Tiga Hal Yang Menghambat Karir

Apakah Anda merasakan bahwa beberapa tahun ini karir Anda mentok? Sulit sekali tumbuh dan berkembang? Mungkin sebagai pelajar atau mahasiswa sulit belajar? Sebagai pengusaha bisnis sering bangrut bahkan meninggalkan banyak hutang.

Kok bisa? Padahal secara akademis Anda mapan, Anda juga termasuk pekerja keras, ilmu dan teorinya sudah Anda kuasai dan terapkan. Kenapa masih gagal? Apa yang salah? Semua yang di sarankan oleh guru dan mentor Anda sudah diterapkan. Lalu apa lagi ya?

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke rumah salah satu keluarga di jakarta. Dari empat kakak adik tersebut, kenapa ada salah satu yang karir dan bisnisnya mentok. Secara akademis mereka hampir sama. Lulusan universitas ternama di negara ini. sebagian besar pengusaha dan ada yang bekerja di perusahaan minyak.

Saya yakin ini semua juga berlaku untuk kita semua. Jika kita merasa karir Anda mentok, maka pasti ada yang salah dengan pola hidup, cara kerja atau cara kita berbisnis selama ini. karena tingkat persaingan yang cukup tinggi di kota besar, terkadang kita belum menyempatkan diri untuk merenungkan hal-hal di luar itu. Karena ternyata semua yang kita lakukan di muka bumi saling berhubungan. Ibarat tumpukan batu, apabila Anda mengambil beberapa batu maka akan membuat batu yang lain bergerak.

Apa tiga hal yang menghambat karir Anda? Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, Durhaka kepada Allah.

Begitu banyak limpahan nikmat dan karunia yang Allah berikan kepada kita. Belum sadarkah kita akan Kemaha Besaran-Nya yang begitu besar kasih dan sayangnya kepada manusia. Semua ciptaannya di muka bumi di tundukkan untuk kepentingan manusia. Agar kita bisa beribadah dengan menjadi hamba-Nya dan mengelola sumber daya alam di bumi dengan arif dan bijaksana.

Dialah Sumber energi, jika Anda menginginkan energi dan kekuatan untuk melakukan perubahan maka dekatilah sumber dari segala sumber energi. Karena orang yang selalu dekat kepada-Nya tidak akan pernah kehabisan energi. 

Tulisan terkait: Personal Security part#1

Jagalah sholatmu, ketika kau kehilangannya maka kau telah kehilangan segalanya (Umar bin khottob Rodhiaullahhu ‘Anhu)

Kedua, Durhaka kepada orang tua.

Ini rumus pasti. Orang yang bermasalah dengan orang tuanya pasti kehidupannya bermasalah. Orang yang dekat dengan orang tuanya pasti turun ketenangan dalam dirinya sehingga ia bisa belajar atau bekerja dengan baik. 

Baca juga: Ibumu Merindukan Prestasimu

Orang yang paling berjasa di dunia ini kepada kita adalah orang tua. Karena merekalah kita bisa hidup di dunia. Karena merekalah kita berpeluang menikmati surga. Tanpa mereka kita tidak akan menjadi janin, bayi dan kemudian terlahir ke bumi. 

Sungguh orang yang tidak tahu diri apabila ada yang tega-teganya durhaka kepada orang tua. Dan memang, orang yang tidak tahu diri tidak layak karirnya melesat dan bisnismya berkembang.

Allah mengingatkan kita “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu” (Q.S. Luqman: 14)

Ketiga, Mendzalimi orang lain.

Masih ingat ungkapan apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu panen. Ketika kita sering mendzolimi orang lain sebenarnya kita sedang mendzolimi diri kita sendiri.  tentang mendzalimi orang lain tentu Anda sudah paham bahwa setiap keburukan pasti akan dibalas dengan keburukan. 

Dan salah satu balasan keburukannya adalah teman menjauh, hilangnya kepercayaan, akhirnya karir  mentok dan bisnis pun selalu merugi. Kenapa? Apa karena tidak punya modal? Bukan, karena kita krisis karakter, krisis akhlak, itulah yang membuat karir kita mentok. 

Sekaya Apapun Anda, Anda tetap membutuhkan orang lain. Dan setiap kesuksesan selalu berkaitan dengan hubungan baik dengan manusia. Jika kita suka tidak tepat waktu, tidak jujur, menggelapkan uang, menangguhkan hutang padahal Anda bisa membayar. Maka bersiaplah menerima pemabalasannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut Anda bisa membaca di (Hukum Kekekalan Energi Bagi Manusia)

Semoga kita semua tidak termasuk orang yang durhaka kepada Allah, durhaka kepada orang tua, mendzalimi orang lain. Segeralah bertaubat dan meminta maaf kepada orang tua. Tunggu apa lagi? Berdoalah untuk dijauhkan dari ketiga hal ini. 

Berdoa mulai…

Photo credit by: jambikota

Jakarta, 21 Jumadil Akhir 1437 H/ 30 Maret 2016 M

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...