Selasa, 12 Januari 2016

Tidak Semua Hal Harus Kita Jawab

Sahabat, dalam hidup terkadang kita dihadapkan pada pristiwa dan pertanyaan yang tidak bisa kita jawab. Karena minimnya pengetahuan, pengalaman, orang yang bisa kita jadikan guru atau mentor. Makanya cara paling mudah dalam meraih hasil adalah modeling. Kita harus memiliki figur atau sosok yang sudah berhasil dalam bidang yang akan kita kuasai.

Berjalan menyusuri hutan tanpa pemandu yang handal tentulah membuat kita akan kehabisan banyak waktu untuk mencoba. Tetapi jika ada satu jalan pintas agar kita lebih cepat sampai adalah kita memerlukan pemandu yang terlatih dan tahu arah.

Orang yang pintar dan kreatif itu tidak selalu orang yang bisa menjawab segala hal, tetapi jika mereka menemui tantangan, ia tahu kepada siapa ia akan bertanya untuk membantu mereka memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Artinya, orang-orang hebat selalu mengelilingi dirinya dengan orang-orang hebat.

Saya Sendiri, memiliki Kelompok Master Mind sebagai wadah berbagi dan tempat bertanya mengenai ide, solusi atas berbagai permasalahan yang harus saya pecahkan. Mulai dari Ulama, Profesor, Pengusaha, Akademisi, Pengacara, Polisi, Motivator, , dsb.

Saya bisa datang langsung kepada mereka atau cukup menekan satu tombol untuk mendapatkan jawaban serta solusi yang saya butuhkan melalui Teknologi Informasi. Alhamdulillah itu merupakan sebuah Anugrah dari Alloh Swt yang luar biasa mempertemukan saya dengan orang-orang hebat.

Ada sebuah kisah menarik, Professor James adalah seorang Professor yang begitu terkenal dan sering diundang untuk memberikan ceramah – ceramah ilmiah di beberapa kota di dunia. Professor tersebut memiliki seorang sopir yang setia, dan kemanapun dia pergi, sopir itu selalu menemaninya.


Seringkali dalam perjalan menuju suatu kota, si Professor sering berbicara dengan sopirnya mengenai materi yang akan diberikannya dalam presentasi. Begitu pula si sopir, seringkali dia melihat dan mendengarkan bagaimana si professor memberikan ceramahnya. Bahkan dia sampai tahu apa yang akan dibicarakan kemudian oleh si Professor. 

Dalam satu perjalanan menuju tempat seminar terjadi pembicaraan di dalam mobil  :

Sopir    : Tuan, kalau saya dengar apa yang sering tuan bicarakan, rasanya sayapun bisa  berbicara seperti itu di depan banyak orang. Saya pasti bisa melakukannya.

Professor         :Ya….saya yakin kamu bisa melakukannya.

Perjalanan pun berlanjut dan setelah beberapa menit tiba – tiba si professor berkata :

Professor         : Kalau kamu merasa bisa, bagaimana jika kita bertukar posisi, Saya menjadi Sopir dan kamu menjadi Professor ?

Sopir                : boleh saja…..Tuan

Maka bertukar posisilah mereka. si Sopir  menjadi Pofessor dan Professor menjadi Sopir.

Begitu tiba di tempat seminar, mulailah si Professor palsu ini memberikan ceramahnya. Si Professor palsu ini berbicara persis seperti kalau si Professor asli berbicara. Dan di akhir ceramahnya, para peserta memberikan applaus meriah kepadanya.

Kemudian ada seorang peserta bertanya kepada si Professor palsu ini mengenai satu hal yang begitu detil dan penuh dengan istilah tehnis. Tentu saja si Professor palsu ini tidak bisa mengerti apa yang dimaksud oleh sipenanya. Tapi kemudian dia berkata :

Professor         : Pertanyaan anda sungguh luar biasa, begitu detil dan tehnis. Tetapi saya yakin untuk menjawab pertanyaan anda, saya tidak perlu menjawabnya sendiri, saya akan minta sopir saya untuk menjawabnya  !!!!

Apa Pelajaranya dari Kisah di atas?

Pertama, Soal Ide Kreativitas Sang supir.
Kedua, Percaya Diri
Ketiga, Tidak Semua Hal Harus Kita Jawab Sendiri.


Bengkulu, 1 Rabiul Akhir 1437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...