Pesan Habibie Untuk Generasi Muda

Minggu kemarin (14/8) merupakan hari terakhir festival Habibie yang diselenggarakan di Musium Nasional Indonesia Jakarta. Antusias masyarakat terlihat dari banjirnya kendaraan dan manusia yang memadati sekitar Musium. Mulai dari anak-anak, ibu hamil, sampai orang tua.

Alhamdulillah, di tengah kebanyakan orang terkesima dengan pesawat N250 sampai-sampai antriannya sangat panjang. Melihat tank buatan pindad. Saya berharap dapat bertemu dengan penciptanya. Siapa lagi kalau bukan orang cemberlang yang memiliki IQ 200 di negeri ini. Prof. Dr. Ing. H. B.J. Habibie, Freng.

Dari beberapa pajangan yang dipamerkan, saya bisa menarik kesimpulan  bahwa Bangsa ini adalah bangsa besar yang terdiri dari ribuan pulau. Negara ini dipersatukan oleh kapal dan pesawat. Selain itu, kita butuh industri strategis. Industri yang menggerakkan industri-industri lain.

Saya bisa membayangkan begitu sejahteranya masyarakat Indonesia jika distribusi barang dan manusia bisa dengan cepat menembus daerah-daerah pedalaman. Karena tidak membutuhkan landasan pacu yang besar.

Dampak lain dari berdirinya industri strategis ini adalah terbukanya lapangan pekerjaan dalam jumlah yang besar. Faktanya Kita mendidik anak-anak kita di perguruan tinggi. Tapi, setelah mereka menamatkan pendidikannya, kita tidak menyiapkan lapangan kerja untuk mereka.  Syukur-syukur mereka bisa menciptakan lapangan kerja. Hemat saya, walaupun kita mencangankan untuk mendorong generasi muda menjadi entrepreneur, tapi negara jangan abai untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Setelah pikiran saya mengembara dan terbang dari masa lalu, hari ini, dan terbang secepat kilat ke masa depan. Suara sorak-sorai terdengar di Aula Musium menantikan datangnya Prof. Habibie, ternyata gayung bersambut. Kebanyakan orang mengira Prof Habibie hanya datang di acara pembukaan festival. Tapi, ternyata dengan jas warna abu-abu berpeci hitam dan senyum khasnya, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi masyarakat untuk mengunjungi acara festival habibie. Lalu beliau berpesan,

“Di tangan kalianlah para pemuda masa depan bangsa ini. Kita tidak bisa lagi hanya mengandalkan sumber daya alam. Tapi harus membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas. Kalau kita belajar, apa pun bidangnya, pasti akan ada hasilnya. Untuk itu, teruslah belajar dan berkarya”

Pesan Prof. Dr. Ing. H. B.J. Habibie, Freng untuk generasi muda dalam penutupan Festival Habibie di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Baca Juga : Apa Rahasia Kesuksesan Hidup dan Karir Seorang Habibie?

Semoga Allah memanjangkan umur Pak Habibie, sampai beliau bisa kembali mewujudkan impian yang tercerai-berai oleh orang-orang bermental inlander. Perjuangan masih terus berlanjut, karena kita  belum merdeka 100 %.

Pesan saya untuk sesama generasi muda, dalam hidup kita akan dihadapkan dengan banyak aktivitas dan kejadian. Fokuslah ke Hal-hal yang Penting.  Karena waktu kita sangat terbatas untuk mengerjakan semua hal. Carilah bidang terbaik Anda, kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk agama, orang tua, bangsa dan dunia. Putuskan & Action.

Tulisan Terkait : Fokus Pada Kontribusi

Jakarta,  11 Dzulqaidah 1437 H

Komentar

  1. gak sempat ikutan nulis ttg beliau nih, telat

    BalasHapus
  2. Ga ada kata telat Mbak Milda, Banyak sisi kehidupan beliau yang menginspirasi dan bisa dituliskan. tergantung sudut pandang mana yang mau di tulis.

    Terima Kasih Kunjungannya Mbak Milda (Sesepuh FLP Bengkulu)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...