6 Fungsi Menyimak Dalam Kehidupan

Kita mungkin sering mendengar, melihat, atau mengikuti pelatihan berbicara/ public speaking. Dimana-mana kita melihat poster, training, dan seminar berkaitan dengan bagaimana caranya meningkatkan kemampuan berbicara dan cara mempengaruhi audiens. Apa dampaknya ketika kita lebih banyak berbicara daripada menyimak dalam bisnis? Baca juga: Apa yang sebenarnya dibutuhkan pelanggan?

Dalam dunia komunikasi, menyimak diakui sebagai suatu keahlian komunikasi verbal yang sulit dan unik dibandingkan dengan komunikasi verbal lainnya seperti berbicara, menulis, dan membaca, sebab itu sedikit sekali orang yang dapat melakukannya dengan baik. Karena ketika menyimak seseorang dituntut untuk mendengarkan dan memperhatikan pesan-pesan verbal serta non verbal pembicara. Seseorang juga dituntut untuk memahami isi, maksud, dan berbagai aspek lain yang sifatnya kompleks seperti suasana hati, kebiasaan, nilai, kepercayaan, motif, sikap, dorongan, kebutuhan dan pendapat pembicara. Selengkapnya baca : Pentingnya Kemampuan Menyimak Dalam Kehidupan.

Devito dalam Hermawan (2012:54) menyebutkan bahwa aktivitas menyimak dapat digunakan untuk beberapa hal misalnya untuk memahami orang lain, berempati terhadap orang lain, dan mengkritisi orang lain. Selain itu, menyimak juga memiliki fungsi untuk menjalin suatu hubungan, mempengaruhi orang lain, bermain-main, dan untuk menolong.

Orang-orang yang dapat memahami dan mempertahankan banyak informasi memiliki sebuah peluang yang besar untuk berhasil. Kemampuan membaca dan menulis efektif bersama-sama dengan kemampuan untuk menerima dan memahami pembicaraan orang lain merupakan kunci sukses. 

Tulisan Terkait: Memahami Orang Lain.

Memahami orang lain, mempelajari reaksi dan kebutuhan orang lain, serta menemukan hal-hal berkenaan dengan orang lain merupakan hal penting dalam setiap aktivitas kehidupan. bahkan kehidupan pribadi, kemampuan untuk menerima dan memahami setiap informasi dapat membantu kita mengetahui dan mempelajari segala sesuatu yang diperlukan. Bisa jadi tujuan memahami orang lain untuk memperoleh informasi atau mempelajari sesuatu.

Kedua, Berempati.
Seorang penyimak yang dapat menerima dan mengingat sejumlah besar informasi akan sangat disukai dan sangat bernilai sebagai seorang teman daripada sebuah komputer. Walaupun kemampuan menerima data merupakan suatu hal yang mengagumkan, tetapi penyimak yang efektif juga harus berempati, dapat memahami dan merasakan setiap emosi serta pikiran pembicara. 

Baca juga:  Mengasah Jiwa Kepemimpinan.

Kemampuan berempati ini merupakan elemen penting dalam berkomunikasi yang efektif. Penyimakan yang disertai empati dapat menjadi sebuah cara yang berharga untukmembantu seseorang yang sedang bermasalah. Melalui aktivitas menyimak yang empatik kita dapat menjalin dan membina persahabatan, karena pada dasarnya orang akan menyukai orang yang dapat memahami dan merasakan apa yang sedang ia alami.

Ketiga, Mempengaruhi orang lain
Aktivitas menyimak juga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain karena orang-orang akan lebih menaruh hormat dan mengikuti apa yang kita katakan jika mereka beranggapan kita telah menyimak dan memahami mereka.

Keempat, Menghibur diri
Adakalanya menyimak cerita-cerita lucu dan anekdot-anekdot yang dilontarkan orang lain bisa menjadi hiburan dan pelepas ketegangan. Seorang penyimak yang baik juga harus tahu kapan menyimak secara kritis dan evaluatif serta kapan menyimak secara pasif.

Kelima, Mengkritisi orang lain
Menyimak yang kritis juga dapat mendengarkan kata-kata pembicara dan memahami setiap gagasan tanpa menerimanya secara total. Kemampuan menyimak secara analitis dan kritis berbeda dengan menerima secara empati. Penyimak yang kritis dapat membantu setiap individu dan masyarakat untuk memahami diri mereka dan mengevaluasi gagasan-gagasan mereka.

Keenam, Menolong orang lain
Melalui aktivitas menyimak kita dapat memberikan jenis pengakuan dan penghargaan kepada orang lian. Ketika sedang menyimak, dapat dikatakan bahwa secara tidak langsung sudah mengirim pesan non-verbal yang menyatakan bahwa orang yang sedang berbicara itu penting. Melalui kegiatan menyimak, dapat membantu orang lain dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang sering digunakan untuk menolong orang lain, diantaranya adalah Menasehati, menilai, menganalisis, bertanya, mendukung, menyimak secara aktif.

Bagaimana sahabat, setujukah Anda bahwa menyimak memiliki  peranan yang penting dalam kehidupan?

Baca juga: Hikmah Penciptaan Pendengaran Didahulukan daripada Penglihatan di dalam Al-Qur'an.

*bahan diatas adalah potongan dari hasil penelitian saya ketika menyelesaikan studi S1 berkaitan dengan kemampuan menyimak.

Gambar: Adweek

Jakarta, 1 Jumadil Akhir 1438 H

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...