Senin, 22 Februari 2016

Berfokuslah Pada Hari ini



Kenapa ada orang terus menerus bersedih dan sulit move on? Kenapa ada orang yang terlalu cemas dalam hidupnya? Bagaimana cara agar kita bisa mengatasi hal itu? Adakah cara jitu merubah apa yang kita rasakan? Apa penyebab semua itu?

Saya sangat yakin semua yang terjadi dalam kehidupan kita pasti dengan suatu maksud dan tujuan tertentu. Saya sangat yakin tidak ada maksud Tuhan kecuali untuk memuliakan hamba-Nya. Jika kita terus berprasangka baik kepada-Nya, kita akan mengetahui bahwa Alloh lah perancang sekenario yang terbaik di alam semesta.

Penyebab kita terlalu sulit move on terkadang karena kita terlalu berfokus pada hari kemarin. Sehingga kita terus mengulang-ngulang ingatan itu sehingga timbul perasaan sedih, menyesal, kecewa, gundah, galau, merana, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan atas takdir- Nya.

Kita juga sering cemas dan khawatir karena kita terlalu berfokus pada hari esok, sehingga tidak lagi menikmati waktu yang sedang ia jalani saat ini.

Jika Anda selalu berpikir tentang hari esok, Anda tidak akan pernah melakukan sesuatu pada hari ini. Satu-satunya yang bisa Anda kendalikan dan menangkan adalah hari ini. Faktanya, jika Anda berfokus pada hari ini maka kehidupan Anda di hari esok akan menjadi lebih baik. Itu rumus pasti.

Bagaimana dengan cita-cita saya di masa depan?

Cita-cita itu jangan hanya ada dipikiran, tapi harus turun ke hati dan ke kaki sehingga kita berani mengambil aksi setiap hari demi terwujudnya cita-cita yang kita inginkan. Tidak cukup hanya ingin, tapi kita harus mengambil keputusan dan komitmen untuk terus maju walaupun lambat.

Saya pun berusaha melakukan tindakan-tindakan tertentu setiap hari untuk membantu diri saya di bidang pengembangan sumber daya manusia. Misalnya, saya membaca setiap hari supaya kehidupan pribadai saya berkembang, terutama membaca Al-Qur’an karena itulah sumber spirit dan tips menghidupkan jiwa yang mulai meredup, baru membaca buku-buku pengembangan diri yang lain.

Setiap hari saya meluangkan waktu dengan bertafakkur, merenung untuk menerapkan apa yang saya pelajari hari ini. Karena saya tidak mau menjadi orang yang dimurkai, karena suka belajar, dengerin saja tetapi tidak segera ditindaklanjuti dengan tindakan segera, atau sukanya beramal, aksi saja tanpa ilmu sehingga sesat.

yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka. Bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula) jalan mereka yang sesat.”
(Q.S. Al-Fatihah: 6-7)

Setiap hari saya berusaha menulis di buku harian. Saya berusaha membagikan pelajaran-pelajaran itu kepada orang lain jika saya tidak berada diluar kota dan jadwal yang sangat padat maka saya akan mempublish tulisannya ke blog, seminar, pengajian, mimbar, forum diskusi, dan sejenisnya.

Kesimpulannya Anda, saya, kita semua tidak bisa mengubah hari kemarin. Kita juga tidak dapat mengandalkan hari esok yang belum pasti, tetapi satu-satunya yang dapat kita kendalikan adalah hari ini, Anda dapat menentukan apa yang Ada kerjakan hari ini. Apakah yang Anda kerjakan semakin mendekatkan Anda kepada cita-cita Anda? Apakah tindakan yang Anda lakukan bermanfaat untuk orang banyak, keluarga, masyarakat, diri Anda sendiri, bangsa, dan agama? Apakah Tindakan kita diridhoi Tuhan?

Hiduplah sepenuhnya hari ini, berikan Fokus Anda yang maksimal dan Bersiaplah menuai keuntungannya di masa yang akan datang.

Bengkulu, 13 Jumadil Awwal 1437 H/ 22 Februari 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...