Jagalah Nama Baik



Apa yang diperlukan agar kita bisa terus tumbuh di era yang super cepat sekarang ini. apakah benar hanya karena kita tidak punya modal kita tidak bisa memulai bisnis? Apakah benar sebab itu juga kita sulit mencari patner kerja?

Ada kisah menarik tentang angin, air dan nama baik. Suatu ketika mereka sedang mengadakan perjalanan bersama. Angin biasanya datang terburu-buru seperti orang yang sedang marah. Bisa melompat di sini dan menendang debu si sana. 

Air berjalan dalam bentuk sorang putri. Ia selalu membawa kendi ditangannya, meneteskan beberapa air di atas tanah sekitarnya. Nama baik berwujud dalam seseorang pemuda yang tampan dengan sikap-sikap yang baik, namun sedikit pemalu.

Mereka saling menyukai, meskipun sangat berbeda satu sama lain. Keadaan berkata lain, suatu ketika mereka harus berpisah, mereka saling bertanya, “Kapan kita bisa bertemu untuk mengadakan perjalanan lagi?”

Angin menjawab, “Engkau akan selalu menemukan aku di puncak gunung-gunung atau melompat-lompat di sekitar kakimu. Meniup debu ke mana kamu pergi.”

Air berkata, “Aku juga akan selalu ada disekitarmu. Kamu bisa pergi ke laut atau sungai, bahkan ke dapur, untuk menemuiku.”

Nama baik tidak mengatakan apa-apa. Angin dan air merasa heran dan bertanya dengan nada penuh kasih dan suara rendah, “Nama Baik, kapan dan dimana kita akan bertemu lagi?”

Nama Baik memandangi mereka, lalu menundukkan pandangannya sambil menjawab, “Kamu tidak akan bertemu aku lagi di manapun. Siapapun yang telah kehilangan aku sekali saja, tidak akan pernah bisa mendapatkan aku lagi.”

Menurut Anda perlu berapa lama membangun sebuah nama baik? Setiap saat adalah waktu terbaik untuk membuat dan menjaga nama baik kita. Ada yang puluhan tahun membangunnya. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkannya? Bisa sekian detik atau menit.

Suatu saat Anda pasti akan dihadapkan dengan situasi yang merayu Anda untuk menjual nama baik Anda dengan sebuah jabatan, berlian, uang, atau wanita.

Tidak ada cara instan untuk membangun karakter, ada juga yang menyebutnya dengan integritas, karena ia membutuhkan latihan dan ujian agar semakin teruji dan berkilau. Layaknya mutiara yang terbentuk di dasar lautan. Jika Anda sudah memiliki nama baik, jagalah ia, rawat terus, sirami dengan keramahtamahan, pupuk ia dengan iman dan kebaikan pada sesama.

Menjaga nama baik di tengah-tengah penduduk bumi itu baik, akan tetapi menjaga nama baik di tengah-tengah penduduk langit itu jauh lebih baik..

Nama baik yang Anda bangun bukan hanya bermanfaat di dunia, tetapi sangat menentukan tempat Anda di akhirat nanti

Walaupun manusia sulit menerima, yakinlah bahwa Pintu langit selalu terbuka bagi orang yang segera kembali dan bertaubat kepada-Nya.

Alloh berfirman “kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal shaleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(Q.S. Al-Furqon: 70)

Semoga Hari ini menyenangkan untuk Anda. Semoga Keselamatan, Rahmat, dan Barokah Allah selalu menyertai Anda dan keluarga.

Jakarta, 29 Jumadil Akhir 1437 H/ 7 April 2016 M

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...