Kekuatan Keputusan dan Komitmen



Sumber : Google

Ada banyak orang yang menyerah dengan keadaan. Berputar arah karena tidak kuat menghadapi tantangan. Menghadapi hari-hari yang kian menantang. 

Lalu apa yang harus kita lakukan? Cara paling ampuh untuk membentuk kehidupan kita adalah dengan memastikan diri mengambil tindakan.

Perbedaan hasil di antara orang-orang itu pada akhirnya adalah karena perbedaan apa yang mereka LAKUKAN dalam situasi yang sama.

Tindakan berbeda memberikan hasil berbeda. Mengapa? Sebab tindakan mana pun adalah penyebab yang menggerakkan, dan pengaruhnya akan berakumulasi menggerakkan kita ke arah yang pasti. Seriap arah menuntun pada tujuan akhir: Takdir kita.

Intinya, kalau kita mau mengarahkan kehidupan kita, kita harus mengendalikan tindakan konsisten kita. Bukan apa yang kita lakukan sesekali yang membentuk kehidupan kita, melainkan apa yang kita lakukan secara konsisten. 

Jadi, pertanyaan kunci terpentingnya adalah Apakah yang MENDAHULUI tindakan-tindakan kita itu? Apakah yang MENENTUKAN tindakan apa yang kita ambil, dan oleh karenanya, kita menjadi siapa, dan apa tujuan akhir kita dalam kehidupan ini? Apakah yang menjadi induk dari tindakan itu?

Jawabannya, tentunya adalah KUASA KEPUTUSAN.

Segalanya yang terjadi dalam kehidupan kita-entah yang menggetarkan atau yang membuat Anda merasa tertantang-dimulai dengan keputusan.

Saya percaya bahwa di MOMEN-MOMEN ANDA MENGAMBIL KEPUTUSAN ITULAH TAKDIR ANDA DIBENTUK. Keputusan-keputusan yang Anda ambil sekarang ini, setiap harinya, akan membentuk bagaimana perasaan Anda hari ini dan akan menjadi siapa Anda nantinya.

Lebih daripada apa pun juga, saya percaya bahwa KEPUTUSAN-KEPUTUSAN kitalah, bukan kondisi kehidupan kita, yang menentukan takdir kita.

Kita sama-sama tahu. Bahwa ada orang yang dilahirkan unggul; entah unggul dalam genetika, lingkungan, keluarga, atau hubungan. Akan tetapi, kita juga sama-sama tahu bahwa kita terus berjumpa, membaca, dan mendengar tentang orang-orang yang secara tidak disangka-sangka meledak melampaui keterbatasan kondisi mereka dengan mengambil keputusan-keputusan baru tentang apa yang harus mereka lakukan dengan kehidupan mereka. Mereka telah menjadi teladan kuasa tak terbatas dari semangat manusia.

Jika kita memutuskan, kita bisa menjadikan kehidupan kita juga salah satu dari teladan yang menginspirasi itu. Caranya? Hanya mengambil keputusan-keputusan hari ini tentang bagaimna kita akan hidup nantinya.

Kalau Anda tidak mengambil keputusan tentang bagaimana Anda akan hidup, itu berarti Anda sudah mengambil keputusan bukan? Anda mengambil keputusan untuk diarahkan oleh lingkungan daripada membentuk takdir Anda sendiri.

Hari-hari yang sangat menentukan bagi kita bukan saja apa yang ingin saya punyai dalan kehidupan atau kita ingin menjadi apa, melainkan ketika kita MEMUTUSKAN dan BERKOMITMEN untuk mempunyai apa dan menjadi siapa. Itu pembeda yang sederhana, tetapi sangat penting.

Reflektif Belajar Hari ini bersama Prof. Dr. Hj. Sabarti Akhadiah, M.K

Jakarta, 18 Syawal 1437/ 23 Juli 2016 M

Komentar

  1. Tulisan yang menginspirasi sekali.. Setidaknya bagi rekan-rekan yg kesulitan dalam mengambil keputusan dalam hidupnya, artikel ini akan berguna. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Dimana ada keberanian di sana ada harapan. yang terpenting jangan lupa libatkan Sang Pencipta (Allah swt) dalam setiap keputusan.

    Terima Kasih Kunjungannya Bang ALi

    BalasHapus
  3. Sepakat "Perbedaan hasil di antara orang-orang itu pada akhirnya adalah karena perbedaan apa yang mereka LAKUKAN dalam situasi yang sama. "

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...