Terus Berkarya



Sumber Gambar: jungjawa.com
Perhatikanlah pergantian siang dan malam. Perputaran bumi dan planet di alam semesta. Awan yang bergerak, gunung yang berjalan walaupun hanya beberapa cm per tahun, pohon yang tumbuh. Tidakkah Anda perhatikan alam semesta sebenarnya sedang mengajarkan sesuatu kepada manusia untuk terus berkarya.

Jangan terlalu lama berhenti. Bukan karena berhenti akan menghambat laju kemajuan Anda. Namun sesungguhnya alam mengajarkan kita bahwa kita tidak akan pernah bisa berhenti. Meski Anda berdiam diri tempat Anda berada saat ini. bumi tetap mengajak kita bergerak mengelilingi matahari. Anda akan terus dipaksa untuk bergerak.

Maka bergeraklah, bekerjalah, berkaryalah. Bekerja bukan sekedar untuk meraih sesuatu. Bekerja adalah bagian dari cara kita mensyukuri kehidupan yang masih diamanahkan dari Sang Pencipta. Bekerja dan berkarya adalah cara menyenangkan pencipta yang telah memberikan karunia yang berlimpah kepada kita. Bekerja juga memberi kebahagian diri, orang-orang disekitar kita, alam, dan Sang Pencipta.

Air yang tidak bergerak lebih cepat busuk. Kunci yang tidak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tidak dinyalakan lebih gampang berkarat. Anak panah yang tidak keluar dari busurnya maka tidak akan mencapai sasarannya. Hanya perkakas yang tidak digunakanlah yang disimpan dalam laci berdebu. 

Alam telah mengajarkan ini, jangan berhenti berkarya, atau Anda segera menjadi tua dan tidak berguna. Masih ingat sebuah hukum yang mengatakan benda yang bergerak cenderung terus bergerak. Dan benda yang diam cenderung akan terus diam.

Mulailah dari yang terpenting, untuk apa kita diciptakan, lalu persembahkanlah karya terbaik Anda kepada Sang Pencipta. 

Luruskan niat dan berkaryalah.

Jakarta, 5 Rajab 1437 H/ 12 April 2016 M

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...