Cara Terbaik Memperbaiki Masa Depan



Sushi Tei, Central Park
Setelah menyelesaikan kegiatan di bandung selama 3 hari, saya menyempatkan diri untuk bersilaturahim ke rumah keluarga di jelambar, jakarta barat. Saya mengagendakan kunjungan hanya satu malam dan besoknya langsung berangkat lagi ke Bengkulu.

Saat makan malam saya selalu bersemangat berdiskusi dengan salah satu keluarga saya Om Rendra. Kami berdiskusi banyak seputar agama, politik, ekonomi, kemandirian bangsa, life style masyarakat yang berubah, kebijakan pemerintah. Saya melihat bahwa ia ternyata sosok yang menarik serta nyaman untuk diajak berbincang.

Banyak pelajaran yang bisa saya simpulkan dalam perbincangan kami, wawasannya yang luas karena beliau lulusan dari inggris, tetapi memiliki kemauan yang kuat untuk belajar agama. Gayanya yang sederhana menjadi daya tarik tersendiri setelah saya mengenalnya tiga tahun yang lalu ketika ada acara keluarga di kuningan.

Ia mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat cermat, mulai pola kerja, mendidik anak, dan keluarga. Saya sangat yakin setiap kesuksesan pasti memerlukan persiapan. Dan ia mempersiapkan anak-anaknya dari sekarang bersama istrinya Tante lisa. Di sela-sela kesibukannya, Tante Lisa mengontrol jadwal belajar dan bermain anak-anaknya.

Sebagai alumni dari salah satu universitas di Belanda, saya melihat Tante Lisa sangat memperhatikan dengan detail setiap pertumbuhan anak-anaknya. Mereka mempersiapkan sejak dini agar anak-anaknya siap menghadapi hidup. Guru ngaji didatangkan khusus ke rumah agar mereka paham agamanya.

Jika Anda ingin anak-anak Anda hebat di masa depan, persiapkanlah dari sekarang. Siapapun Anda, apa pun cita-cita Anda, ingatlah pesan ini baik-baik “Kesuksesan Anda ditentukan kemampuan Anda dalam mempersiapkan diri dan persiapan terbaik yang bisa kita lakukan adalah hari ini juga”.

Persiapan bukan hanya tentang apa yang Anda lakukan. Akan tetapi persiapan dimulai dari apa yang Anda percayai. Jika Anda percaya bahwa kesuksesan Anda  di masa yang akan datang tergantung pada apa yang Anda kerjakan hari ini, maka Anda akan memperlakukan hari ini dengan cara yang berbeda.

Orang-orang yang memiliki visi yang jauh tentu tidak hanya mempersiapkan kehidupannya di dunia. Tetapi, ia selalu melakukan persiapan saat hari perhitungan tiba. Hari kiamat yang dipastikan terjadi, ketika surga dan neraka menjadi tempat menetap yang abadi.

Ada orang yang hanya mempersiapkan dirinya agar hidup di dunia dan ada juga orang yang mempersiapkan dirinya dengan baik agar bisa hidup enak di akhirat. Tetapi saya selalu berdoa semoga kita diberikan kebaikan di dunia dan di akhirat. Toh, kita diajarkan minta keselamatan dua-duanya.

Oleh karena itu, apa yang Anda dapatkan di masa depan sangat tergantung dengan apa yang Anda percayai hari ini. Jika Anda hanya percaya dunia, Anda hanya akan di balas di dunia. Tetapi jika Anda percaya akan ada hari pembalasan yang sempurna, maka Anda tentu akan bersabar jika kebaikan yang Anda lakukan belum Anda terima di dunia.

Cara terbaik memperbaiki masa depan kita adalah dengan memperbaiki kualitas hidup kita hari ini. Semoga kita semua diberikan keberkahan dan selalu di beri bimbingan oleh Allah hari ini untuk menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Bengkulu, 6 Jumadil Akhir 1437 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...