Pertanyaan Yang Menggugah

Apakah Anda percaya bahwa sebuah pertanyaan mempunyai kekuatan untuk mengubah seseorang?  Bagi seorang yang sering berbicara di ruang publik tentu tahu betul kekuatan pertanyaan. Apalagi seorang trainer, presenter, guru, dan seorang pemimpin.

Baca juga : Kekuatan Afirmasi Vs Pertanyaan

Ketika mengajukan pertanyaan adakalanya kita tidak membutuhkan jawabannya ketika itu. Boleh jadi pertanyaan yang Anda ajukan berupa pertanyaan reflektif yang justru efektif bila dijawab saat mereka sedang sendiri. Karena ego manusia terkadang cenderung menolak jika menerima nasehat orang lain di tempat ramai.

Dalam mengeluti dunia seminar dan pelatihan, saya memperhatikan kebanyakan motivator, trainer, narasumber, presenter hanya memperhatikan pengaruh yang terjadi di dalam kelas. Padahal, presentasi yang baik dampaknya bukan hanya saat peserta berada di kelas, tetapi masih memiliki dampak dan berpengaruh di luar kelas.

Sebagai seorang muslim jika kita sering mentadabburi AL-Qur’an maka kita akan menemukan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan reflektif,

Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Siapakah yang kuasa (Menciptakan) pendengaran dan penglihatan ? dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati, dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup? Dan siapakah yang mengatur segala urusan?” maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengpa kamu tidak bertakwa (Kepada-Nya)?” (Q.S. Yunus: 31)

Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, baik dalam keadaan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan? (Q.S. Ali-Imran: 83)

Atau Anda bisa membuat kreasi sendiri dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menggugah.

Kira-kira jika suatu hari Anda meninggal apa yang akan orang-orang terdekat Anda katakan tentang diri Anda?

Prestasi terbaik Apa yang sudah Anda berikan untuk Istri, Anak, orangtua, dan orang-orang yang Anda kasihi?
Seandainya orangtua Anda tahu semua hal yang Anda lakukan, apakah ia bangga kepada Anda atau kecewa? Mengapa?

Hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan agar kehidupan Anda bisa jauh lebih baik dibandingkan hari ini? kapan Anda segera melakukannya?

Jika Anda boleh mengulang kehidupan Anda, bagian hidup manakah yang akan Anda ulangi?

Baca Juga: Dua Pertanyaan Penting

Selamat mencoba.

Gambar: Tipps & Info

Jakarta, 18 Muharram 1438 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...