Bagaimana Mengubah Kualitas Hidup Anda di Masa Depan?



Sumber: Google

Ada sebuah ungkapan :

Hati-hatilah dengan pikiranmu karena ia akan berubah menjadi perkataan
Hati-hatilah dengan perkataanmu karena ia akan berubah menjadi tindakan
Hati-hatilah dengan tindakanmu karena ia akan berubah menjadi kebiasaan
Hati-hatilah dengan kebiasaanmu karena ia akan berubah menjadi karakter
Hati-hatilah dengan karaktermu karena ia akan berubah menjadi masa depanmu

Jika kita mencermati kata-kata di atas maka kita memahami bahwa kehidupan kita hari ini merupakan hasil pemikiran kita di masa lalu. Pertanyaannya? Dari mana datangnya pemikiran yang baik (Baca: yang memberdayakan) atau jelek (Baca: Yang tidak memberdayakan)? Ya, dari sesuatu yang sering kita dengar, lihat, lalu rasakan, dan akhirnya berubah menjadi tindakan kita.

Pertanyaannya, apa saja yang sering Anda lihat, Anda dengar, tontonan yang anda sukai, apa yang Anda baca? Semuanya itu pasti mempengaruhi perasaan Anda dan akhirnya mempengaruhi keputusan yang melahirkan tindakan.

Banyak hari ini orang menginginkan hidup yang berkualitas tetapi tidak merubah apa yang ia lihat, dengar, rasakan sesuatu yang berkualitas. Sebagian banyak orang sibuk menonton sesuatu yang tidak bermanfaat, mendengar gosip murahan, membaca tranding topic di sosial media yang tidak memberdayakan diri dan menyuburkan batinnya. Saya yakin jika kita terus menerus seperti ini, maka hidup kita lebih banyak wacananya, indah dibicarakan namun minim karya.

Bagaimana mengubah kualitas hidup Anda di masa depan?

Pertama, Jika kita telah memutuskan dan bertekad merubah hidup yang penuh gairah dan bertenaga, awalilah harimu dengan membaca kitab suci (Al-Qur'an).

Mengapa Kitab Suci AL-Qur'an? Anda bisa membaca di  
Pengaruh AL-Qur'an di dalam diri dan Masyarakat, 
Al-Qur'an Sumber Kekuatan dan Pedoman Hidup Manusia 
Menggapai Keteguhan Hati Dengan Al-Qur'an

Kebiasaan ini Alhamdulillah telah saya latih baru sembilan tahun dan itu memberikan impact yang luar biasa dalam kehidupan saya. Saya belajar dengan mengamati pola kerja mereka yang ahli di bidangnya. Silahkan Baca di :Tiga Langkah Menjadi Bintang.

Kedua,  Berkumpulah dan berdiskusilah dengan orang-orang yang berilmu. 

Di sela-sela aktivitas belajar, saya tetap memiliki jadwal pertemuan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Saya orang yang paling muda dan itu merupakan anugrah yang luar biasa, perpaduan Antara Persiapan dan Kesempatan. Silahkan Cari tahu siapa orang yang bisa Anda jadikan pembimbing Anda.

Ketiga, Banyaklah membaca buku daripada menonton berita. Karena lebih bermutu dan bermanfaat. 

Apakah tidak boleh menontot berita? Boleh saja, sekedarnya saja. Karena jika kita terlalu banyak menonton daripada membaca biasanya kita akan terbawa emosi negatif. Karena kecenderungan media seperti itu hari ini.

Ketika Bacaan Anda positif, lingkungan Anda positif, yang Anda lihat dan dengar positif maka lebih besar kemungkinannya Anda akan memiliki pemikiran dan perasaan yang positif, lalu berubah menjadi perkataan Anda yang positif, baik status Facebook, BBM, WA, Tulisan Blog, dan sejenisnya. Kemudian tindakan Anda juga pasti positif. Tindakan yang dilakukan berulang-ulang, maka Anda akan memiliki kebiasaan-kebiasaan postif yang mengalir di darah Anda. Kebiasaan itu jika terus diulang-ulang secara konsisten maka akan berubah menjadi karakter positif. Jika Anda sudah memiliki karakter yang positif, in syaa Allah masa depan Anda Positif.

Ingatlah, bukan tindakan kita yang sekali-sekali yang membuat kita beruntung, tetapi tindakan baik kita yang konsistenlah yang membuat kehidupan kita dipenuhi keberuntungan. Yakinilah dan lakukanlah segera.

Apa Kebiasaan positif yang ingin Anda biasakan hari ini?

Jakarta,4 Rajab 1437 H/ 11 April 2016 M.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...