Orang-Orang Penting

Bersama Pakde Karino, Petugas Kebersihan UMB
Setiap diri manusia pasti merasakan bahagia bisa bertemu dengan orang-orang penting dalam hidupnya. Bisa berkenalan, berteman, berbicara, dan berbagi apa pun dalam hidupnya. Apakah Anda pernah merasakannya? 

Kebanyakan orang penting selalu diidentikkan dengan pemimpin negara, politisi, pengusaha, bos sebuah perusahaan, artis ternama, rektor, kapolda, walikota, dan sebagainya.

Padahal kenyataannya, setiap orang adalah orang penting. Setiap kehidupan adalah penting. Tidak ada yang lebih penting dari yang lain. Setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing. Sadarkan Anda bahwa Anda sama pentingnya dengan wajah-wajah yang bermunculan di layar televisi atau koran. Demikian juga pentingnya orang-orang di sekitar Anda.

Anda adalah pribadi yang penting bagi Anak-anak Anda. Penting bagi kedua orang tua Anda. Penting bagi karyawan dan atasan Anda. Penting bagi kehidupan alam semesta. Dan tentunya kehadiran Anda di dunia ini membawa misi penting, artinya kehidupan Anda sangat berharga dan penting di sisi Tuhan.

Sahabat, yakinlah setiap orang pasti memiliki sesuatu yang bisa disumbangkan pada kehidupan. Setiap orang bisa membuat perbedaan yang bernilai positif. Setiap orang memerlukan hidupnya semakin bernilai. Itu yang membuat setiap orang menjadi penting.

Dalam sebuah hasil riset ditemukan setiap orang bisa melakukan sesuatu lebih baik daripada 10.000 orang lainnya. Pertanyaannya, sudah tahukah kita bidang apa yang bisa kita lakukan itu? Apa hal terbaik yang bisa kita lakukan dalam hidup, yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain?

Setiap orang memiliki jalur pajuannya masing-masing. Tidak perlu menjadi orang lain. Tentu ada orang yang berhasil menjadi sumber inspirasi orang lain, yang mampu mengajari orang lain, memimpin orang lain, yang mau melayani orang lain. 

Mereka melakukan itu karena dimulai dengan kesadaran bahwa hidup mereka penting, dan menjadi lebih penting lagi saat mereka memerlukan orang lain.

Saya masih ingat pesan guru saya, “ Rio kita bisa berhasil karena pertolongan orang lain. Karena kita di bantu orang-orang lemah di sekitar kita”

Bukankah Nabi sangat dekat dengan orang-orang miskin, yatim, dhuafa. Kenapa kita harus mendekati orang-orang yang lemah? Karena di sana ada rahmat Alloh, pertolongan Alloh, janji Alloh. Doa-doa orang yang lemah yang sholeh tentu bisa jadi lebih didengar di langit.

Pesan saya, ini ilmu jalanan yang saya dapatkan di luar tembok-tembok pendidikan. jika ingin Sukses kita perlu bersahabat dengan orang-orang hebat dan ahli di bidangnya masing-masing, tetapi jika kita ingin memancing pertolongan dari langit, maka bersahabatlah dengan orang-orang lemah di sekitar Anda. Niscaya, Pertolongan Alloh akan turun dalam kehidupan Anda.

Alhamdulillah, hingga dari dulu hingga saat ini, saya memiliki kenalan di berbagai strata, mulai dari tukang parkir, tukang sol, kuli bangunan, petugas kebersihan, pengusaha, Profesor, Ulama, pejabat, dan sejenisnya. Di kampus pun ketika menjadi mahasiswa hubungan kami sangat dekat seperti keluarga, sehingga selalu bercanda dan saling mengingatkan.

Orang-orang penting ada di sekitar Anda. Mereka memiliki potensi luar biasa, sama seperti Anda. Kenali dan hargai potensi yang ada pada mereka, dan diri Anda. Jadikan mereka orang penting, dan Anda pun akan dianggap penting di langit.

Bengkulu, 15 Jumadil Awwal 1437 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...