Meningkatkan Soft Skill


Sumber : Google

Apa yang membuat kelesuhan dalam dunia mahasiswa hari ini? Saya melihat ada yang cukup janggal dengan pergerakan mahasiswa. Hanya selang beberapa tahun, tetapi seolah mahasiswa mulai kehilangan panggung untuk berbuat lebih banyak bagi, pengembangan dirinya, masyarakat, bangsa dan agama.

Sebagian terlalu sibuk dengan urusan pribadi, tugas pribadi, dan agenda masing-masing. Yakinlah orang yang hanya hidup untuk dirinya sendiri itu gampang sekali galau, dibanding orang yang suka berbagi dan memiliki komunitas yang positif. Tapi ada yang penting harus diketahui oleh mahasiswa hari ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh TEIS (lembaga pendidikan di Amerika), bahwa keberhasilan seseorang lebih ditentukan oleh soft skill, dan 30 persen oleh hard skill (kemampuan akademik).

Jadi, menurut dia, IPK mahasiswa kalau diberi peringkat, dari 20 soft skill, ternyata hanya nomor 17, yang nomor 1 adalah communication skill (lisan maupun tulisan). Soft skill akan berkembang jika mahasiswa aktif berorganisasi. Jadi kemampuan berorganisasi yang baik juga harus dikembangkan di kalangan mahasiswa.

Pertanyaannya, bagaimanakah kondisi pergerakan mahasiswa di kampus-kampus saat ini?

Soft Skill ini bukan hanya harus dimiliki oleh mahasiswa, bahkan dalam diskusi bersama tim Master Mind kami malam tadi, di kalangan Pemerintahan pun lagi persiapan untuk penerapan ASN (Aparatur Sipil Negara). Artinya dalam satu tahun, setiap ASN diwajibkan mengikuti pelatihan selama 50 JPL. Tahun 2017 sudah mulai diberlakukan ASN di setiap instansi pemerintahan.

Artinya Peluang Besar bagi lembaga pegembangan sumber daya manusia untuk memperbaiki diri dan terus bertumbuh dalam berkontribusi untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya untuk ASN. 

Semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang Self Development, sebagai upaya mengantarkan diri menjadi SDM berkualitas yang tidak hanya sekedar biasa-biasa saja, tapi berbeda dengan yang lain dan luar biasa (Great life), maka Trust Institute Of Applied Management (LMT Trust Institute) hadir menjembatani harapan besar ini menjadi sebuah kenyataan (Bridging to The Future). Alhamdulillah lembaga ini telah menjadi pilihan berbagai kalangan, personal, instansi, Politisi, Profesional, Praktisi Pendidikan, Profit Institution, Lawyer, Kampus, Sekolah dan lain sebagainya dalam memenuhi dinamika kebutuhan peningkatan kualitas SDM yang diharapkan.

Yang berminat silahkan Hubungi Rahmaini (081367344634) Custumer Servis. 

Zaman berubah, dinamika bertambah, situasi berubah-ubah... Kalau ilmu tidak bertambah? Apalagi Action tidak diasah? Iman lupa dijaga? Pasti hidup penuh masalah.

Sudah waktunya untuk mengambil langkah pertama. Karena setelah Anda mulai, Anda akan mendapatkan momentum. Dan sekali Anda mendapatkan momentum positif, menjadi jauh lebih mudah untuk berhasil.
 
Bersama-Nya jadilah yang terbaik di bidang Anda masing-masing.

Setiap kemenangan butuh persiapan dan persiapan terbaik dimulai dari diri sendiri, dimulai dari yang kecil, dan SEKARANG juga.

Saya turut mendoakan semoga Keselamatan, rahamat, dan Barokah Alloh selalu menyertai kita semua untuk terus memberikan yang terbaik untuk-Nya.

Bengkulu, 22 Jumadil Awwal 1437 H.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...