Rabu, 18 Januari 2017

Manfaat ASI Bagi Tumbuh Kembang Bayi



Salah satu rahasia kemukjizatan Al-Qur’an adalah setiap perintah/ anjuran dalam Al-Qur’an pasti mengandung hikmah dan kebaikan untuk manusia. Salah satu perintah dalam Al-Qur’an berkaitan dengan Pemberian ASI untuk bayi.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan...” (Q.S. AL-Baqoroh: 233)

Sebelum memulai diskusi ini, saya ingin bertanya. Apakah ketika bayi Anda mendapatkan asupan ASI selama dua tahun penuh? Sebagian menjawab ya, mungkin ada juga yang menjawab tidak. Kenapa?

Ada gejala tidak sedikit ibu muda yang berprofesi sebagai Pekerja, Artis yang tidak mau memberi ASI pada anaknya. Alasannya, agar payudaranya tidak cepat turun. Waspada, ini hanya memberi keuntungan jangka pendek. Sedangkan, membesarkan dan mendidik anak adalah investasi jangka panjang. Keuntungan investasi jangka panjang akan jauh lebih besar.

Anda pernah mendengar atau membaca, seorang anggota parlemen Islandia yang menyusui anaknya saat sedang berpidato? Baca di sini.

ayat ini juga menekankan pentingnya seorang muslim belajar. Misalnya, mempelajari dan membandingkan manfaat air susu hewan dan ASI. Pasti beda, anak yang mendapatkan ASI dari ibunya dengan hewan.

Ternyata dari sudut pandang ilmu kesehatan, ASI (air susu ibu) jauh lebih tinggi kualitasnya dibanding air susu hewan ternak (sapi, unta, kambing, kuda). Karena itu, bila kita menghendaki banyak tumbuh generasi muda muslim yang tangguh (pintar dan saleh), diharapkan para ibu ikhlas berjihad dengan memberi ASI kepada putra putri balita tersayangnya dalam waktu dua tahun.

Tapi kan saya bekerja? Saya hanya mendapatkan jatah cuti sedikit.

Pilih mana:  anak tanpa ASI mudah sakit-sakitan. Otak anak yang sakit-sakitan tidak berkembang optimal, bahkan bisa bodoh. Anak bodoh, mudah terbujuk setan untuk menjadi konsumen narkoba. Karena menjadi pecandu berat narkoba, akhirnya dia meninggal.

Sementara anak yang mendapat asupan penuh ASI sampai usia sekitar dua tahun, potensial menjadi anak yang kuat dan cerdas. Anak yang kuat dan cerdas berpeluang menjadi anak yang pintar dan saleh. Anak yang pintar dan saleh berpeluang tumbuh mandiri dan tidak mudah dibujuk setan.

Sesungguhnya, bila ada ibu muda yang khawatir payudaranya cepat turun, mudah mengatasinya.  Yaitu, dengan olahraga yang teratur. Bagaimana bisa berolah raga secara teratur? 

Virus malas dan bosan ganas menghadang. Tidak sulit membasmi kedua virus ini. “Cari, temukan, dan kembangkan aspek yang menyenangkan dari olahraga itu!”  

Misalnya, rasa segar minum air putih, rasa nikmat makan, dan rasa nyenyak saat tidur istirahat. Tubuh bugar, pikiran berbinar! Niatkan semuanya adalah Ibadah kepada Allah.

AL-Quran sangat lengkap dan sempurna mengatur soal ASI ini. Sebagai balasan seorang ibu yang ikhlas berjihat mengandung dan menyusui anaknya, seorang anak wajib berbuat baik  kepadanya (Q.S. Luqman: 14).

Yuk kita kembali, belajar Al-Qur'an. Bukan hanya membaca, tetapi merenungkannya, menghayati, mengamalkannya, dan kita bisa berbagi hikmah dan pelajarannya kepada orang lain.

Semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan selalu menyertai kita.

Gambar: ibupedia.com

Jakarta,  19 Rabiul Akhir 1438 H.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...