UHAMKA Raih Akreditasi A

Ada banyak kejutan yang saya dapatkan ketika mendapatkan tawaran beasiswa studi lanjut ke Sekolah Pascasarjana UHAMKA. Saya awalnya kesulitan dalam mengakses bagaimana  akreditas Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di SPs UHAMKA? Padahal sudah riset ke mbah google, ternyata belum juga mendapatkan apa yang dicari.

 Setelah kuliah, ternyata saya baru tahu ternyata akreditas Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia A. Setahu saya sampai saat ini untuk program studi Pendidikan Bahasa Indonesia (Program Magister) yang mendapatkan Akderitasi A baru UHAMKA dan Universitas Indonesia (UI). Sedangkan Univeritas Negeri Jakarta (UNJ) untuk program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia akreditasinya B.

Di penghujung tahun 2016 kemarin tepatnya 28 Desember 2016, Alhamdulillah saya membaca di Republika, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengungkapkan UHAMKA secara Institusi mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT.

Ia merinci masing-masing perguruan tinggi tersebut, seperti, Akademi Kepolisian (Akpol), Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Institut Teknologi Telkom Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

Nasir menyebut, salah satu kriteria suatu perguruan tinggi mendapat akreditasi A, yakni kualitas dosen harus baik, infrastruktur harus baik, perkembangan riset harus semakin baik. Kendati mendorong peningkatan jumlah akreditasi perguruan tinggi, Kemristekdikti tidak akan mempermudah penilaian akreditasi.

Sementara itu, Dewan Eksekutif BAN-PT, Tjan Basaruddin menjelaskan, lembaganya selalu menjunjung objektivitas dan independensi dalam menilai perguruan tinggi. Ia menjelaskan salah satu kriteria penilaian yang menyebut perguruan tinggi lemah, yakni, rendahnya angka penelitian.

Saya mendengar salah satu cara penilaian akreditasi Institusi dari dosen kami di Pasca cukup unik. Setiap orang yang ditemui oleh tim penilai dari BAN-PT, baik di Lift, di jalan, di kelas, akan ditanya apa visi UHAMKA? Tentu banyak yang kaget mendapatkan pertanyaan tersebut.

Ternyata tidak sulit mengingat Visi UHAMKA, kata kuncinya Unggul dalam SIES. Lengkapnya Universitas Utama yang menghasilkan lulusan unggul dalam kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial.

Pengalaman saya selama menjalani pendidikan di UHAMKA, khususnya SPs UHAMKA, visi itu bukan selogan belaka. Bagi orang yang mau membuka diri, pikiran dan hatinya, di sela-sela perkuliahan mahasiswa memang mendapatkan oase iman, kebijaksanaan, dan nilai-nilai kehidupan dari para dosen. Pertanyaannya, apakah kita mampu menangkap pesan tersebut? lalu, sudahkah kita mengamalkannya?

Terakhir, dibalik nama baik (Akreditas A baik secara institusi dan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia) ada tanggung jawab moril yang diemban UHAMKA ke depan. mulai dari  Pimpinan, dosen, karyawan, civitas UHAMKA, Mahasiswa dan Alumninya.

Selamat mengemban amanah baru, semoga UHAMKA selalu unggul dalam memberikan pencerahan umat manusia, unggul dalam spritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Gambar: UHAMKA

Jakarta,  2 Rabiul Akhir 1438 H

Komentar

  1. Bravo, keren mas, akreditasi A bagi PT itu mantap dah.
    Semoga jadi cerminan bagi warganya dan bisa dicontoh yg lainya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...