Rabu, 13 Juli 2016

SMA vs Universitas


Mari kita awali dengan pemanasan terlebih dahulu. Apapun latar belakang kita sebelum menjalani status sebagai mahasiswa. tentu kita terlebih dahulu mengalami fase-fase pendidikan, seperti Sekolah Dasar, kita akan kagum dengan kakak-kakak yang menggunakan selana berwarna biru (SMP), dan kita bertanya bagaimana nanti ya jika saya masuk ke SMP, apakah bisa? Ternyata ketika anda tamat SD, terjawablah sudah bahwa anda bisa melewati masa-masa SMP. Ketika masa SMP hampir berakhir tepatnya ketika anda berada di kelas 9, mungkin  anda akan bertanya lagi? 

Bagaimana ya nanti kalau sudah SMA, pasti pelajarannya sulit, bisa gak ya? Hingga akhirnya anda duduk di SMA dengan menorehkan perstasi yang seabrek-abrek (maksudnya mampu menunjukkan bahwa diri anda bisa dengan prestasi yang anda miliki alias bintang kelas) 

Memang masa SMA, banyak para ahli mengatakan bahwa masa SMA adalah masa “titik tolak perubahan”. Dengan adanya pertumbuhan fisik, psikologi, dan mental yang normal dan sehat, maka masa di masa ini para remaja mulai mencari indentitasnya. Betul enggak? Jadi, enggak heran jika di masa ini, pada remaja melakukan percobaan alias penelitian dengan mengeksplor semua keinginan-keinginannya terhadap segala sesuatu yang ada disekitar kita. Termasuk menyusun peta masa depannya. apapun kegiatan yang ada di sekolah diikuti, mulai dari PMR, ROHIS, PASKIBRAKA, PRAMUKA, BASKET, BOLA, apa lagi? de el el. 

Lalu apa perbedaannya? Coba anda ingat-ingat bagaimana cara anda belajar ketika di SMA dan di Kampus. Apakah anda belajar karena ada tugas? Karena ada perintah dari guru untuk membaca dan menulis? Karena ada ujian? 

Inilah yang harus kita renungkan bersama, hampir rata-rata dimanapun kalian berada ketika menjalani pendidikan, dorongan belajar selalu diberikan dari luar bukan dengan cara menumbuhkan kemauan dan kesadaran betapa pentingnya belajar dalam merubah pola pikir seseorang. 

Tidak jauh bedanya di kampus anda akan menemukan hal serupa. tetapi bagi anda yang ingin menjadi mahasiswa yang sukses, hendaknya membangun kesadaran, bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk memiliki kesadaran itu. Jadilah mahasiswa yang punya kesadaran dan motivasi belajar yang kuat. Ya, inilah yang dimiliki oleh orang-orang yang sukses baik dalam di kampus maupun dalam kehidupannya.

Untuk anda yang telah menghabiskan masa SMAnya dengan kegiatan yang sia-sia jangan khawatir, karena kita sekarang masuk ke zona mahasiswa. jadi masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri, kita akan berusaha memberikan beberapa tawaran yang bisa anda pilih. Karena bukankah kita sudah dewasa yang mempunyai kemampuan untuk memilih dan memilah mana yang baik untuk dijalani dan jalan mana yang harus kita hindari dan tinggalkan. 

Walaupun, dalam perjalanan nanti ketika menjadi mahasiswa dengan seabrek aktivitasnya kita akan mengetahui bahwa untuk sukses, ternyata TIDAK HARUS MENJADI MAHASISWA. serius. Karena jika tujuannya hanya jadi orang kaya, tidak sedikit orang yang tidak kuliah bisa menjadi miliarder. Mereka yang sukses adalah mereka yang memiliki resep-resep rahasia dan khusus yang mereka temukan dari pengalaman pribadinya maupun buku-buku yang dibacanya.

Sumber : Buku Setiap Orang Berhak Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...