Senin, 29 Februari 2016

Mendengarkan



Pedagang Pasar Lebong
Dalam sela-sela istirahat kami setelah  berbagi Inspirasi dan Motivasi di Seluma Kemarin ada perbincangan menarik dari salah satu tim kami. Tentang istrinya yang selalu menghubungi untuk menanyakan kabar, bercerita banyak hal tentang yang telah dialaminya hari itu, mungkin juga ada sedikit keluhan.

Pertanyaannya bagaimana sebaiknya respon seorang suami? Walaupun belum berkeluarga bagi saya Wanita tipe apapun, jenis apapun memiliki satu kesamaan ingin didengarkan. Jadi jika di penghujung hari dia ingin bicara, sebaiknya dengarkan saja sungguh-sungguh, pahami perasaannya, tenangkan hatinya. Kenapa?

Karena mereka para Ibu atau Istri mungkin lelah mengerjakan banyak hal hari itu, banyak pristiwa yang ingin ia tumpahkan kepada Suami atau anaknya. Saya sebagai anak telah belajar banyak, bahwa terkadang orang tua khususnya Ibu perlu tempat curahan jiwa. Terkadang mereka butuh cerita, ingin didengarkan, dihibur, sekaligus di bina.

Ini nasehat bagi diri saya pribadi dan sahabat sekalian, kita bukan hanya harus pandai berbicara, tapi mulai sekarang kita harus pandai mendengarkan. Karena berbicara adalah wilayah kepandaian, sedangkan mendengarkan adalah wilayah kebijaksanaan.

Bengkulu, 19 Jumadil Awwal 1437 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...