Kamis, 14 Juli 2016

Bahan Bakar bagi Pekerti



Apa yang membuat seseorang sering memiliki prilaku yang negatif dalam hidupnya? Jika kita menelisik salah satu faktor utamanya adalah kebodohan. Mengapa? Karena kebodohan sering kali menjadi sumber kekeruhan pikiran dan hati. Energinya terpencar keseluruh penjuruh, pikirannya buntu, hatinya membeku.

Ada pepatah yang sering kita dengar “Tong Kosong..............” ayo lanjutkan. Benar,” tong kosong nyaring bunyinya”. Orang yang bodoh cenderung banyak bicara hal-hal yang tidak bermakna. Dia menganggap dirinya selalu lebih pintar, sehingga sukar dan mudah ingkar pada kebenaran.

Saya selalu bertanya kepada diri sendiri, Anda pun bisa melakukannya, dan bisa melakukan survey kecil-kecilan di sekitar Anda. Orang berilmu jika dinasehati, biasanya lebih cepat menerima kebenaran, lebih cepat instrospeksi, lebih cepat berbenah, dan tentunya mereka sangat senang menerima nasehat.

Itulah alasan kenapa orang berilmu lebih cepat menerima kebenaran dan perkembangan ilmu serta pekertinya berkembang lebih cepat dibandingkan orang yang kurang ilmunya. Semakin berilmu ia akan semakin rendah hati dan akan menjadi semakin taat pada kebenaran.

Jangan lupa mengisi bahan bakar ya.

Jakarta, 8 Syawal 1437 H

2 komentar:

  1. Semoga saya selalu mencari ilmu :D

    BalasHapus
  2. Aaamin...Semoga Alloh selalu mudahkan urusan dan memberikan yang terbaik. Barokaullohhu fiikum

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...