Bagaimana Mensikapi Orang Yang Tidak Kunjung Berubah?


Seminar Motivasi "Setiap Orang Berhak Sukses" Balai Pertemuan Ratu Samban, Bengkulu Utara
Bagi orang yang bergerak dalam bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, training, Orang tua dan sejenisnya. Tentu sangat menyenangkan jika kita melihat orang yang kita bina menjadi orang yang berhasil. Ada perasaan bahagia ketika melihat mereka sukses dan dapat menebar manfaat untuk orang banyak. 

Perasaan sedih terkadang juga menghampiri jika orang yang kita bina belum menampakkan hasil yang memuaskan. Belum terjadi perubahan pola pikir, prilaku sesuai dengan ilmu yang telah mereka pelajari.

Apalagi sebagai orang tua ketika mendidik anaknya, ternyata anaknya tidak menuruti perintah bahkan membantahnya. Pemandangan tersebut tentu sangat menyayat hati orang tua yang telah melahirkan dan memesarkannya. Begitu juga sebaliknya, sebagai Anak kita harus sabar dalam membimbing orang tua ke arah yang lebih baik.

Menjadi guru kita dihadapkan dengan prilaku anak yang beragam. Tingkah laku, latar belakang mereka, impian dan cita-citanya, kondisi keluarga. Mendidik mereka tentu memakan energi yang luar bisa. Akan tetapi, tetap saja terlihat cahaya yang kita harapkan mulai bersinar tidak kunjung terlihat. 

Yang bergerak di bidang Comunity Development (pengembangan masyarakat) misalnya, setelah melakukan pembinaan, secara skill, mental dan memberikan biaya untuk usaha. Terkadang ada-ada saja, beberapa orang yang belum juga amanah dalam menjalankan program.

Sebagai trainer pun merasakan hal yang sama, betapa bahagia jika melihat para peserta memiliki komitmen perubahan. Memberikan kabar gembira tentang keberhasilan mereka. Sharing tentang permasalahan dan mendorong mereka menggapai impiannya masing-masing. Sebuah kebahagian yang tiada tara.

Tetapi ada juga orang yang tetap sulit move on, balik lagi ke kebiasaan lama. Cukup menyedihkan. Padahal cara dan metode yang digunakan sudah beragam, atraktif, menginspirasi dan powerfull.

Ketika kita melihat fenomena di atas tidak perlu bersedih  karena tugas kita menyampaikan dan membina. Allah lah yang membolak-balik hati manusia. Jangan berbangga dan merasa hebat saat ada orang menjadi baik melalui kita. Jangan berduka saat ada orang yang kau bina namun pikiran dan hatinya tak jua mendapat cahaya.

Sikap orang berubah atau tidak itu diluar kontrol kita. Satu-satunya yang bisa kita rubah adalah cara kita mensikapi orang lain. Saran saya, sebelum merubah orang lain, teruslah memperbaiki diri sendiri, mensikapi mereka dengan baik dan bijaksana.

Fokuslah kepada proses yang terbaik. Serahkan hasilnya kepada yang Maha Tahu. Saat hasil sesuai harapan, tidak perlu menepuk dada seolah tak ada peran-Nya. Sementara saat hasilnya tidak sesuai, berprasangka baiklah bahwa ada hikmah dan pelajaran yang terkandung di dalamnya.

Jangan lupa doakan mereka yang kita bina semoga selalu mendapatkan petunjuk dan berada dalam naungan cinta-Nya. Bersabarlah tidak harus sempurna 100 persen berhasil. ini hanya masalah waktu, jika tidak saat ini mungkin suatu hari nanti mereka akan ingat dengan nasehat yang pernah kita sampaikan.

Bengkulu, 17 Jumadil  Awwal 1437 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...