi ini, dengan hari yang baru, membawa harapan baru bagi masa depan kehidupan Anda, Saya dan kita semua. Aaamin

Kali ini saya akan berbagi tentang alasan mengapa kita haru benar-benar menjaga waktu pagi. Mengapa waktu ini sangat penting, karena waktulah yang menjadi kata kunci kesuksesan atau kegagalan seseorang. untuk lebih lengkap Anda bisa Baca di Pentingnya Waktu dalam Islam. Bangun lebih pagi, tidak tidur lagi setelah subuh sampai terbit matahari. Tentunya sholat subuhnya bagi lelaki di masjid. Yang punya Anak bisa membangunkan anaknya untuk berangkat bersama, mencari rahmat dan Ridho-Nya. 

In Syaa Alloh, jika seluruh keluarga sudah sama-sama satu visi mencari Rahmat dan Ridho-Nya tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dalam hidup. Seluruh tantangan yang kita hadapi semuanya sudah ditakar oleh Alloh dengan baik, tidak akan melebihi batas kemampuan kita. tinggal kita mau atau tidak datang kepada Alloh swt untuk menjadikannya pelindung dan penolong kita dalam kehidupan.

Masalah tentang rezeki, banyak menarik perhatian manusia secara keseluruhan. Lihat saja, buku yang bertemakan tentang rezeki laris manis, padahal kesulitan hidup kita bukan hanya soal rezeki. Kalau bisa dirumuskan kesulitan hidup manusia secara umum mencakup tiga hal: Kesulitan mencari Ilmu, Kesulitan Beramal, Kesulitan Rezeki.

Salah satu adab mencari rezeki adalah berangkat pagi-pagi. Mengapa harus berangkat pagi-pagi untuk mencari rezeki? Berikut ini sabda Rasulullah dan bukti di balik anjuran itu.

Dari Shakhr bin Wada’ah al Ghamidi ash Shahabi radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban; shahih lighairihi)

Dan apabila beliau mengirim pasukan atau tentara perang, beliau memberangkatkan mereka pagi-pagi.

Anjuran berpagi-pagi dalam mencari rezeki berdasarkan kebiasaan Rasulullah (hadits fi’li) sekaligus doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut (hadits qauli).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mendoakan keberkahan waktu pagi bagi umatnya. Sehingga dalam mencari rezeki, kita dianjurkan untuk memulainya pagi-pagi. Ketika menjelaskan hadits tersebut, sebagian ulama juga mengingatkan bahwa tidur di waktu pagi setelah Subuh hukumnya makruh.

Keberkahan waktu pagi itulah yang kemudian dikejar oleh banyak umat Islam sejak generasi sahabat. Rasulullah sendiri mencontohkan, beliau biasa memberangkatkan pasukan di pagi hari.

Shakhr yang meriwayatkan hadits ini juga telah membuktikan bahwa berangkat pagi-pagi dalam mencari rezeki membuahkan keberkahan yang luar biasa. Shakhr adalah seorang pebisnis. Dia selalu memberangkatkan barang-barangnya dimulai sejak dini hari sehingga ia menjadi kaya raya dan hartanya barakah.

Secara ilmiah, memulai atau berangkat pagi-pagi dalam mencari rezeki memiliki sejumlah dampak yang positif. Saya sendiri sudah membuktikan, dahsyatnya keberkahan pagi. Baik dalam melakukan perjalanan, belajar, menulis, dan aktivitas lainnya.

Pertama, bangun pagi membuat tubuh lebih segar karena bisa menikmati udara pagi yang relatif bersih dari polusi, oksigen yang didapat lebih banyak. Tidak mungkin seseorang bisa berpagi-pagi dalam mencari rezeki tanpa bangun lebih pagi. Benar? Sudah bangun belum? Jangan tidur lagi ya.


Kedua, kinerja otak menjadi optimal ketika seseorang memulai aktifitas sejak pagi. Di waktu pagi otak menjadi lebih segar karena telah beristirahat. Karenanya beberapa buku seperti Be Student Idol menganjurkan waktu belajar di pagi hari. Melatih otak. Dan sesungguhnya, aktifitas mencari rezeki juga merupakan bagian dari proses belajar. Sebab tidak ada satu pun pekerjaan melainkan membutuhkan kemampuan otak dan kreatifitas.

Ketiga, menurut ahli saraf dari Rockefeller University, Ilia Karatsoreos PhD, rentang waktu antara jam 7 – 9 pagi merupakan waktu paling optimal untuk menciptakan atau menguatkan hubungan dengan orang-orang terpenting. Jika kita pebisnis, marketing atau bekerja di manapun yang berinteraksi dengan orang lain, jam 7 – 9 adalah saat yang tepat untuk memperbanyak pelanggan, customer, klien dan sebagainya.

Semoga hari ini Alloh Swt mengkaruniakan kita rezeki yang banyak lagi barokah. Aaamin.

Wallahu a’lam bish shawab.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...