Menciptakan Peluang

Pada suatu saat tentu kita akan mengalami Bimbang dan bingung setelah mendapatkan status Mahasiswa, apalagi ketika dinyatkaan lulus sebagai sarjana. Menjalani rutinitas perkuliahan, tentu membuat kita cepat merasa bosan dan tertekan. Ada juga yang merasa nyaman dengan rutinitas itu kemudian lupa mempersiapkan diri pasca perkuliahan selesai.

Apalagi yang berada di Kampus Swasta, eits. Ada apa dengan kampus swasta? Apalagi kampus yang mempunyai fasilitas yang terbatas, jika dibandingkan dengan Fasilitas Perguruan TInggi Negeri. Pertanyaan yang sering kali bergejolak dari hati kita adalah apakah mungkin mahasiswa swasta seperti saya ini mampu meraih sukses? Mungkinkah saya bisa mewujudkan mimpi di sini?

Sekilas bagi orang yang biasa, mereka kesulitan dalam menemukan peluang untuk sukses. Tetapi, bagi manusia yang kreatif, mereka hampir selalu bisa menemukan dan menciptakan peluang untuk meraih kesuksesan yang mereka inginkan. Oleh karena itu, untuk jadilah manusia yang kreatif.

Ada empat cara untuk menciptakan peluang. Baik sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun dalam dunia kerja.

Pertama, Belajarlah Untuk Merubah cara pandang anda terhadap segala sesuatu.
Kita Boleh Jadi mengalami peristiwa yang sama setiap hari, tetapi hanya orang-orang yang luar biasa dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kondisi yang menimpanya dan orang lain.  Dengan memperbaharui dan memperluas cara pandang anda maka kita akan menemukan setumpuk Peluang di sekitar kita. 


Saran saya sering-seringlah membaca, ikut organisasi, seminar, dan pelatihan. Itu beberapa sarana membuka cara pandang kita. Selain itu, merupakan jalan untuk melaksanakan point ke dua yaitu...

Kedua, banyak-banyaklah membangun Pertemanan.
Bahasa kerennya networking. Mengapa kita perlu orang lain? Karena melalui merekalah kita mendapatkan informasi. Pengalaman di lapangan menunjukkan, Bahwa ternyata peluang itu didapat dari orang yang tidak kita duga sebelumnya. Jangan Anggap Remeh orang lain, Mereka Semua berhak dihormati, dihargai, dan disyukuri, Karena mereka adalah salah satu sumber inspirasi yang paling penting bagi anda yang sedang Berusaha untuk mewujudkan mimpi. Mengapa menjalin pertemanan penting? Baca Juga: Meningkatkan soft Skill


Sedikit bercerita, Juan punya teman yang tergolong lemot, jika memahami sesuatu sangat lambat dan cenderung dijauhi oleh teman-teman  karena dianggap merepotkan dan dapat membuat mereka ketinggalan pelajaran. Tapi, Juan menangkap peluang di sana, Bahwa dari dia Juan belajar untuk peduli kepada orang lain, belajar bersabar ketika menyampaikan sesuatu, dan yang terpenting ternyata keahlian Juan dalam Memahami dan Menyampaikan sesuatu semakin meningkat.

Hikmah apa yang dapat kita ambil dari cerita di atas? Bukankah keterbatasan yang dimiliki manusia ternyata juga sumber inspirasi. Oleh karena itu, Kita masih bisa meraih banyak inspirasi dari segala keterbatasan yang kita dan orang lain miliki.

Bergaul dengan orang banyak pasti menimbulkan gesekan. Pertanyaannya  bagaimana cara mengendalikan diri?

Ketiga, Jangan lelah dalam berbuat Kebaikan.
Salah satu hukum yang diyakini di atas dunia ini adalah the power of giving. Kekuatan Memberi tanpa pamrih adalah salah satu jalan dalam menciptakan peluang. Karena kebaikan akan berbuah kebaikan. Mahasiswa khususnya, seharusnya tidak mempunyai alas an untuk tidak dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain hanya dengan alas an terlalu sibuk kuliah. 


Keempat, Jagalah Hubungan yang Harmonis dengan Sang Pencipta.
Hanya Dialah sumber dari segala sumber di alam semesta ini. tentu naif sekali kita mengatahui segala hal tentang jalan kesuksesan dan kebahagiaan tetapi belum menemukan dan mengenal Sumber Energi dalam kehidupan. karena akan ada masanya, semua yang kita kenal di dunia tidak dapat menolong kita.

Setelah Anda melakukan ketiga langkah di atas, bersiap-siaplah ketika peluang datang. Sesuai kata Hamka:

" Peluang yang besar itu datang secara tiba-tiba, datang tidak menentukan masa, datang di saat kita kesulitan atau kesusahan. Nilailah peluang itu secara bijaksana, rebutlah peluang yang besar itu, karena peluang yang besar yang besar itu boleh berlalu dengan tiba-tiba. Jangan jadikan seribu alasan untuk merebut peluang yang besar itu"

Bukankah Berbuat kebaikan merupakan peluang besar untuk mendapatkan Rahmat dan Ampunan-Nya? Itulah peluang terbesar kita, mendapatkan Ampunan, rahmat dan dimasukkan ke surga-Nya sekaligus dijauhkan dari neraka.

Semoga Allah melapangkan dan memudahkan setiap urusan kita sahabat.

Tulisan Terkait: Tips Menjadi Pribadi Kreatif

Gambar: maxmore

Jakarta, 24 Muharram 1438 H

Komentar

  1. Benar sekali mas Rio. Sebenarnya bukan masalah kampusnya tapi orangnya. Bagaimana pandangan kita. Kalau misalkan kita kurang fasilitas kita punya banyak teman. Misalkan kita di kampus swasta bisa minta tolong teman yang di kampus negeri untuk download jurnal.

    Saya pikir bukan kampusnya tetapi bagaimana karakter orangnya.

    BalasHapus
  2. Kombinasi yang pas. Karena setiap orang berhak sukses.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...