Ringankan Hidup Anda Dengan Memberi

Jika Anda meras tak ada seorang pun yang mengasihi ketika kesulitan datang melanda dalam kehidupan Anda. Atau tidak ada yang mau merayakan keberhasilan yang Anda capai. Mungkin juga tidak ada seorang pun yang bersedia memandang, memperhatikan, mendengar apa pun dari diri Anda. Jangan masukkan ke dalam hati.

Benarlah sebuah ungkapan dari imam syafii ”Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan. Supaya kamu mengetahui bahwa  Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya.”

Baca Juga Kisah : Dimanakah Jodohku

Tidak perlu risaukan sikap orang lain. Manusia secara fitrohnya memang mencintai dirinya sendiri, kebanyakan mendahulukan kepentingannya sendiri. Oleh karena itu, tidak perlu memasukkan itu semua ke dalam hati. Karena hanya akan menyesakkan dan membebani langkah Anda.

Lalu bagaimana agar langkah kita menjadi ringan?

Pertanyaan bagus, saya akan beritahu tips sederhana dan mujarab. Mulai sekarang jika Anda ingin meringankan hidup Anda, caranya dengan belajar memberi kepada orang lain. Semakin banyak Anda memberi semakin mudah Anda memikul hidup ini.

Banyak hal yang bisa Anda berikan, misalnya : mengikuti kegiatan sosial, mengajar anak-anak, ikut membersihkan lingkungan sekitar, berkontribusi dalam kegiatan kemasyarakatan. Mungkin Anda bisa mengunjungi penduduk terpencil dan berbagi inspirasi di sana.  


Jika Anda saat ini sedang duduk, merenung, berdirilah di depan jendela. Pandanglah hamparan yang terbentang luas di luar sana. Tanyakan pada hati kecil dan diri Anda sendiri, Apa yang bisa Anda berikan pada dunia ini? tapi kan saya orang biasa-biasa saja. Begitulah komentar sebagian orang dalam memandang dirinya.

Bangun, yuk bangun. Pasti ada alasan kuat mengapa Anda hadir di dunia. Anda bisa baca : Makna Hidup. Bukan untuk mengemis dan meratapi nasib meminta seluruh dunia memperhatikan dan menyanjung Anda.

Sekali lagi tidak ada satu pun makhluk yang Allah ciptakaan yang sia-sia. Bahkan seekor cacing pun diciptakan untuk menggemburkan tanah. Dan sebongkah batu dipadatkan untuk menahan gunung. Alangkah hebatnya Anda dengan segala kekuatan yang tak dimiliki siapapun untuk mengubah dunia. Itu hanya terwujud bila Anda mau memberikannya. Bukankah Allah berfirman manusia diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya?

Tunggu apalagi, bersama-Nya kita bisa menjadi yang terbaik. 

Baca Juga : Momentum

Foto: success.com

Jakarta, 10 Muharram 1438 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...